A password will be e-mailed to you.

Dunia Hobi Jepang – Action figure saat ini telah menjadi sebuah bagian dari dunia hobi yang populer dikalangan masyarakat Jepang, sebenarnya tidak hanya Jepang saja namun hobi ini juga telah menyebar ke berbagai negara salah satunya termasuk Indonesia. Saat dulu ketika belum memasuki era modern sebuah action figure hanyalah benda mahal yang jarang diminati namun saat ini sebuah harga tidak lah jadi masalah bagi para kolektor dalam mengoleksi action figure yang digemarinya.

Pandangan Masyarakat Jepang Terhadap Hobi Action Figure

image : matcha-jp.com

Simak Juga : Alasan Mengapa Dinasty Warior 9 Dinamakan Dinasty Warior 8 Di Jepang

Jepang menjadi salah satu tempat dimana action figure memiliki banyak peminat, tidak heran bila saat ini telah banyak perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi action figure ini menjadi sukses besar dan bahkan sejumlah perusahaan-perusahaan yang dulunya tidak berfokus menjadi sebuah produsen action figure menjadi fokus dalam memproduksi barang ini, salah satu contoh nyatanya adalah perusahaan besar Good Smile Company  yang akhirnya memfokuskan diri memproduksi action figure terutama dalam bentuk Nendoroid dan figma.

Pandangan Masyarakat Jepang Terhadap Hobi Action Figure

image : matcha-jp.com

Saat ini sebuah action figure tidaklah sesimpel seperti pertama kalinya muncul,dimana model angka dan skala hadir dalam jajaran berbagai jenis action figure, rata-rata sebagian besar action figure yang dibuat mengambil tema dari karakter-karakter pop kultur Jepang seperti anime, game dan manga. Dari sebuah satu macam action figure biasa kini dunia hobi ini telah berkembang besar dengan hadirnya berbagai macam jenis action figure. Seperti misalnya action figure robot gundam yang disebut dengan mokit, atau juga action figure yang memiliki persendian disebut dengan figma, serta action figure berukuran chibi yang dikenal sebagai Nendoroid.

Sebuah action figure saat ini bukan menjadi sebuah hiasa biasa saja namun sudah menjadi sebuah hobi yang menarik bagi sebagian besar masyarakat terutama masyarakat Jepang, dalam hobi ini juga terdapat unsur-unsur seni dimana sebuah kedetailan dan bahan untuk membuat dari action figure sangat diperhatikan, berbeda kualitas tentu berbeda harga. Perkembangan dunia hobi action figure juga sangat terlihat terutama di Jepang, tidak hanya dalam zona action figurenya sendiri namun dari zona penjualan seperti adanya mesin gashapon (ガ シ ャ ポ ン) atau gachapon (ガ チ ャ ポ ン) dimana sistemnya memberikan hadiah figure secara acak kepada pemainnya, biasanya mesin gacha akan diberikan harga 100 hingga 200 yen di Jepang tergantung dari isi dari mesin gacha tersebut.

Pandangan Masyarakat Jepang Terhadap Hobi Action Figure

image : goinjapanesque.com

Tidak hanya disitu teknik penjualan lain juga sering dilakukan seiring perkembangan dunia action figure seperti dimana pihak penjualan akan menawarkan sejumlah paket makanan ringan yang dapat berhadiah sebuah action figure, teknik penjualan ini juga banyak dipraktekan oleh sejumlah toko-toko di Akihabara, Tokyo.

%d bloggers like this: