A password will be e-mailed to you.

Tradisi Budaya Jepang – Golongan darah menjadi salah satu hal yang cukup sakral dibeberapa negara terutama negara-negara bagian asia, salah satunya Jepang. Masyarakat Jepang memiliki pandangan yang serius terhadap golongan darah, sudah umum bagi orang untuk bertanya tentang golongan darah kepada lawan bicaranya di Jepang karena ini diyakini sebagai penanda kepribadian. Adanya kepercayaan ini didasarkan pada penelitian yang diterbitkan oleh ilmuwan Jepang yaitu Rin Hirano dan Tomita Yashima, dimulai pada tahun 1926 yang secara luas dianggap sebagai ilmu pseudosains. Maka itulah waktu dulu, gagasan itu dianggap serius di Jepang sehingga orang-orang mencari teman atau pasangan kencan sesuai dengan golongan darah mereka.

Pandangan Masyarakat Jepang Terhadap Golongan DarahNamun setelah beberapa gagasan tersebut diterapkan oleh masyarakat Jepang ternyata mengakibatkan kasus diskriminasi serius seperti intimidasi atau akses lapangan kerja yang tidak setara. Sekitar 2/3 orang di Jepang mengatakan bahwa mereka percaya pada hubungan antara golongan darah dan kepribadian. Tetapi akhirnya belakangan ini, golongan darah kebanyakan telah dipandang dengan cara yang ringan, sama seperti horoskop. Namun beberapa produk di Jepang beberapa masih menggunakan daya tarik perbedaan tipe darah seperti sabun mandi, garam mandi atau artikel-artikel yang berkaitan dengan golongan darah di majalah-majalah. Tetapi rata-rata orang di Jepang tidak lagi menganggap konsep itu terlalu serius.

Simak Juga : Seperti Apakah Masyarakat Jepang Dalam Menyambut Natal

Pandangan Masyarakat Jepang Terhadap Golongan DarahKetsuekigata 血液 型 adalah salah satu animasi yang bertemakan golongan darah yang telah terkenal saat ini. Menurut survei tahun 2016 terhadap 3.355 orang Jepang, 99% mengetahui golongan darah mereka. Masyarakat Jepang memang yang paling tinggi memiliki kepercayaan terhadap pengaruh golongan darah karena faktanya dari hasil survei menunjukkan 29% laki-laki dan 45% perempuan percaya. Tetapi sikap rasisme dan dikriminasi memang telah dihilangkan, kini masyarakat Jepang hanya menganggap perbedaan tersebut sebuah keunikan masing-masing.

Pandangan Masyarakat Jepang Terhadap Golongan DarahJika Anda berencana untuk mengunjungi Jepang atau berinteraksi dengan orang Jepang, memahami golongan darah mungkin dapat membantu anda membuat teman baru dan menyesuaikan diri dengan beberapa komunitas di Jepang.

Blood Type A

Sebagian besar penduduk Jepang adalah tipe A. Orang dengan golongan darah ini digambarkan terutama sebagai kichōmen 几 帳面, atau terorganisir dengan baik. Mereka suka menjaga agar tetap rapi tapi bisa keras kepala dan stres dengan mudah. Mereka juga menghargai keharmonisan dengan orang lain. Orang-orang pertanian adalah akar golongan darah A, dan telah dikatakan bahwa bekerja secara kolaboratif di peternakan mengembangkan sifat kepribadian tipe darah ini.

Blood Type B

Tipe darah B umumnya digambarkan sebagai jikochū 自己 中, atau egois. Tetapi mereka juga dikenal karena kreativitasnya. Tipe darah B memiliki rasa ingin tahu yang kuat, namun pada saat yang sama dapat kehilangan minat dengan mudah. Meskipun ada banyak hal positif pada tipe B, orang cenderung berfokus pada hal negatif karena alasan yang akan kita hadapi nanti. Ada yang bilang tipe darah ini dapat dilihat pada kalangan nomaden yang berkeliaran dari satu tempat ke tempat lain.

Blood Type O

Tipe darah O sering digambarkan sebagai rakkanshugi 楽 観 主義, atau optimis. Mereka hadir dengan memiliki kemampuan kepemimpinan, dan mampu mengatur suasana hati untuk sekelompok orang. Mereka tidak terlalu peduli dengan hal-hal kecil, jadi tingkah laku mereka terkadang membuat tipe A lebih sensitif. Meskipun mereka sering terlambat menghadiri acara (dan terkadang kasar), tipe O sangat tangguh dan fleksibel, memungkinkan mereka mudah berkelahi.

Blood Type AB

Tipe darah AB adalah campuran antara A dan B, dua kepribadian berbeda dicampur bersama. Mereka sering dipandang sebagai dual kepribadian dan rumit. Misalnya, mereka pemalu seperti tipe A, tetapi terkadang keluar seperti tipe B. Golongan Darah AB adalah yang paling langka di Jepang begitu juga dengan negara-negara lainnya, jadi mereka sulit ditemukan. Ini memperkuat stereotip bahwa orang AB adalah kawarimono 変 わ り 者, atau eksentrik.

Itulah pandangan masyarakat Jepang terhadap golongan darah! golongan darah apakah anda?

%d bloggers like this: