artforia.com

Seni Budaya Jepang – Kita mengenal orang Jepang sebagai masyarakat yang modern. Namun meskipun begitu, mereka tetap senantiasa pergi ke Jinja (kuil Shinto) ataupun Otera (kuil Budha) pada hari-hari tertentu untuk berdoa dan untuk merayakan festival atau matsuri. Misalnya, saat tahun baru (Oshogatsu dan Koshogatsu), saat festival shichigosan (mendoakan anak-anak berusia 7 tahun, 5 tahun dan 3 tahun agar pertumbuhannya lancar), atau saat merayakan festival setsubun (festival untuk memperingati pergantian musim dari musim dingin ke musim semi), orang Jepang akan pergi ke Jinja untuk berdoa. Yang tidak kalah menariknya adalah, orang Jepang juga percaya pada jimat-jimat yang dianggap mampu melindungi pemiliknya dari bahaya.

Baca Juga : Teknik Panahan Tradisional Jepang Yang Disebut Yabusame

Dalam budaya Jepang istilah untuk jimat disebut dengan Omamori. Orang Jepang senantiasa membeli jimat atau Omamori saat mereka pergi ke Jinja atau Otera. Dalam survei yang dilakukan oleh Kahoku Shinpo, sebuah surat kabar lokal di propinsi Miyagi, Jepang, terhadap 600 orang Jepang tentang “apakah anda mempunyai jimat atau penjaga diri, baik yang diletakkan di badan sendiri maupun di dalam mobil yang dibawa setiap hari”. Hasil dari survei tersebut adalah 56,7% dari responden menjawab “punya”, sedangkan 42% menjawab tidak punya.

artforia.com

Melekatnya omamori pada kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang bisa dilihat dari jenis-jenis omamori yang ada. Beberapa Omamori yang umum dimiliki adalah Omamori kotsu-anzen,yaitu jimat untuk menjaga pemiliknya agar selamat dalam perjalanan dan saat mengemudikan kendaraan. Ada juga Omamori Yaku-yoke, kalau omamori yang ini adalah untuk menghindarkan pengaruh jahat dan bencana.

 

Sedangkan Omamuri yang dipercaya untuk memberi keuntungan dalam berbisnis adalah Omamori Shobai-hanjo. Omamori ini banyak dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki usaha. Bagi kaum pelajar, ternyata ada juga omamori tersendiri, yakni Omamori Gakugyo-joju. Omamori gakugyo-joju populer di kalangan pelajar karena jimat ini dipercaya bisa membawa nasib baik dalam hal pelajaran bagi para pelajar. Pelajar kerap membawa jimat ini saat mereka menghadapi ujian.artforia.com

Ternyata untuk hubungan asmara juga ada jimatnya loh . Omamori En-musubi adalah jimat untuk hubungan asmara. Ada 2 jenis jimat en-musubi, yang dijual terpisah dan yang dijual sepaket. En-musubi yang pertama biasanya untuk mereka yang ingin mendapatkan pasangan atau kekasih. Sedangkan en-musubi yang dijual sepaket biasanya untuk mereka yang sudah memiliki pasangan agar hubungan mereka langgeng. Rasanya ini jadi hadiah yang manis untuk pasangan Anda, bukan?

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Aziz Hakim S

Awalnya tidak mengenal tentang Jepang, karena kebudayaan yang unik, saya jadi mencintainya.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: