Tradisi Budaya Jepang – Olahraga Baseball memang sangat dekat dikaitkan dengan negara-negara bagian barat dimana cukup banyak legenda-legenda pemain terkenal dari negara sana, namun apakah anda tahu bila Jepang adalah salah satu negara yang memiliki antusias besar didalam olahraga ini sejak dahulu, telah diketahui bila masyarakat Jepang telah bermain bisbol selama lebih dari satu abad. Ini adalah olahraga umum untuk anak-anak yang sangat kompetitif di SMA. Kejuaraan nasional SMA negeri di musim panas menarik banyak penonton dan juga liputan televisi. Jepang memiliki liga profesional yang dikenal dengan Nippon Professional Baseball dengan 12 tim dan tim nasional yang sangat sukses dikenal dengan nama Samurai Japan. Pertandingan baseball di Jepang memiliki banyak suasana, terutama di kota-kota dengan penggemar berat seperti Osaka.

Simak Juga : Kotatsu Sebuah Penghangat Tradisional Jepang Yang Populer Hingga Saat Ini

artforia.comBaseball atau yang dikenal dengan sebutan Yakyu di Jepang, adalah olahraga yang memiliki penonton domestik terbanyak, popularitas bola bisbol terkait dengan hubungan dekat Jepang dengan Amerika Serikat yang dihasilkan dari diplomasi kapal uap Amerika yang memaksa Jepang membuka pasarnya pada tahun 1850-an dan juga karena Occupation of Japan yang mengikuti Perang Dunia II.

Tim bisbol Jepang pertama didirikan oleh American Horace Wilson pada tahun 1878. Pada tahun 1913, Chicago White Sox dan New York Giants mengunjungi serta bermain dengan tim universitas di Jepang. Hasilnya membuat jelas bahwa Jepang membutuhkan liga profesional dan kemudian setelah itu dua tim profesional didirikan pada tahun 1920. Liga Baseball berkembang pesat dan bahkan berhasil melewati tragedi besar Perang Dunia II yang memang Jepang ikut serta, kala itu pemerintah Jepang juga sempat memaksa penggantian nama Inggris Baseball dengan bahasa Jepang. Satu-satunya musim yang dibatalkan adalah 1945.

artforia.comartforia.comSetelah perang berakhir Olahraga Baseball terus berkembang pesat di Jepang dan negara ini bangkit menjadi salah satu pusat kekuatan olahraga. Liga Baseball Nippon Professional sekarang memiliki 12 tim profesional. Tim baseball nasional Jepang yang dikenal sebagai Samurai Japan sukses memenangkan World Baseball Classic, yang diadakan setiap tiga tahun, kemenangan tersebut diraih pada tahun 2006 dan 2009. Pertandingan bisbol profesional di Jepang memiliki banyak suasana, terutama di kota-kota seperti Osaka dan Nagoya dimana penggemar sangat antusias.

Pada saat ini Baseball juga merupakan aktivitas umum bagi anak-anak di Jepang yang sangat kompetitif di SMA. Kejuaraan Baseball National High School setiap musim panas mencakup sebuah tim dari setiap prefektur Jepang. Televisi nasional dan menarik banyak orang.

artforia.com

%d bloggers like this: