Kuliner Jepang– Makanan khas Jepang biasanya identik dengan sushi yaitu makanan yang berbahan dasar ikan mentah. Untuk anda yang ingin menikmati makanan khas Jepang yang digoreng dan tidak mentah yaitu ada okonomiyaki. Makanan ini cocok dengan lidah orang Indonesia. Pastinya anda pernahkan mencoba martabak telor ? Nah, okonomiyaki rasa dan teksturnya mirip dengan martabak yang sering kita beli di pinggiran jalan. Bedanya hanya di topping saja. Jika okonomiyaki bisa menambahkan toppingnya itu dengan gurita, sosis, kepiting, baso, beef atau apa saja. Yang paling membedakan adalah di atas okonomiyaki ditaburi bubuk ika atau disebut dengan katsuoboshi atau abon ikan yang diserut.

Baca Juga : 5 Jajanan Jepang Yang Mudah Ditemukan Di Indonesia

Rahasia kelezatan okonomiyaki terletak pada rasa saus okonomiyakinya. Sekarang ini kamu bisa kok membeli saus okonomiyaki di supermarket. Selain menyehatkan makanan yang terkenal di daerah Hiroshima dan Osaka ini juga semakin lezat dengan taburan serutan ikan cakalang kering yang disebut katsuoboshi dan mayones di atasnya. Nama okonomiyaki sendiri berasal dari kata “okonomi” yang berarti “sesukanya”, dan “yaki” yang berarti “panggang, goreng, memasak”, sehingga nama “okonomiyaki” bisa berarti memasak sesukanya. Disebut demikian karena ketika kamu memasak okonomiyaki, kamu bisa menentukan bahan sendiri sesuai selera. Namun yang pasti selalu ada irisan kol dan daun bawang. Okonomiyaki di Jepang sendiri memiliki 2 versi, Yang pertama versi Kansai yakni  okonomiyaki dibuat dengan mengaduk terlebih dahulu irisan kol dengan tepung terigu baru kemudian dipanggang. Sedangkan yang kedua,versi Hiroshima dimana okonomiyaki dibuat tanpa mencampurkan irisan kol di adonan tepung, tetapi hanya meletakkannya di atas adonan yang dibentuk lebar-tipis di atas penggorengan seperti ketika membuat panekuk. 

Selain okonomiyaki di atas ada juga modanyaki (modernyaki), yaitu okonomiyaki dengan tambahan mi yang sudah dikukus agar orang yang memakannya menjadi cepat kenyang. Restoran okonomiyaki banyak ditemukan di setiap pelosok Jepang. Di depan restoran dipasang lentera atau spanduk bertuliskan kata “okonomiyaki”. Restoran okonomiyaki biasanya menyediakan teppan atau hotplate khusus di setiap mejanya agar para tamu bisa memasak okonomiyaki-nya sendiri. Namun kalau tidak ingin repot, tamu juga bisa kok memesan okonomiyaki yang dimasak oleh sang koki restoran langsung di hadapan mereka.

%d bloggers like this: