Ojigi Tradisi Membungkuk Orang Jepang 3

Image : squarespace.com

Seni Budaya Jepang – Jika kalian bepergian ke Jepang, mengetahui bagaimana caranya untuk membungkuk dan menyapa di Jepang akan dapat membantu kalian. Membungkuk (ojigi) adalah kebiasaan yang penting di Jepang. Orang sering menyapa satu sama lain dengan membungkuk, bukan berjabat tangan, dan orang-orang umumnya memiliki percakapan kecil setelah atau sebelum mereka membungkuk.

Ojigi Tradisi Membungkuk Orang Jepang 2

Image ; twimg.com

Baca Juga : Teater Komedi Terkenal Namba Grand Kagetsu Di Osaka

Perlu untuk diketahui bahwa cara membungkuk pria dan wanita itu berbeda. Biasanya pria akan meletakan kedua tangannya disamping paha mereka ketika membungkuk, sedangkan wanita akan menaruh tangan mereka di atas paha mereka.

Membungkuk ala orang Jepang sangat dipengaruhi oleh situasi, tinggi bungkukkan dan lama bungkukkan. Orang Jepang yang memiliki reputasi yang tinggi akan terlihat lawan bicaranya lebih sopan, membungkuk lebih dalam.

Ojigi Tradisi Membungkuk Orang Jepang

Image : Pinterest.com

Jenis-jenis Membungkuk ala Orang Jepang, yakni :

  1. Anggukan kepala 5 derajat (Jenis bungkukan ini sebenarnya hanya berupa anggukan kecil kepala kalian. Pastikan bahwa kepala kalian posisi nya lurus ke depan. Anggukan ini biasanya digunakan kepada teman baik kalian. Jenis bungkukan ini lah yang paling casual atau sederhana dibandingkan yang lainnya)
  2. Membungkuk 15 derajat (Biasanya dilakukan untuk menyapa orang secara sepintas. Misalnya jika kalian sedang terburu-buru mau pergi kerja dan dijalan kalian bertemu dengan teman kalian atau bertemu teman kalian ketika sedang jalan-jalan)
  3. Membungkuk 30 derajat (Ini adalah derajat bungkukan yang paling banyak dilakukan untuk menyapa pelanggan atau berterimakasih pada seseorang.)
  4. Membungkuk 45 derajat (Tipe ini merupakan tipe yang paling formal. Biasanya digunakan untuk menandakan rasa syukur yang paling mendalam, salam hormat, permintaan maaf resmi, meminta bantuan, dan lain sebagainya)
  5. Membungkuk hingga kepala menyentuh lantai atau berlutut (Biasanya digunakan oleh acara-acara keagamaan tertentu atau acara-acara bela diri. Atau juga digunakan untuk menujukan permintaan maaf yang sangat sangat mendalam karena dia telah melakukan sesuatu yang sangat buruk).

artforia.com

Sering kali ketika orang Jepang memberi salam dengan membungkuk, mereka akan memulainya dengan bungkukkan yang paling dalam kemudian disusul dengan bungkukkan yang rendah hingga yang terkecil. Mereka melakukan ini karena mereka melihat orang lain didepannya membungkuk juga, jadi dia pikir dia harus membungkuk lagi untuk membalas orang tersebut.

Kemudian orang yang didepannya juga berpikiran sama. Sehingga mereka berdua membungkuk lagi dan lagi. Nah, Jika kalian bingung mau membungkuk dengan cara apa, maka disarankan untuk membungkuk dengan kemiringan 30 derajat. Orang Jepang tidak akan memaksa para pendatang atau orang asing di Jepang untuk membungkuk dengan sempurna. Mereka sudah akan menghormati kita jika kita membungkuk kepada mereka dengan tenang dan penuh rasa hormat.

%d bloggers like this: