A password will be e-mailed to you.

Berita Travel Jepang – Shirakawa (白川村 Shirakawa-mura) adalah sebuah desa yang terletak di Ōno District, Prefektur Gifu. Tempat ini terkenal sebagai area Shirakawa-gō, sebuah desa tradisional kecil yang menampilkan gaya bangunan tradisional Jepang yang dikenal sebagai gasshō-zukuri. Pada catatan terakhir yaitu tanggal 1 Desember 2017, desa ini memiliki populasi sekitar 1.668 jiwa dalam 582 rumah tangga dan kepadatan penduduk 4,7 orang per km2. Luas total desa adalah 356,55 km2.

Nikmati Susana Tradisional Dalam Wisata Desa Shirakawago

image : blog.livedoor.jp

Shirakawa-go dan daerah Gokayama (五箇山) yang berdekatan dan menghubungkan Lembah Sungai Shogawa di pegunungan terpencil yang membentang dari prefektur Gifu hingga ke Prefektur Toyama. Area ini juga telah ditetapkan sebagai lokasi warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1995, area ini terkenal dengan rumah pertanian gassho-zukuri yang sangat tradisional dan beberapa di antaranya telah berusia lebih dari 250 tahun. Daerah ini memang telah menjadi tujuan wisata yang populer bagi turis asing yang ingin menikmati suasana pedesaan Jepang.

Simak Juga : 5 Perbedaan Jepang Dengan Korea Yang Harus Anda Ketahui

Nikmati Susana Tradisional Dalam Wisata Desa Shirakawago

image : javintham.com

Gassho-zukuri memiliki arti “dibangun seperti tangan dalam doa”, karena atap jerami pada rumah-rumah pertanian tersebut menyerupai tangan para biarawan Buddha yang sedang melakukan doa. Gaya arsitektur berkembang selama banyak generasi dan dirancang untuk menahan sejumlah besar salju berat yang jatuh di wilayah tersebut selama musim dingin. Atap-atapnya, dibuat tanpa paku, menyediakan ruang atap yang besar untuk digunakan sebagai lokasi membudidayakan ulat sutera.

Desa terbesar dan atraksi utama dari Shirakawa-Go adalah Ogimachi, mengunjungi area ini akan membuat perjalanan siang yang menyenangkan dari Takayama, atau perhentian perjalanan bus antara Takayama dan Kanazawa. Cara terbaik untuk merasakan pengalaman kota tradisional ini adalah bermalam di salah satu rumah pertanian, banyak rumah-rumah tradisional disini yang sekarang berfungsi sebagai minshuku (salah satu jenis hotel tradisional Jepang yang dioperasikan oleh sebuah keluarga).

Nikmati Susana Tradisional Dalam Wisata Desa Shirakawago

image : japantravelmate.com

Sedangkan untuk Gokayama sedikit lebih sulit untuk diakses karena membutuhkan perubahan bus di Ogimachi. Kurang berkembang dan kurang ramai dari para pengunjung seperti di Shirakawa-go, desa-desanya lebih kecil, lebih terlihat sangat tradisional dan memiliki lebih dikit bangunan-bangunan modern. Desa terindah Gokayama adalah Suganuma dan Ainokura.

Berikut beberapa area wisata yang dapat dikunjungi di Shirakawa-go
  • Desa Ogimachi
  • Gassho-Zukuri (Rumah Pertanian Tradisional)
  • Desa Ainokura
  • Desa Suganuma
Lokasi

Akses

Akses tercepat antara Tokyo dan Shirakawa-go adalah dengan Hokuriku Shinkansen dan bus dari prefektur Toyama, pertama anda naik Hokuriku Shinkansen dari Tokyo ke Toyama (130-170 menit, sekitar 12.500yen untuk 1 kali perjalanan) dan berpindah ke bus yang menuju Shirakawa-go di prefektur Toyama, kira-kira akan memakan waktu 1,5 jam dan biaya 1700yen untuk sekali perjalanan dengan bus tersebut.

Anda juga bisa mengakses Shirakawa-go melalui stasiun bus Shin-Takaoka, pertama naik Hokuriku Shinkansen dari Tokyo menuju Shin-Takaoka Station dengan kira-kira memakan waktu 3 jam dan biaya sekitar 13.500yen sekali jalan, jalur perjalanan ini bisa ditanggung dengan Japan Raill Pass, setelah sampai berpindah ke Bus Kaetsuno untuk menuju Shirakawa-go dengan memakan waktu 2 jam dan biaya 1800yen sekali jalan. Akses ini direkomendasikan untuk wisatawan yang memiliki tujuan ke Gokayama, karena bus juga berhenti di desa Ainokura dan Suganuma di sepanjang jalur perjalanannya.

%d bloggers like this: