Kuliner Jepang – Manju adalah bentuk kue khas Jepang dengan isi berupa selai kacang merah yang dibungkus adonan tepung atau bahan lainnya dengan proses kukus. Ada banyak jenis-jenis Manju di Jepang, salah satunya adalah Momiji Manju yang paling terkenal di Hiroshima. Hiroshima adalah kota pelabuhan di tepi Laut Pedalaman Seto dengan sejarah yang begitu melekat dalam ingatan banyak orang. Tragedi bom atom pada Agustus 1945 mengukir sejarah kelam bagi Hiroshima.

Baca Juga : 5 Jajanan Jepang Yang Mudah Ditemukan Di Indonesia

Tetapi, kini Hiroshima telah bangkit menjadi kota yang begitu indah dan damai. Sehingga banyak wisatawan yang memilih Hiroshima menjadi destinasi wisata mereka, mulai dari keindahan alam hingga bangunan-bangunan bersejarahnya. Selain destinasi wisata yang menakjubkan, Hiroshima juga terkenal dengan kue uniknya yang disebut Momiji Manju. Kue dengan bentuk daun mapel atau yang biasa disebut daun Momiji dalam bahasa Jepang ini begitu lezat sehingga Momiji Manju menjadi kebanggaan masyarakat di daerah Hiroshima. Bahkan menjadi salah satu souvenir yang paling populer di Hiroshima, terutama di kawasan wisata Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima.

Konon, kue tradisional ini sudah mulai dijajakan di Hiroshima sejak 100 tahun yang lalu. Sudah cukup lama memang, kehadiran Momiji Manju di Hiroshima. Sehingga, tak perlu heran jika Momiji Manju disebut-sebut sebagai panganan khas Hiroshima. Momiji Manju yang berkualitas biasanya memiliki tektstur yang lembut dan lumer dimulut. Rahasianya, adonan ini dibuat dengan takaran yang pas dan menggunakan tepung dengan kualitas bagus. Sehingga, saat kita memotong Momiji Manju, kue ini akan terpotong dengan sempurna, tanpa remah-remah. Awalnya, manju banyak dijual di Tiongkok dengan nama mantou. Lalu, mulailah panganan ini masuk ke Jepang dengan nama baru yaitu manju. Oleh masyarakat Hiroshima, manju ini dicetak menyerupai bentuk daun momiji yang sudah kering. Lahirlah, momiji manju yang digemari masyarakat.

Biasanya, Momiji Manju berisi anko atau kacang Jepang yang manis dan lembut. Meski tektur luar Momiji Manju terlihat keras, tapi adanya isian anko dan gula di dalamnya membuat kue ini bertekstur lembut saat dikunyah. Selain anko, kini juga mulai banyak dijajakan Momiji Manju dengan isisan keju, cokelat dan selai buah. Makin mudah untuk memenuhi selera konsumen yang beragam. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun dapat menikmati sekotak Momiji Manju.

Di Hiroshima, kita dapat menemukan Momiji Manju di toko-toko kue, kedai minum, hotel dan supermarket. Paling asyik, menikmati Momoji Manju dengan segelas teh hangat di pagi atau sore hari. Wah, inilah saat yang tepat untuk bersantai di Hiroshima ditemani Momiji Manju. Harga Momiji Manju juga beragam. Mulai dari 500 hingga 1,000 Yen, kita sudah dapat membawa pulang sekotak Momiji Manju dengan isi lima potong.

Jika berencana membawa pulang Momiji Manju sebagai oleh-oleh, kue ini dapat bertahan selama 10 hari. Karena alasan inilah, banyak turis yang membeli Momiji Manju sebagai oleh-oleh karena tahan lama. Selamat mencoba, dan cicipi sendiri kelembutannya!


Like it? Share with your friends!

Aziz Hakim S

Awalnya tidak mengenal tentang Jepang, karena kebudayaan yang unik, saya jadi mencintainya.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: