Cerita Mitos Jepang – Mekurabe merupakan mitos Yokai yang memiliki sosok sebuah gundukan tengkorak manusia yang membentuk sebuah tengkorak besar, dalam mitosnya Mekurabe awalnya adalah sekumpulan tengkorak manusia biasa yang berkumpul menjadi satu dan membentuk sebuah tengkorak manusia yang besar, menurut catatan sejarah yang ada. Kisah yokai ini terlahir sejak klan Taira berdiri, dimana Kiyomori yang merupakan pimpinan klan tersebut terkenal akan kekejamannya.

Mitos Mekurabe, Yokai Berbentuk Tengkorak Yang Terkenal Selama Periode Edo

image : yokai.fandom

Menurut cerita-cerita rakyat, Taira no Kiyomori menjadi gila setelah dirinya berhalusinasi melihat sekumpulan tengkorak mendatanginya, banyak rakyat mengatakan bila tengkorak-tengkorak tersebut adalah korban dari pembunuhan yang dilakukan oleh dirinya.

Simak Juga : KISAH MITOS 7 ROH TERKUTUK YANG MENCARI KORBAN UNTUK MENGGANTIKAN POSISI MEREKA

Mitos Mekurabe, Yokai Berbentuk Tengkorak Yang Terkenal Selama Periode Edo

image : @Matthew Meyer

Setelah viralnya kisah asal muasal Mekurabe dari klan Taira, Mekurabe mulai berkembang menjadi yokai yang sering mengganggu masyarakat awam pada kala itu, menurut cerita rakyat Mekurabe akan menatang seseorang dan bila orang tersebut tidak takut dan tetap menatap maka Mekurabe akan lenyap tanpa jejak, tetapi bila orang tersebut berpaling atau takut dari tatapan Mekurabe maka akan menjadi korban dan tidak dijelaskan bagaimana nasib si korban tersebut. Sosok Mekurabe terkenal dalam kisah sastra “The Tale of the Heike” yang terjadi selama periode Edo.

%d bloggers like this: