Berita Lifestyle Jepang – Bagi para pecinta minuman beralkohol hal ini menjadi kabar yang baik sekaligus membuat penasaran, karena dikabarkan sejumlah peniliti Jepang mengatakan mereka berhasil menemukan cara memproduksi sebuah minuman beralkohol yang terbuat dari kayu.

Minuman Beralkohol Berbahan Dasar Kayu Pohon Diciptakan Peniliti Jepang

image : japantimes.co.jp

Para peneliti di Institut Penelitian Kehutanan dan Hasil Hutan Jepang mengatakan minuman berbahan dasar kulit kayu ini memiliki kualitas seperti alkohol yang berumur lama dalam sebuah tong kayu. Mereka berharap dapat menciptakan alkohol kayu ini dalam waktu kurang lebih tiga tahun.

Simak Juga : Kampanye Cool Biz Telah Berlangsung Disejumlah Perusahaan Jepang

Minuman Beralkohol Berbahan Dasar Kayu Pohon Diciptakan Peniliti Jepang

image : interestingengineering.com

Metode pembuatannya melibatkan pulverising kayu menjadi krim pasta dan kemudian menambahkan ragi dan enzim untuk memulai proses fermentasinya. Dengan menghindari penggunaan panas, para peneliti mengatakan mereka mampu mempertahankan rasa spesifik dari setiap jenis kayu pohon yang digunakan. Sejauh ini, mereka telah menghasilkan minuman dari cedar, birch dan cherry.

Kira-kira sebanyak 4 kilogram kayu cedar akan menghasilkan 3,8 liter cairan, dengan kandungan alkohol sekitar 15 persen, mirip dengan sake Jepang yang sangat disukai banyak orang. Para peneliti juga bereksperimen dengan versi minuman yang diseduh dan disuling dari minuman baru ini dan menurut mereka hasil proses penyulingan lebih baik, hal ini diungkapkan langsung oleh peniliti Kengo Magara.

Minuman Beralkohol Berbahan Dasar Kayu Pohon Diciptakan Peniliti Jepang

image : asianage.com

Metode fermentasi kayu sebenarnya memang sudah digunakan untuk menghasilkan biofuel sejak lama tetapi produknya mengandung racun dan hambar, membuatnya tidak mungkin dijadikan bahan minuman koktil atau semacamnya. Dengan hasil penelitian ini metode tersebut dapat membuat hasilnya dapat diminum dan memiliki rasa yang unik dari masing-masing kayu yang digunakan dan metode ini juga tidak memerlukan pemanasan yang tinggi atau asam sulfat untuk menguraikan kayu.

Institut ini memang telah banyak dan luas dalam melakukan penelitian ilmiah terkait dengan hutan Jepang yang luas, tetapi penemuan alkohol kayu ini memang menjadi satu-satunya yang paling unik dan mengejutkan. Juga dikabarkan produk-produk minuman ini akan segera dikomersilkan kepada publik dalam waktu 3 tahun mendatang.

Bagaimana para pembaca apakah tertarik untuk mencoba minuman beralkohol dari kayu ini??.

Source : Japan Today

%d bloggers like this: