Berita Travel Jepang – Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya bila pasar seafood terbesar di Jepang yaitu Tsukiji market akan ditutup dan dipindahkan menjadi pasar Toyosu, kepindahan ini telah ditetapkan oleh pemerintah pada bulan Oktober 2018 mendatang, letak dari Tsukiji menuju Toyosu kira-kira,sekitar 2,3 kilometer jauhnya.

Mengintip Toyosu Market Yang Merupakan Lokasi Baru Untuk Pindahnya Tsukiji Market

image : CNN.com

Sebelum terbukanya pasar baru yang megah ini Artforia akan mengajak para pembaca untuk mengintip terlebih dahulu area pasar besar ini yang didapat dari sumber Japan Guide, meskipun memang tidak memiliki sebuah nuansa bersejarah Tsukiji namun bentuk dari pasar Toyosu ini akan dapat lebih baik menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Simak Juga : Nikmati Suasana Tradisional Dalam Wisata Desa Shirakawago

Mengintip Toyosu Market Yang Merupakan Lokasi Baru Untuk Pindahnya Tsukiji Market

image : japan-guide.com

Mengintip Toyosu Market Yang Merupakan Lokasi Baru Untuk Pindahnya Tsukiji Market

image : japan-guide.com

Dipindahkannya pasar Tsukiji memang tidak lain karena telah tua dan lokasinya terlalu kecil. Pasar baru Toyosu yang baru bertujuan untuk memperlancar operasi pasar dengan menyediakan lebih banyak ruang dan infrastruktur yang modern. Awalnya dijadwalkan untuk akhir 2016, namun rencana tersebut ditunda karena kekhawatiran atas bahan kimia beracun yang terkandung pada tanah di bawah gedung-gedung baru tersebut. Setelah melakukan beberapa tindakan akhirnya pasar ini resmi akan dibuka pada bulan Oktober.

Jadwal Pindah

Pada jadwal lebih tepatnya pasar dalam Tsukiji akan dijadwalkan untuk ditutup pada tanggal 6 Oktober 2018, diikuti oleh langsung proses perpindahan bisnis dari tanggal 7 hingga 10 Oktober, dan pembukaan Pasar Toyosu pada 11 Oktober. Setelah itu, pasar dalam Tsukiji akan diruntuhkan, dan pasar baru rumornya akan dibangun di tempat tersebut beberapa saat setelah Olimpiade 2020. Pasar luar Tsukiji yang populer dengan banyak restoran dan banyak toko ritel akan tetap berdiri dan tidak dipindahkan.
Lokasi

Mengintip Toyosu Market Yang Merupakan Lokasi Baru Untuk Pindahnya Tsukiji Market

image : japantimes.co.jp

Mengintip Toyosu Market Yang Merupakan Lokasi Baru Untuk Pindahnya Tsukiji Market

image : japan-guide.com

Akses

Pasar baru Toyosu mengelilingi Stasiun Shijo-mae di Yurikamome. Yurikamome adalah kereta layang yang menghubungkan Stasiun Shimbashi di Jalur JR Yamanote via Odaiba dengan Stasiun Toyosu di sepanjang Jalur Subway Yurakucho.

Secara keseluruhan bangunan pasar Toyosu terdiri dari tiga gedung utama, dua bangunan untuk makanan laut dan satu untuk buah-buahan dan sayuran. Bangunan-bangunan itu terhubung dengan Stasiun Shijo-mae dan satu sama lain melalui trotoar pejalan kaki yang ditinggikan. Ketiga bangunan tersebut memang didesain secara khusus untuk para wisatawan atau pengunjung dapat melihat aktivitas bisnis dari tempat yang aman tidak menghalangi proses bisnis, tidak seperti di pasar Tsukiji yang lama, di mana gesekan antara pekerja dan wisatawan telah menjadi masalah besar dan sering.

Untuk sebagian besar restoran yang saat ini terletak di pasar dalam Tsukiji juga akan ikut pindah ke Pasar Toyosu dan akan tetap menyediakan makanan seafood segar bagi wisatawan pada tempat baru tersebut. Selain itu, fasilitas tambahan untuk wisatawan juga akan dijadwalkan pada masa mendatang, seperti salah satunya adalah pemandian air panas, lebih banyak toko dan restoran, serta hotel. Namun, fasilitas ini tidak akan tersedia pada saat pasar baru dibuka pada bulan Oktober tahun ini. Masuk ke Pasar Toyosu akan bebas biaya, dan pengunjung akan dapat memasuki dan menjelajahi area publik dengan bebas. Rincian mengenai jam masuk dan waktu lelang belum diumumkan.

Source : Japan-Guide

%d bloggers like this: