3
5 shares, 3 points

Kuliner Jepang – Pada beberapa tahun terakhir ini, hidangan bento Jepang yang ikonik semakin terkenal di luar Jepang, sebagai sebuah hidangan fleksibel yang penuh dengan warna, sehat, dan mudah untuk dikonsumsi di mana saja. Bento memang sebuah tradisi kuliner Jepang yang telah ada sejak dahulu, bento memang terkenal sebagai makanan yang dibawa untuk menjadi bekal atau sarapan di luar rumah, namun tidak hanya sekedar itu, bento juga dapat dihias menjadi berbagai macam konsep yang unik dan menarik mata. Kali ini Artforia akan mengajak para pembaca untuk mengenal lebih dekat tentang apa itu hidangan Bento.

Simak Juga : KitKat Jepang Mendapatkan Varietas KitKat Baru Yang Terinspirasi Dari Menikmati Bir

Sederhananya, kata “Bento” mengacu makanan portable atau makanan yang dikemas dan memiliki jumlah yang bervariasi. Namun nasi tetap menjadi pusatnya dalam hidangan ini, tetapi selain nasi, beberapa hidangan bento juga memiliki “hidangan utama” lainnya yang dikelilingi oleh lauk dan sayur-sayuran, bento selalu menghadirkan aneka macam hidangan demi memenuhi nilai gizi dan kesehatan. Banyak pembuat bento pada jaman modern saat ini yang menggunakan bahan-bahan baru dan menciptakan konsep baru yang unik, perpaduan warna dan kelompok bahan makanan untuk menjadi elemen penting dalam pembuatan sebuah bento.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hidangan Khas Jepang Yang Disebut Bento
image : tastemade.com

Bento memiliki asal-usulnya dari negara China, yang memiliki arti sebenarnya yaitu “Praktis” atau “Nyaman”, kotak bento sudah mulai populer sejak akhir abad ke-16, bento menjadi hidangan kuliner yang umum sejak periode Edo (1603-1868), dan cukup banyak buku-buku masak bersejarah yang menuliskan tentang keberadaan hidangan ini. Dengan asal-usul atau sejarah yang begitu panjang, namun kini sangat mudah untuk para wisatawan asing untuk mengenal bento lebih dekat. Jika di luar negeri, bento dikenal sebagai semacam “gaya” kuliner, di Jepang bento hanya sebuah kuliner umum yang selalu hadir ketika akan berpergian atau makan siang.

Para ibu selalu membuatkan anak-anak dan suami mereka nasi bento dalam kotak bekal mereka, toko-toko serba ada juga ikut menjualnya dengan beraneka ragam pilihan variasi bento, isi dalam hidangan bento juga dipengaruhi daerah mana bento tersebut berasal. Kotak bentok juga beraneka ragam desainnya tergantung dari daerah mana mereka berasal, sehingga cukup banyak warna, desain dan bahan yang digunakan untuk sebuah kotak bento.

Apa Yang Ada Di Dalam Bento?

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hidangan Khas Jepang Yang Disebut Bento
image : medium.com

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, sayur dan lauk apa yang ada di dalam bento?, namun sebenarnya tidak ada peraturan yang membuat bento memiliki hidangan khusus di dalamnya, makanan apa pun yang dapat dengan mudah diambil dengan menggunakan sumpit, garpu atau sendok dan cocok dengan nasi atau hidangan utamanya, maka itu dapat dimasukan ke dalam bento. Namun biasanya, masyarakat Jepang memadukan bento dengan budaya kuliner mereka yang mementingkan kolaborasi warna dan gizi yang dikonsumsi, sehingga biasanya bento-bento akan di isi oleh beraneka macam sayur dan lauk untuk memenuhi nilai tersebut.

Makanan berkuah biasanya tidak dimasukan ke dalam bento karena memang bento memiliki konsep sebagai hidangan yang dibawa pergi, sehingga hidangan tanpa kuah atau kering lebih dipilih, tetapi hidangan sedikit berkuah seperti kuah kaldu atau saus teriyaki masih bisa dimasukan ke dalam bento. Telur dadar khas Jepang yaitu Tamagoyaki juga sering dijadikan salah satu lauk bento, sayuran menjadi elemen yang penting karena selain menghadirkan warna hijau yang cerah, mereka juga memberikan gizi dan serat yang dibutuhkan. Salah satu teknik umum yang populer di gunakan para orang tua di Jepang untuk membuat kotak bento anak-anak adalah “Tako-san Wiener”, yaitu sosis yang dibuat seperti gurita.

Selain sayur dan lauk yang harus diperhatikan untuk membuat bento, cara pengemasan dan porsi juga harus diperhatikan, masyarakat Jepang memiliki prinsip yang tidak boleh menyia-nyiakan makanan sedikitpun, sehingga biasanya porsi yang dimasukan ke dalam bento harus benar-benar pas dan tidak berlebihan, untuk para pembuat bento yang antusias di Jepang, mereka bahkan bisa membuat berbagai macam bentuk karakter unik di dalam kotak bento, seperti wajah karakter-karakter anime atau film dengan perpaduan hidangan yang ada di dalam bento tersebut.

Source : Tsunagu Japan

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

3
5 shares, 3 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: