Kuliner Jepang – Omurice atau nasi omelet Jepang adalah salah satu menu makanan sederhana namun sangat digemari oleh banyak masyarakat Jepang, sesuai dengan namanya hidangan ini menyajikan nasi dengan omelet, lebih tepatnya nasinya dibungkus dengan lapisan telur omelet.

Mengenal Lebih Dekat Hidangan Omurice Dan Belajar Membuatnya

image : seriouseats.com

Nasi yang dihidangkan biasanya adalah nasi goreng yang dibumbui dengan saus bumbu khas barat dan terbungkus dalam bantal dadar emas, Omurice (オ ム ラ イ ス) atau Omelette Rice mungkin bukan menu spesial dalam hidangan-hidangan restoran Jepang. Omurice juga salah satu menu hidangan perpaduan antara masakan modern dan tradisional Jepang. Namun, hidangan sederhana ini ternyata telah menjadi “Yoshoku” (makanan Jepang bergaya barat) yang populer selama lebih dari satu abad. Dalam hidangan sederhana ini terdapat biji-bijian, sayuran, protein, dan wanginya harum.

Simak Juga : 5 Restoran Terbaik Untuk Menikmati Menu Hidangan Horumonyaki Di Hakata

Sebutan Omurice (オ ム ラ イ ス) terbentuk dari kata Omelette (omuretsu, オ ム レ ツ) dan Rice (raisu, ラ イ ス). Dalam resep ini, nasi goreng dibumbui dengan rasa asam manis saus tomat, dan kemudian dimasukan ke dalam sebuah selimut tipis omelet berwarna kuning. Hidangan ini kaya akan rasa manis dan gurih, seluruh tampilan omurice begitu menghibur sehingga makanan ini dianggap sebagai salah satu hidangan yoshoku yang paling populer di Jepang.

Mengenal Lebih Dekat Hidangan Omurice Dan Belajar Membuatnya

image : triplerin.com

Hidangan bergaya Yoshoku sudah mulai muncul di sekitar Era Meiji (1868–1912) setelah Jepang mengakhiri kebijakannya yang melarang negara-negara asing memasuki wilayah mereka dan memperbolehkannya dengan membuka pelabuhan mereka untuk negara-negara barat. Tonkatsu, Korokke, Hambagu, Nasi Kari, Doria (nasi gratin), Kubis Gulung, Spaghetti Napolitan, dan Omurice hanyalah beberapa hidangan yang hadir karena kebijakan tersebut.

Secara umum ada dua cara untuk membuat Omurice. Yang asli disebut Ganso Omurice (元 祖 オ ム ラ イ ス) yaitu cara membungkus nasi goreng dengan omelet tipis. Beberapa orang lebih suka dadar kuning yang matang sempurna, tetapi beberapa juga ada yang menyukai telurnya setengah matang sehingga memberikan rasa yang lebih kuat di bagian dalamnya. Gaya kedua dalam pembuatan Omurice disebut Fuwatoro Omurice (ふ わ と ろ オ ム ラ イ ス). Pertama, Anda membuat nasi goreng kecap dan kemudian pindahkan ke piring. Kemudian setelahnya anda membuat telur dadar, dan ketika telur dadar tersebut texturenya telah lembut dan sedikit berair, letakkan di atas nasi goreng saus tomat. Sebelum disajikan, Anda mengiris bagian tengah telur dadar tersebut agar kuning telur telur jatuh menutupi nasi goreng.

Bahan Nasi Goreng

  • Daging Ham/Ayam/Seafood (sesuai selera anda)
  • Bawang
  • Wortel
  • Kacang Peas
  • Jamur

Bumbu Nasi Goreng

  • Saus tomat
  • Mentega
  • Bawang putih
  • Garam Lada

Toping Tambahan Yang Biasa Digunakan Untuk Omurice

  • Keju
  • Hambagu
  • Ikan goreng
  • Korokke
  • Rempah
Mengenal Lebih Dekat Hidangan Omurice Dan Belajar Membuatnya

image : pinterest.co.uk

Cara Dalam Membuatnya

1. Pertama adalah membuat sausnya terlebih dahulu, Untuk membuat saus tomat yang spesial, anda dapat mencampurkan saus tomat, pasta tomat, dan sedikit air dalam panci kecil, kemudian aduk rata.

Membuat Nasi Goreng

1. Persiapkan dahulu bahan-bahan yang akan dimasukan kedalam nasi goreng, yaitu bersihkan jamur, bawang dan iris mereka menjadi potongan-potongan kecil. Potong juga daging yang anda gunakan menjadi potongan kecil.

2. Setelah selesai memotong dan membersihkan bahan-bahan nasi gorengnya maka langkah berikutnya adalah menyiapkan penggorengan dan panaskan 1 sdm minyak sayur dan tumis bawang terlebih dahulu.

3. Saat bawang telah mulai menguning dan harum, tambahkan kacang peas dan jamur, dan kemudian dagingnya. jangan lupa bumbui dengan garam dan lada hitam yang sudah dihaluskan.

4. Setelah mengaduk beberapa menit, tambahkan nasi dan aduk hingga bumbu-bumbu tersebut menyatu, jangan lupa untuk memberikan sedikit kecap manis agar nasi gorengnya menjadi berwarna cokelat dan memiliki rasa manis. Setelah nasi gorengnya matang, angkat dan taruh di piring.

Membuat Lapisan Telur

1. Kini saatnya membuat telur dadar yang menjadi pembungkus nasi goreng tersebut, pecahkan 2 butir telur dalam mangkuk kecil dan tambahkan 1 sendok makan susu cair dan sedikit garam. Kemudian kocok merata.

2. Panaskan wajan lain di atas api yang sedang dan tambahkan 1 sendok makan mentega. Lelehkan mentega tersebut sehingga melumasi seluruh dasar wajan dan kemudian masukan telur kocoknya.

3. Cepat putar-putar dengan sumpit, agar texturenya melebar secara rata. Ketika campuran telur tersebut mulai mengeras tetapi sedikit cair, tuangkan nasi goreng kecap yang sebelumnya dibuat di atas tengah telur dadar tersebut. Kemudian rapatkan lipatan telur dan matikan api, tata hingga seluruh nasi goreng tertutup oleh lapisan telur.

4. Tidak perlu diterbungkus secara sempurna namun pastikan tidak ada nasi yang berantakan di luar telur, anda bisa menggunakan selembar tisu dapur yang texturenya keras untuk membentuk Omurice agar lebih sempurna.

5. Setelah itu tinggal tuangkan saus tomat yang anda buat diatasnya.

Berikut Adalah Video Tutorialnya

%d bloggers like this: