7
4 shares, 7 points

Kuliner Jepang – Dunia kuliner Jepang memang tidak jarang diwarnai dengan bahan-bahan khusus yang hanya hadir saat musim-musim tertentu, karena Jepang juga termasuk negara dengan 4 musim, maka tidak heran jika cukup banyak masakan-masakan tradisional Jepang yang memanfaatkan bahan-bahan musiman, ini juga yang membuat mereka menjadi istimewa dan unik, salah satu bahan musiman yang populer adalah daun “Shiso”, Shiso sendiri adalah sebuah daun yang ada pada tumbuhan jenis Perilla atau dalam bahasa melayu disebut Pudina, daun ini kaya akan kandungan kalsium dan zat besi.

Mengenal Kuliner Musiman Jepang Yang Menggunakan Bahan Daun Shiso Sebagai Bumbunya !
image : foodrepublic.com

Shiso (シ ソ), adalah bahan ramuan Jepang yang tanpa disadari menjadi populer pada saat ini, rasanya yang mirip dengan kayu manis atau cengkeh, membuat daun ini cocok menjadi penambah kelezatan dalam sebuah hidangan, baik itu hidangan dari bahan daging atau sayur-sayuran. Dengan rasa yang unik, Shiso memang tidak dapat digunakan secara sembarangan, jadi masyarakat lokal Jepang biasanya menggunakan Shiso untuk beberapa hidangan dibawah ini.

Simak Juga : 5 Restoran Lokal Hiroshima Yang Populer Dikalangan Masyarakat Jepang

Tsukune

Mengenal Kuliner Musiman Jepang Yang Menggunakan Bahan Daun Shiso Sebagai Bumbunya !
image : teineigohan.blogspot.com

Sebuah hidangan yang biasanya hadir di Izakaya (bar khas Jepang), Tsukune merupakan olahan daging ayam cincang yang dipanggang dengan saus tare dan sedikit garam, disajikan dengan kuning telur yang dicelupkan. Membuatnya tidak terlalu sulit dan hanya menggunakan beberapa bahan yang sederhana.

  • Ayam giling 180g
  • Daun Shiso 2 diiris halus
  • Sedikit garam dan merica
  • 2 kuning telur
  • Remah roti panko untuk mengikat adonan

Setelah menggabungkan bahan-bahan diatas dalam sebuah mangkuk dan menyisihkan 1 kuning telur untuk nanti, campuran bahan tersebut kemudian dibentuk gulungan dan di tusuk seperti sate. Bagi kamu yang tidak memiliki panggangan, kamu juga bisa menggoreng olahan ini hingga semua sisinya bewarna cokelat keemasan, lalu tambahan sedikit air ke dalam wajan dan kemudian tutup sebentar untuk mengukusnya. Biarkan olahan dikukus selama 7 hingga 12 menit tergantung pada ukuran Tsukune yang kamu buat. Kemudian angkat dan lapisi Tsukune dengan taburan garam atau saus Tare.

Hamburger

Mengenal Kuliner Musiman Jepang Yang Menggunakan Bahan Daun Shiso Sebagai Bumbunya !
image : tokyoweekender.com

Hamburger Jepang memang terkadang memiliki perbedaan dari hamburger biasanya, mereka menambahkan daun Shiso sebagai pengganti dari daun selada yang biasa digunakan dalam hidangan burger.

Tahu Agedashi

Mengenal Kuliner Musiman Jepang Yang Menggunakan Bahan Daun Shiso Sebagai Bumbunya !
image : tokyoweekender.com

Selain hidangan dengan daging-dagingan, hidangan Tahu Agedashi juga biasanya populer menggunakan daun Shiso sebagai salah satu bumbunya, daun Shiso biasanya akan diris tipis dan kemudian ditaburi dalam hidangan ini bersama dengan daun bawang dan serpihan bonito, tekstur tahu Agedashi yang renyah dan gurih menjadi sempurna dengan taburan Shiso diatasnya.

Masih banyak hidangan-hidangan Jepang lainnya yang dapat kamu temukan dengan bahan Shiso, semoga artikel ini dapat memberikan kamu pengetahuan bermanfaat tentang kuliner musiman di Jepang.

Source : Tokyoweekender

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

7
4 shares, 7 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: