Seni Budaya Jepang – Kirigami adalah seni memotong dan melipat kertas Jepang. Bisa dikatakan bagian dari kerajinan Origami yang merupakan kerajinan melipat kertas dari Jepang. Kirigami memungkinkan untuk desain yang lebih rumit dari pada Origami karena adanya proses pemotongan. Menurut panduan ketat yang telah ada sejak dahulu dalam Kirigami, peraturan hanya memperbolehkan memotong dan melipat selembar kertas. Namun sekarang sudah biasa dalam kerajinan ini untuk menggunakan sebuah lem dan beberapa lembar kertas.

Mengenal Kerajinan Kirigami Yang Identik Dengan Origami

Simak Juga : Polemik Lambang Swastika Dalam Peta Jepang

Mengenal Kerajinan Kirigami Yang Identik Dengan OrigamiKirigami (切 ã‚Š ç´™) merupakan sebuah variasi dari kerajinan origami yang memperbolehkan pemotongan kertas, dan bukan hanya melipat kertas seperti halnya origami, tapi biasanya dalam kirigami tidak menggunakan lem atau diusahakan tanpa menggunakan sebuah lem. Di Amerika Serikat, istilah “Kirigami” diciptakan oleh Florence Temko, dari bahasa Jepang “kiri” yang berarti potong dan “kami” yang berarti kertas, dalam merilis buku yang berjudul, Kirigami, Creative Art of Papercutting, 1962. Buku ini sangat sukses dipasaran pada kala itu. bahwa kata kirigami diterima sebagai nama barat untuk seni pemotongan kertas. Kerajinan ini juga terkadang disebut “Kirie” (切 ã‚Š çµµ, kiri “potong,” dan e “gambar”).

Pada awal pembuatan kirigami selalu dimulai dengan sebuah lipatan origami, yang kemudian lipatannya dibuka dan kemudian dilakukan proses pemotongan serta kemudian diratakan untuk membuat sebuah kirigami. Kirigami yang sederhana biasanya berbentuk simetris, seperti bentuk dari butiran salju, pentagram, atau bunga anggrek. Perbedaan antara Kirigami dan seni kerajinan penuh seperti memahat atau pembuatan struktur pembukaan 180 derajat, adalah bahwa Kirigami terbuat dari selembar kertas yang kemudian dipotong. Kerajinan ini cukup membutuhkan kesabaran dan fokus dalam membuatnya karena bila salah memotong akan cukup fatal, para pemula biasanya hanya membuat beberapa pola sederhana seperti butiran salju dan bila sudah mahir akan berlanjut ketahap membuat struktur bangunan seperti yang ada di photo atas.

%d bloggers like this: