Kuliner Jepang – Makanan Jepang memang menjadi salah satu incaran para wisatawan ketika berlibur ke Jepang, selain Sushi masih banyak makanan-makanan lain yang wajib untuk dicicipi, salah satunya adala Tonkatsu (と ん か つ, “potongan daging babi”) yang merupakan sebuah irisan tebal daging babi yang dilapisi tepung roti dan digoreng dengan cara yang mirip dengan schnitzel dari Jerman.

Mengenal Dan Menemukan Tonkatsu Di Jepang
image : japanesecooking101.com

Simak Juga : Cicipi Hidangan Penutup Jepang Yang Disebut Daifuku

Mereka biasanya terbuat dari dua potong daging babi Hire (ヒ レ, tenderloin atau filet) dan Rosu, bagian yang lebih berlemak (ロ ー ス). Untuk para pengunjung muslim yang tentunya tidak diperbolehkan mengkonsumsi daging babi, tenang saja terdapat variasi lain juga dari hidangan ini yang menggunakan bahan dasar daging ayam yang disebut chikinkatsu, daging sapi yang disebut gyukatsu, daging ham yang disebut hamukatsu dan daging giling dengan sebutan menchikatsu.

Potongan Tonkatsu biasanya diiris dan disajikan dengan sebuah hidangan lain, yaitu :

Teishoku

Mengenal Dan Menemukan Tonkatsu Di Jepang
image : yandex.ru

Tonkatsu biasanya disajikan sebagai set makan yang disebut Teishoku dengan parutan kubis, nasi, sup miso dan acar. Pengunjung biasanya dapat memilih potongan daging yang mereka inginkan (hire atau rosu) saat memesan. Irisan tonkatsu yang dimakan dibumbui dengan mustard dan jenis saus Worcestershire yang menebal (saus tonkatsu), yang dapat dikeringkan di atas tonkatsu atau dituangkan ke samping untuk dicelupkan.

Katsudon (katsu ricebowl)

Mengenal Dan Menemukan Tonkatsu Di Jepang
image : seriouseats.com

Katsudon (か つ 丼) adalah hidangan donburi (ricebowl) di mana tonkatsu yang diiris dan dimasak dengan campuran telur dan bawang yang kemudian disajikan di atas semangkuk nasi.

Katsu Kare (katsu curry)

Mengenal Dan Menemukan Tonkatsu Di Jepang
image : japan.recipetineats.com

Katsu kari (か つ カ レ ー) adalah sepiring nasi kari Jepang dengan topping tonkatsu. Biasanya disajikan di atas piring besar dan dimakan dengan sendok bukannya sumpit.

Katsu Sando (sandwich katsu)

Mengenal Dan Menemukan Tonkatsu Di Jepang
image : yosushiusa.com

Katsu sando (か つ サ ン ド) adalah sandwich yang terbuat dari tonkatsu dan kubis parut yang diletakan pada tengah-tengah roti. Mereka sering dibumbui dengan saus tonkatsu atau mayones. Tidak seperti ketiga hidangan di atas, katsu sando biasanya tidak disajikan di restoran, tetapi biasanya tersedia di stasiun kereta api dan kios sebagai makanan untuk dibawa pergi atau pulang.

Tempat untuk menemukan Tonkatsu.

Tonkatsu adalah hidangan umum yang dapat ditemukan di berbagai restoran di seluruh area di Jepang, seperti jenis restoran shokudo, teishoku-ya dan tonkatsu-ya. Tonkatsu-ya yang merupakan restoran khusus hidangan Tonkatsu biasanya menyajikan berbagai macam hidangan tonkatsu serta makanan goreng dan makanan laut lainnya. Harga untuk hidangan tonkatsu biasanya sekitar 800 hingga 1500 yen.

Mengenal Dan Menemukan Tonkatsu Di Jepang
image : crowpod.wordpress.com

Selain di restoran tentunya anda juga bisa mendapatkan hidangan ini di toko swalayan, pada bagian makanan yang biasanya terdapat di bawah tanah, selain itu beberapa kios makanan di stasiun kereta api dan supermarket juga sering menyediakan hidangan tonkatsu yang sudah dikemas seperti katsudon, kotak bento tonkatsu, dan katsu sando. Harga mulai dari sekitar 300 hingga 800 yen, tergantung porsi dan juga barangnya.


Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: