2
4 shares, 2 points

Kuliner Jepang – Salah satu bahan dasar masakan Jepang yang populer adalah “Daikon”, apa itu Daikon?. Daikon adalah lobak Jepang, yang merupakan salah satu sayuran umbi yang serbaguna dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari dikukus, digoreng, direbus, atau bahkan diparut menjadi pasta halus, kamu akan menemukan berbagai macam olahan hidangan Jepang yang menggunakan bahan dasar ini. Berikut ini Artforia akan memberikan kamu beberapa ide untuk membusat masakan Jepang yang menggunakan Daikon sebagai salah satu bahannya.

Mengenal Dan Memasak Hidangan Jepang Dengan Lobak Jepang Yang Disebut Daikon !
image : amazon.com

Simak Juga : Abura Soba atau Ramen Tanpa Sup di Menchintei di Shinjuku

Tamagoyaki Daikon

Mengenal Dan Memasak Hidangan Jepang Dengan Lobak Jepang Yang Disebut Daikon !
image : cookingwithdog.com

Telur dadar Jepang atau Tamagoyaki memang sebuah hidangan tradisional Jepang yang sederhana, namun banyak digemari orang karena rasanya yang gurih dan bergizi, gaya membuat telur dadar Jepang ini juga cukup berbeda dengan cara di Indonesia, biasanya mereka akan melapisi adonan telur secara berkali-kali sehingga tekstur telur dadar lebih tebal. Mencampur daikon atau lobak Jepang kedalam campuran telur ini memang menjadi selera untuk sebagian besar masyarakat lokal Jepang, berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan.

  • Dua atau tiga telur
  • 1 kecap asin
  • 1 sdt dashi
  • 1 Tbsp mirin
  • Kesabaran
  • Daun Bawang (opsional / bisa diganti)

Dalam mangkuk aduk bersama 2-3 telur, kecap asin, dashi, dan mirin sampai bahan-bahannya tercampur merata, mirip seperti kamu membuat telur dadar biasanya. Setelah digabungkan, kamu dapat menambahkan bawang putih, jahe, daun bawang, atau beberapa bahan lain yang menurut kamu bisa kamu tambahkan kedalam adonan Tamagoyaki ini.

Tuang sebagian campuran telur tadi ke dalam wajan khusus untuk membuat Tamagoyaki, dan biarkan matang hingga tekstur menjadi padat, gulung telur menjadi bentuk persegi panjang dan lanjutkan menuangkan campuran telur lagi untuk membuat lapisan berikutnya, ulangi proses ini hingga campuran telur habis. Jika telah usai, letakan Tamagoyaki di sebelah parutan daikon yang telah kamu siapkan diatas piring.

Daikon Goreng

Mengenal Dan Memasak Hidangan Jepang Dengan Lobak Jepang Yang Disebut Daikon !
image : christopherjamesclark.com

Kentang goreng memang sangat enak, namun kurang baik untuk kesehatan, bagaimana jika kamu menggantinya dengan daikon?. Meskipun diproses sama seperti kentang goreng, ini akan membuahkan rasa yang sangat berbeda. Berikut beberapa bahan yang perlu kamu siapkan.

  • Daikon
  • Bubuk cabai
  • Taburkan jahe
  • 2 siung bawang putih

Kupas dan iris daikon menjadi potongan-potongan panjang tipis seperti kentang goreng, masukan ke dalam mangkuk dan siap untuk dibumbui. Tambahkan irisan jahe, bawang putih yang dihancurkan dan sedikit irisan cabai ke dalam mangkuk. Tambahkan sedikit minyak zaitun, atau minyak lain yang dapat dikonsumsi. Tutupi campuran ini selama beberapa menit untuk membiarkan rasanya bercampur dan kemudian masukan ke dalam oven atau penggorengan dengan panas 180 derajat dan tunggu hingga warna berubah menjadi cokelat keemasan.

Salad Daikon

Mengenal Dan Memasak Hidangan Jepang Dengan Lobak Jepang Yang Disebut Daikon !
image : japanesecooking101.com
  • Daun bawang
  • Cuka
  • Irisan daikon halus
  • Bubuk cabai
  • Bawang putih hancur

Daikon memang menjadi sayuran yang fleksibel untuk dikonsumsi, selain diproses atau dimasak, daikon juga dapat dikonsumsi saat mentah, salad daikon ini sebenarnya dipengaruhi oleh budaya memasak dari Korea. Untuk memulainya kamu harus mengiris daikon menjadi irisan tipis kecil dan masukan ke dalam mangkuk. Tambahkan bawang putih yang telah dihancurkan atau diiris ke dalam mangkuk dengan tambahan sedikit cuka, irisan cabai dan daun bawang.

Beri campuran tersebut kepada irisan daikon yang ada di dalam mangkuk untuk menggabungkan rasa. Jika rasa salad terlalu tajam atau pedas, tambahkan sedikit daikon lagi ke dalam campuran, jika terlalu hambar kamu dapat menambahkan sedikit cuka atau taburan garam. Salad ini dapat tahan di lemari es hingga satu minggu dan menjadi lauk yang enak untuk bento.

Catatan : Untuk variasi rasa dan selera, kamu juga bisa menambahkan irisan sayuran lainnya yang bisa dijadikan salad seperti wortel, timun dan semacamnya.

Source : Tokyoweekender

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

2
4 shares, 2 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: