Dunia Hobi Jepang – Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal dengan produksi video gamenya, namun reputasinya berbeda dengan Korea Selatan yang terkenal dalam memproduksi video game online. Jepang lebih mengarah kedalam game-game offline yang unik dan juga berkonsep arcade, anda tentu mengetahui game klasik Pac-Man kan? sebuah game arcade klasik yang mengharuskan pemainnya memakan sebuah titik-titik kecil dan menghindar dari kejaran monster, kini Jepang telah sangat berkembang dalam dunia game dan sangat banyak game-game berkualitas yang diciptakan.

Mencari Video Game Jepang Yang Aneh Dan Unik ? Intip 5 Game Berikut Ini !Game yang diciptakan oleh Jepang tidak hanya berkualitas, namun juga dengan konsep yang unik dan bahkan hingga banyak yang menganggapnya aneh, meski tidak semua game Jepang diterbitkan dalam bahasa Inggris tetapi beberapa game unik dibawah ini mungkin dapat anda coba karena tersedia dalam bahasa Inggris.

Simak Juga : Apa Itu VTubers ? Yang Kini Sangat Populer Dan Memasuki Dunia Entertainment !


Mister Mosquito

Mencari Video Game Jepang Yang Aneh Dan Unik ? Intip 5 Game Berikut Ini !

image : youtube.com

Yang pertama adalah game klasik yang hadir dalam konsol Playstation 2, terbayang bagaimana rasanya menjadi seekor nyamuk? seekor hewan yang banyak dibenci oleh manusia karena menghisap darah dan menyebabkan gatal-gatal ini bisa anda rasakan dalam game bernama Mister Mosquito, ini merupakan game simulator serangga yang dikembangkan oleh Zoom Inc yang awalnya dirilis pada tahun 2001 silam di Jepang. Game ini mendapatkan versi bahasa Inggrisnya oleh pihak Eidos Interactive’s Fresh Games.

Game ini mendapatkan penjualan yang luar biasa di Jepang, tetapi tidak begitu populer di negara lain, oleh karena itu sangat jarang orang-orang luar Jepang dan salah satunya gamer Indonesia yang mengetahui game ini, tentu dilihat dari konsepnya game ini merupakan game unik sekaligus aneh yang pernah diciptakan oleh Jepang. Selain itu karena gamenya mengalami penjualan yang buruk di luar Jepang jumlah produksinya tidak banyak, sehingga untuk mendapatkan game fisik dari Mister Mosquito ini cukup sulit dan harganya cukup tinggi untuk para kolektor membelinya.

Chibi-Robo

Mencari Video Game Jepang Yang Aneh Dan Unik ? Intip 5 Game Berikut Ini !

image : moregameslike.com

Salah satu game Jepang dengan konsep aneh yang mendapatkan sambutan positif di luar Jepang adalah Chibi-Robo, game ini awalnya dirilis di Nintendo GameCub. Chibi-Robo sendiri adalah sebuah game yang mengajak pemainnya menjadi sebuah robot kecil untuk memberikan kebahagiaan kepada sebuah keluarga dengan melawan robot-robot jahat yang diprogram oleh perusahaan mainan, bisa dibilang mirip seperti Toy Story.

Misi yang diberikan dalam permainan ini sangat unik dan sepele, seperti misalnya melakukan tugas-tugas sehari manusia di sekitar rumah, seperti menggosok lantai, merawat kebun dan mengambil sampah. Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah robot kecil untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang dianggap sepele oleh manusia, meskipun dengan konsep yang aneh dan sepele ini tetapi game ini mendapatkan rating yang tinggi di sejumlah komunitas game, misalnya di IGN mendapatkan rating 8,2/10 dan di Eurogamer mendapatkan 8/10.

Akiba’s Trip : Undead And Undressed

Mencari Video Game Jepang Yang Aneh Dan Unik ? Intip 5 Game Berikut Ini !

image : gameitall.com

Kalau yang ini mungkin telah banyak gamer Indonesia yang mengetahuinya, karena selain meledak di pasaran Jepang, game ini juga meledak di pasaran internasional. Sesuai dengan namanya, yaitu Akiba’s Trip dimana konsep game ini berada di area Akihabara, Tokyo. Yang lucu dan aneh dari game ini adalah pemain mendapatkan misi untuk menyerang musuh dengan cara melepaskan bajunya, sedikit nyeleneh memang tetapi konsep game ini sangat unik dan lucu untuk dimainkan. Dikembangkan oleh Aquire Corp sebuah game developer veteran yang pernah membuat beberapa game Jepang ternama seperti Tenchu dan Way of the Samurai.

Akiba’s Trip menggunakan sistem real-time battle sehingga para pemain dapat bertarung langsung dengan musuh yang ditemukan di sebuah area yang sedang dijelajahi, disini para pemain akan melawan mahkluk vampire yang menyerupai manusia, untuk dapat melemahkan mereka maka salah satu caranya adalah untuk melepaskan baju yang mereka gunakan sehingga mereka terkena sinar matahari yang menjadi kelemahan mereka.

WarioWare Gold

Mencari Video Game Jepang Yang Aneh Dan Unik ? Intip 5 Game Berikut Ini !

image : nintendo.co.uk

Ini adalah salah satu game paling aneh dan unik yang pernah dirilis oleh Nintendo, uniknya game ini sengaja diciptakan untuk para pemain yang hanya memiliki waktu bermain game yang sedikit. WarioWare GOld yang terbaru rilis pada konsol Nintendo 3DS. Dalam game ini pemain akan menemukan berbagai macam kumpulan minigame yang masing-masing hanya berlangsung sekitar tiga hingga lima detik saja, bahkan pemain disini akan melawan bos atau rintangan terakhir dalam waktu sekitar 10 hingga 20 detik saja.

Sebagian besar minigame akan berlangsung dengan sebuah kata penjelasan singkat dan bahkan beberapa lagi tidak ada penjelasan sama sekali, WarioWare Gold yang terbaru saat ini telah mencakup semua minigames yang pernah dirilis pada seri sebelumnya, dengan total ada lebih dari 300 minigames. Tidak hanya game yang cepat tetapi konsep dari minigames yang ada juga terkadang tidak masuk akan dan sangat gila, seperti lari dikejar dinding yang bergerak, memanggang daging dan sangat banyak minigames yang tidak dapat diprediksi menanti anda.

Meskipun konsepnya yang aneh ini tetapi WarioWare menjadi game yang sangat cocok untuk dimainkan saat berpergian, misalnya saat perjalanan dan terjebak macet di mobil atau juga berada di ruang tunggu.

Oh No !

Dari tampilan saja game ini sudah membuat orang merasa aneh, konsepnya adalah 3D Running Game, seperti game Pepsiman namun dengan nuansa yang berbeda, game ini juga menambahkan musik yang unik dan tentunya tampilan gambar karakter yang unik, dikatakan bila game ini merupakan game langka yang bahkan di Jepang sendiri tidak banyak orang yang mengetahuinya.

%d bloggers like this: