A password will be e-mailed to you.

DIY&Craft – Sosok Domo-Kun adalah sosok yang terkenal berasal dari dunia entertainment Jepang, Domo (ど ー ã‚‚ く ã‚“ Dōmo-kun) adalah maskot resmi NHK Jepang, muncul dalam beberapa sketsa interstisial stop-motion 30 detik yang ditunjukkan sebagai identifikasi stasiun radio selama pertunjukan.

Domo-kun pertama kali muncul dalam sketsa stop-motion pendek pada tanggal 22 Desember 1998 untuk menandai ulang tahun ke-10 penyiaran satelit radio NHK. Nama “Domo” diperoleh saat episode kedua acaranya, di mana seorang penyiar TV mengatakan “dōmo, konnichiwa”, yang merupakan sapaan yang bisa diterjemahkan sebagai “Well, hello there!”, Tapi yang juga bisa diartikan sebagai “Hello, Domo”, dan dengan demikian merupakan kata yang mudah digunakan (dajare). Akhiran kun yang digunakan “Domo-kun”, nama yang digunakan untuk menggambarkan karakter dalam versi Jepang, Penambahan kun juga merupakan panggilan kehormatan bagi orang jepang untuk laki-laki muda.

Kali ini Artforia akan berbagai informasi tentang cara membuat tas ransel berdesain Domo Kun yang tentunya sangat lucu dan unik.

Simak Juga : Cara Membuat Boneka Teru Teru Bozu Si Penangkal Hujan

Sebelum membuatnya anda tentu memerlukan beberapa barang-barang dasar seperti salah satunya anda harus menyiapkan sebuah kain yang cukup besar dan juga tebal.

  • – Pilihlah kain cokelat berbulu karena disesuaikan dengan tampilan Domo Kun yang berwarna cokelat.
  • – Lalu juga siapkan beberapa lembar kain warna merah, hitam, dan putih yang tidak terlalu besar karena hanya untuk membentuk muka dari Domo Kun ini.
  • – Jangan lupa jarum menjahit yang besar dan benang tebal atau bila anda memiliki mesin jahit akan lebih mudah.
  • – Lem kain
  • – Tali tas dari ransel tua bila anda memilikinya, bila tidak anda bisa mencarinya di toko.
  • – Ritsleting bisa dari tas bekas atau juga membelinya
  • – Gunting.
  • – Pola untuk wajah Domo-Kun. atau bisa ambil dari gambar contoh pada step ini dan cetaklah dengan ukuran 8×11 (setiap gambar memerlukan cetakan lembaran penuh).
  • – Karton, anda akan membutuhkannya saat membuat bagian wajah pada tas Domo Kun.

Tips Membeli Kain
Pada jaman sekarang, bahkan kain juga memiliki jenis yang ramah lingkungan. Sehingga pada saat ini hampir setiap kain dilengkapi dengan alternatif ramah lingkungan, menggunakan kain ramah lingkungan akan lebih baik dan kualitasnya tidak berbeda jauh dengan kain biasa.

Tahap Membuat

Membuat Tas Ransel Lucu Domo KunLetakkan pola Domo kun yang telah anda siapkan bersama-sama, telusuri, dan gunting wajah Domo-Kun. Pastikan untuk melebihkan potongan sekitar 5.5 inch dan juga pastikan untuk memotong lubang pada tengah-tengahnya sebagai tempat untuk mulut Domo Kun. Guntinglah beberapa wajah lagi dari pola yang telah dibuat, Wajah kedua yang dibuat ini akan digunakan sebagai pola belakang untuk tas anda. Terakhir, gunting yang sangat panjang strip lebar lima inci (atau berapapun tebalnya yang anda menginginkan untuk ransel Anda).

Membuat Tas Ransel Lucu Domo KunMembuat Tas Ransel Lucu Domo KunMembuat Tas Ransel Lucu Domo KunPotong dua set pola gigi dari Domo Kun. Setiap set harus memiliki empat gigi. Tinggalkan jejak panjang di ujungnya, seperti di foto. Atur gigi dan kain merah di bawah wajah, sehingga terlihat membuat sebuah lubang mulut dengan gigi-gigi tajam dari Domo Kun. Jahitlah ketiga bagian itu sehingga mulut Domo Kun akan menempel.
Potong kain hitam yang telah disediakan menjadi dua lingkaran kecil untuk membuat bagian mata dan kemudian menjahitnya. Jahit sekeliling wajah yang telah dibentuk oleh anda. Pastikan jahitan anda kuat! Karena ini merupakan tas ransel. Jahit bagian belakang pada pinggir-pinggir tas sepanjang 5 inci di sisi lain.

Membuat Tas Ransel Lucu Domo KunMembuat Tas Ransel Lucu Domo KunPasangkan ritsleting dimana yang anda inginkan untuk tas anda ini, dan ingatlah untuk memotong kain sepanjang risleting yang akan digunakan kemudian jahit lah ritsleting tersebut hingga kencang. Bolongkan bagian belakang tas untuk memasangkan tali pengikat. Jahit lah dengan benar tali pengikat agar tas anda aman ketika dibawa berpegerian.

Membuat Tas Ransel Lucu Domo KunMembuat Tas Ransel Lucu Domo KunGunakan pola domo-kun yang telah disiapkan sebelumnya untuk mengukur ukuran karton yang tepat untuk tas anda. Tempelkan pada bagian depan tas sehingga muka dari Domo Kun akan kencang tidak berantakan. Bila telah melewati semua tahap diatas maka tas Domo Kun anda telah berhasil dibuat. Sangat cocok digunakan ketika anda mengunjungi acara-acara budaya Jepang.

Membuat Tas Ransel Lucu Domo KunCredit to : Instructables

%d bloggers like this: