A password will be e-mailed to you.

DIY&Craft – Sebuah sendal kamar mandi adalah hal yang wajib dimiliki dalam kehidupan masyarakat Jepang, di Jepang sudah menjadi tradisi bila dalam setiap ruangan di rumah memiliki alas kakinya masing-masing, terutama pada ruang kamar mandi yang biasanya disediakan sendal khusus untuk memasuki ruangan tersebut. Akan dianggap jorok dan tidak sopan bila seseorang tidak menggunakan sandal kamar mandi atau pun keluar menggunakan sandal ini di Jepang. Selain dapat membelinya diberbagai tempat sendal ini juga dapat kita buat sendiri, Artforia akan berbagi cara dalam membuatnya dengan teknik-teknik yang simpel dan bahan yang tidak sulit didapatkan.

Membuat Sendal Kamar Mandi Dengan Handuk Dan Busa

image : AliExpress.com

Simak Juga : Membuat Aksesoris Gelang Unik Dari Kaleng Dan Potongan Kain

Bahan-bahan yang perlu disiapkan.

  • Handuk (texture yang lebih tipis lebih mudah untuk digunakan)
  • Kertas & Pulpen
  • Gunting
  • Bantalan Busa
  • Alat Jahit
Membuat Sendal Kamar Mandi Dengan Handuk Dan Busa

image : Pinterest.com

Cara dalam membuatnya.

Pilih Handuk

Pilihlah handuk yang lebih tipis karena akan lebih mudah untuk digunakan. Anda dapat menggunakan handuk putih, atau warna lain yang sesuai dengan selera anda.

Gambarkan Template Anda

Di selembar kertas, lacak garis luar kaki anda dengan mengitarinya dengan pulpen. Area di sekitar jari kaki harus lebih besar dan bundar. Tahap ini berguna untuk mengukur seberapa besar sendal yang akan dibuat nantinya. Pastikan untuk menghaluskan sisi kasar dari gambaran template anda, sehingga anda memiliki contoh bentuk kaki yang sempurna. Setelah selesai anda bisa mencocokannya dengan handuk yang telah anda siapkan.

Potong Desain Anda

Anda sekarang dapat memotong desain Anda. Pastikan untuk memotong satu inci dari desain sehingga anda memiliki cukup ruang untuk jahitan pada tahap berikutnya. Anda membutuhkan empat potong, dua untuk setiap kaki. Jika anda pandai menggunakan gunting, anda bisa memotong keduanya sekaligus, tetapi jika anda tidak pandai dalam menjahit maka potonglah satu demi satu untuk menghindari kesalahan. Anda juga akan membutuhkan dua potongan berbentuk oval untuk bagian atas sendal. Perhatikan ukuran dengan benar dalam proses pemotongan ini.

Potong Busa Padding

Selanjutnya setelah selesai memotong handuk anda dengan bantuan template, setelah itu pindahkan template yang sama ke selembar busa tipis. Pastikan bahwa busa anda tidak terlalu tebal karena akan menyulitkan proses pemotongan bila terlalu tebal. Pertama potong sesuai template untuk kedua kaki. Pastikan ukuran potongan busa ini lebih kecil sedikit dari potongan handuk, kira-kira lebih kecil 0,5 cm.

Menjahit!

Setelah semuanya disiapkan langkah selanjutnya merupakan langkah tersulit dimana anda harus menggabungkan kedua komponen busa dan handuk dengan cara menjahitnya, lipat sisi-sisi yang berlebih dari potongan handuk dengan rapi dan masukkan potongan busa di antaranya. Pastikan Anda memiliki kombinasi yang tepat untuk masing-masing kaki. Juga, ingat untuk memasukkan bagian atas sendal atau nantinya sandal tidak akan dapat menahan kaki anda. Jahit pada sekitar pinggiran hingga semua busa tertutup dengan rapih oleh handuk, kira-kira dengan jarak 0.5cm.

Ulangi

Ulangi langkah menjahit untuk bagian sendal yang lain.

Source : diy-guides

%d bloggers like this: