Kuliner Jepang – Macaron merupakan sebuah makanan yang berasal dari Prancis, namun di Jepang anda akan menemukannya dengan berbagai rasa yang unik. Salah satunya adalah Macaron Sakura, yang berwarna merah muda (pink) dan tentunya memiliki rasa yang unik dan lezat. Untuk membuat makanan manis ini sebenarnya tidaklah sulit bila anda memiliki bahan-bahan dan alat yang tepat, berikut ini Artforia akan berbagi cara membuat Macaron Sakura dari Bento Monster.

Membuat Macaron Sakura Yang Unik Dan Lezat

Simak Juga : Promosi Menarik Es Krim Haagen Dazs Saat Musim Panas Jepang

Bahan-bahan yang diperlukan
  • 80g almond bubuk
  • 160g gula bubuk
  • 60g putih telur, terpisah selama 24 jam sebelumnya
  • Bunga sakura kering
  • pewarna gel makanan merah muda
  • 1 cangkir whipping cream
  • 1 sdt gula bubuk
  • 1 sdm selai sakura
  • 1 sdt jus lemon
  • 1 sdt kulit lemon
Membuat Macaron Sakura Yang Unik Dan LezatCara dalam membuatnya

Rendam bunga sakura selama sekitar 2 jam. Keringkan mereka di atas tisu dan sisihkan.

Saring 80g gula bubuk bersama dengan almond bubuk dua kali. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan pengolah makanan untuk mengolahnya hingga halus sebelum mengayak sekali. Setelah proses ini selesai sisihkan terlebih dahulu untuk membuat yang lainnya.

Membuat Macaron Sakura Yang Unik Dan LezatKocok putih telur pada kecepatan rendah atau sedang hingga berbusa, saring 80g gula bubuk dalam 3 batch, ubah ke kecepatan tinggi dan kocok sampai bagian atasnya bertexture lembut. Tambahkan beberapa pewarna merah muda dengan menggunakan tusuk gigi, kocok lagi dengan kecepatan sedang sampai warnanya tercampur dengan baik. Anda dapat menaikkan kecepatan dan terus mengocok hingga texturennya menjadi kaku (jika anda lebih suka macaron dengan texture yang lebih tebal).

Tambahkan campuran gula bubuk dan almond yang sebelumnya telah anda buat pada langkah ke 2 ke dalam campuran putih telur, aduk-aduk dengan baik untuk menggabungkan.

Membuat Macaron Sakura Yang Unik Dan LezatLangkah berikutnya adalah tinggal memasukan adonan ini kedalam alat pencetak. Buat lingkaran kecil di atas loyang. Gunakan tusuk gigi untuk membuat lubang udara dalam adonan tersebut. Keringkan macarons yang telah dicetak ini selama 30 menit dalam suhu ruangan.

Setelah 30 menit, dengan lembut tempatkan bunga sakura kering di atas macaron. Jangan menekan bunga ke macaron, karena ini akan menyebabkan adonan retak dan tenggelam setelah dipanggang.

Membuat Macaron Sakura Yang Unik Dan LezatMembuat Macaron Sakura Yang Unik Dan LezatPanaskan oven hingga 150 derajat celcius. Panggang macaron di rak tengah oven selama sekitar 12-15 menit. Namun ketika kaki macaron dalam adonan muncul (mereka seharusnya sudah muncul setelah 5 menit dipanggang), pindahkan loyang macaron pada rak bagian atas dan teruslah memanggang hingga 12-15 menit. Proses pemindahan ini untuk mencegah bagian atas macaron terlalu cokelat karena suhu panas. Saat proses pemanggangan selesai, jangan keluarkan macaron dari oven, biarkan hingga dingin beberapa saat sebelum dikeluarkan.

Sambil menunggu itu anda harus membuat krim pengisinya, parut bagian kuning dari kulit lemon untuk mendapatkan lemon zest.

Campurkan Whip cream dengan 1 sdt gula sampai lembut. Tambahkan lemon zest, jus lemon, selai sakura, dan terus kocok sampai texturenya kaku. Jangan terlalu lama mengocoknya karena krim anda akan terlalu kental.

Langkah terakhir adalah tinggal mengisi krim ini pada bagian tengah macaron.

Source : Bentomonster

%d bloggers like this: