A password will be e-mailed to you.

Kuliner Jepang – Masyarakat Jepang juga mengenal makanan olahan seperti acar, namun yang unik orang Jepang memiliki acar Jahet yang disebut Gari atau Amazu shoga dalam bahasa Jepang. Olahan ini biasanya disajikan dengan hidangan sushi atau sashimi. Dipercaya dapat membantu seseorang untuk membersihkan lidah dan meningkatkan rasa dari sebuah makanan. Olahan ini juga dikatakan cocok dengan hidangan Century Eggs atau kita sering menyebutnya Telur Bitan (makanan khas Tionghoa yang dibuat dari telur ayam atau itik yang diawetkan di dalam campuran lempung). Anda biasanya akan menempukan hidangan ini berwarna merah muda atau putih di sebagian besar pasar Asia. Berikut ini adalah cara dalam membuat acar jahe Jepang.

Membuat Acar Jahet Jepang Yang Disebut Gari

image : whats4eats.com

Simak Juga : Membuat Snack Simpel Onigiri Isi Tuna
Bahan-bahan yang diperlukan
  • 8 ons jahe segar muda, dikupas
  • 1 1/2 sendok teh garam laut
  • 1 cangkir cuka beras
  • 1/3 cangkir gula putih
Membuat Acar Jahet Jepang Yang Disebut Gari

image : youtube.com

Cara dalam membuatnya
  1. Potong jahe menjadi beberapa potongan kecil dan letakkan di mangkuk. Taburi dengan garam laut, aduk hingga rata dan diamkan selama sekitar 30 menit. Pindahkan jahe ke sebuah toples yang bersih.
  2. Dalam panci, aduk secara bersamaan yaitu cuka beras dan gula sampai gula larut. Kemudian didihkan, lalu tuangkan cairan mendidih tersebut di atas potongan-potongan akar jahe yang anda taruh di dalam toples.
  3. Biarkan campuran menjadi dingin, lalu baru tutup toples dan simpan dalam kulkas setidaknya selama satu minggu. Anda akan melihat bahwa cairan akan berubah menjadi sedikit merah muda dalam beberapa menit. Jangan khawatir karena reaksi cuka beras yang menyebabkan perubahan warna ini. Perlu anda perhatikan karena hanya cuka beras yang berkualitas yang bisa melakukan secara sempurna. Beberapa acar jahet instan kebanyakan menggunakan pewarna merah makanan sehingga tidak alami. Setelah acar jadi potong jahet menjadi tipis untuk disajikan.

Source : Allrecipes

%d bloggers like this: