Belajar Bahasa Jepang – Belajar bahasa Jepang memang tidak mudah, bahkan banyak yang mengatakan bila bahasa Jepang lebih sulit untuk dimengerti atau dihafal daripada bahasa Mandarin, terutama memahami huruf Kanji yang merupakan salah satu dari empat aksara tradisional yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain huruf Kana dan Romaji. Memang kita tidak harus mengerti Kanji untuk dapat berbahasa Jepang secara lancar, dan cukup banyak para pelajar bahasa Jepang yang juga tidak memilih untuk belajar Kanji. Tetapi sebenarnya terdapat beberapa alasan mengapa anda harus memahami Kanji.

Memahami Dan Mempelajari Huruf Kanji Memang Cukup Sulit, Tetapi Dengan Metode Ini Kamu Bisa Mempermudahnya !

image : Aniguage

Pertama, anda mungkin tidak akan merasa kesulitan untuk berbicara bahasa Jepang namun akan menemukan beberapa kendala ketika membaca sebuah kalimat Jepang, hal ini dikarenakan beberapa kalimat terutama di negara Jepang menggunakan huruf Kanji tentu yang memiliki cara membaca dan juga arti yang berbeda. Seperti misalnya bahasa Spanyol dan Jerman yang menggunakan alfabet yang sama dengan bahasa Inggris, sehingga anda harus dapat membedakannya.

Simak Juga : Belajar Bahasa Jepang Itu Mudah Loh, Kalian Bisa Gunakan 5 Aplikasi Kamus Jepang Ini Dengan Efektif

Memahami Dan Mempelajari Huruf Kanji Memang Cukup Sulit, Tetapi Dengan Metode Ini Kamu Bisa Mempermudahnya !

image : japanese-hobby

Kedua, belajar Kanji akan membantu anda lebih memahami kosa kata baru dalam bahasa Jepang. Ketika anda belajar kata-kata baru, anda bisa menebak artinya jika anda tahu huruf Kanji. Perlu kamu ketahui bila Kanji mirip dengan kata imbuhan yang kita miliki dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Misalnya sebagai contoh dalam bahasa Inggris, jika anda melihat kata yang dimulai dengan “re-“, anda akan tahu itu berarti “lagi.” Sedangkan kata yang dimulai dengan “un-” berarti “tidak” dan kata yang diakhiri dengan “-able” berarti “bisa.” Seperti imbuhan ini dalam Kanji juga terdapat makna tersendiri.

Ketiga, jika anda memang memiliki rencana untuk tinggal di Jepang maka belajar Kanji akan lebih dari sekedar keterampilan berbahasa saja. Ini juga menjadi keterampilan untuk anda bertahan hidup disana, anda akan membutuhkannya untuk menemukan sebuah alamat, tentunya anda akan terkejut dengan sedikitnya tanda-tanda bantuan dalam bahasa Inggris, terutama jika anda mengunjungi kota-kota kecil di Jepang.

6 Tips Dalam Belajar Kanji

Memahami Dan Mempelajari Huruf Kanji Memang Cukup Sulit, Tetapi Dengan Metode Ini Kamu Bisa Mempermudahnya !

image : whichschooladvisor

Memang tidak ada cara mudah untuk mempelajari huruf ini, tetapi ada beberapa cara yang dapat membuat anda lebih efisien dan mungkin sedikit mempermudah, karena mempelajari Kanji seperti belajar kebiasaan sehari-hari. Sehingga mengulang terus menerus setiap haris meski hanya dalam jangka waktu 15 menit, itu sudah sangat efektif untuk menghafal dan mengerti beberapa huruf Kanji.

Pelajari Huruf Radikal

Sebuah kalimat Kanji terdiri dari bagian-bagian kecil yang disebut huruf radikal. Jika anda telah mengenal dengan huruf radikal-radikal ini, maka akan jauh lebih mudah untuk membedakan karakter yang sama dalam kalimat Kanji. Terkadang anda juga bisa menebak pengucapannya.

Dengan Gambar

Beberapa orang cukup banyak mengatakan merasa lebih mudah untuk mengingat karakter-karakter Kanji dengan sebuah bantuan gambar. Misalnya, huruf untuk “Orang” akan terlihat seperti seseorang, kemudian huruf untuk tulisan “berhenti” akan terlihat seperti seseorang yang mengulurkan tangan di depan mereka. Menghafal karakter-karakter huruf dengan mengimajinasikan memang dipercaya dapat lebih cepat di hafal. Salah satu buku paling terkenal tentang panduan ini adalah “Remember the Kanji” karya James Heisig. Atau anda juga bisa melihat buku panduan “Kanji Pick-O-Graphix” karya Michael Rowley.

Gunakan Kamus Besar Dan Sumber Online

Tentu dalam mempelajari sebuah bahasa asing, buku kamus adalah teman dekat setiap orang. Setiap kali anda mempelajari huruf atau karakter Kanji baru, maka lihat kamus anda dan temukan kata-kata yang digunakannya. Ini akan membantu anda mengerti lebih dalam untuk huruf atau kata tersebut digunakan dalam kondisi tertentu.

Lupakan Aturan

Para pelajar Jepang belajar Kanji dengan sebuah urutan tertentu, jadi ada beberapa rangkaian huruf Kanji untuk setiap tingkat kelas di Jepang. Tentu terdapat alasan mengapa sistem pendidikan Jepang mengajarkan Kanji dalam urutan seperti itu, tetapi metode ini tidak berguna bagi anda, karena aktivitas yang anda lakukan akan sangat berbeda dari para pelajar Jepang, sehingga mulailah dari kondisi anda biasanya dan ikuti rutinitas anda.

Baca Sesuatu Yang Menarik

Ketika anda mempelajari sesuatu yang menyenangkan dan menarik, tentunya akan memberikan anda motiviasi lebih sehingga dapat mendorong anda untuk menangkap atau memahaminya lebih cepat. Pilihlah bahan belajar yang menarik minat anda, seperti misalnya membaca majalah, komik atau buku yang mengandung Kanji, atau bahkan anda juga dapat menonton film kartun atau film biasa untuk melihat subtitle Kanji yang tersedia.

Bantuan Dari Profesional Atau Orang Jepang

Teman belajar yang baik memang selalu datang dari orang yang berpengalaman atau orang yang mengerti betul dengan apa yang kita pelajari, oleh karena itu jika anda memiliki seorang teman Jepang ataupun orang yang profesional dalam bidang Kanji maka sangat disarankan untuk sering bertanya dan mengecheck apakah penulisan kata-kata Kanji anda sudah benar atau belum. Ada banyak seluk-beluk dalam cara menulis Kanji oleh karena itu anda akan mendapatkan informasi berharga jika bertanya langsung kepada orang yang ahli.

Itulah beberapa tips dan panduan yang dapat Artforia berikan, semoga dapat membantu proses anda dalam mempelajari huruf-huruf Kanji, Ganbatte Kudasai ! 頑張って ください!.

%d bloggers like this: