Tradisi Budaya Jepang – Unik dan aneh seperti tidak ada habis-habisnya dalam kehidupan maupun budaya yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, tidak hanya soal teknologi dan juga kebudayaan saja yang membuat Jepang menjadi negara yang unik tetapi juga karena kebiasaan-kebiasaan yang unik dari para masyarakatnya. Berikut ini adalah 5 kebiasaan unik atau aneh yang sering dilakukan oleh masyarakat Jepang.

5 Kebiasaan Unik Dan Aneh Yang Dilakukan Masyarakat Jepang

image : instagram.com/geraldflf

Simak Juga : 5 Alasan Mengapa Jepang Dianggap Negara Yang Unik Dan Aneh


Barang Yang Hilang

5 Kebiasaan Unik Dan Aneh Yang Dilakukan Masyarakat Jepang

image : diveintojapan.com

Jika Anda kehilangan sesuatu barang di Jepang, maka kemungkinan besar anda akan menemukannya di Koban, sebutan untuk kotak Polisi setempat di Jepang. Koban ini dapat anda temukan di sekitar lingkungan. Ada banyak cerita dari teman-teman yang menjatuhkan dompet mereka atau meninggalkan ponsel mereka di mesin ATM dan menemukannya di sana bahkan setelah beberapa jam.

Aturan barang hilang dan menemukan barang di Jepang sebenarnya sangat sederhana, Anda hanya perlu melaporkan kejadian itu ke Koban dan memberikan nama, rincian kontak, dan alamat kepada pihak kepolisian setempat. Jika dalam enam bulan barang yang anda temukan tersebut belum diklaim oleh pemiliknya, maka barang tersebut menjadi milik Anda.

Jabatan Seseorang Sangat Penting

5 Kebiasaan Unik Dan Aneh Yang Dilakukan Masyarakat Jepang

image : deepjapan.org

Meski Jepang telah lama ikut menerapkan sistem demokrasi pada negaranya, tetapi sebuah kebiasaan dalam menilai seseorang dari jabatan atau pangkatnya memang masih sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakatnya, terutama dalam lingkungan pekerjaan dimana para junior atau bawahan akan sering menuangkan minuman terlebih dahulu kepada atasan mereka ketika pergi minum atau makan bersama, begitu juga dengan kedudukan atau pangkat lainnya dalam sebuah organisasi di Jepang.

Menjunjung Tinggi Ketertiban

5 Kebiasaan Unik Dan Aneh Yang Dilakukan Masyarakat Jepang

image : businessinsider.sg

Masyarakat Jepang seperti terlahir untuk berbaris, tentu saja itu hanya sebuah anggapan karena di Jepang sebuah peraturan yang dibuat sangat jarang dilanggar oleh masyarakatnya, bahkan pada tempat seperti bar atau klub malam yang tidak formal sekalipun anda akan sering melihat para pembeli minuman berbaris untuk mendapatkan giliran mereka. Tentu menjadi pemandangan yang tidak biasa dan unik bagi masyarakat negara lain.

Sepeda Yang Berlisensi

5 Kebiasaan Unik Dan Aneh Yang Dilakukan Masyarakat Jepang

image : japantimes.co.jp

Dikota besar dengan jalur lalu lintas yang padat memang membuat seseorang malas untuk menaiki kendaraan roda empat ataupun sejenisnya, oleh karena itu penggunaan sepeda juga sangat populer di Jepang, tetapi jangan anda harapkan untuk mudah menggunakan sepeda di kota-kota besar Jepang. Karena sebuah sepeda di Jepang tetap harus memiliki surat ijin memiliki yang resmi atas nama penggunanya, anda bisa saja meminjam sepeda dari tempat peminjaman tetapi pastikan untuk selalu membawa surat-surat salinan lisensi sepeda tersebut bila tidak anda akan berurusan dengan kepolisian Jepang.

Sangat Banyak Toilet Umum

5 Kebiasaan Unik Dan Aneh Yang Dilakukan Masyarakat Jepang

image : CNN.com

Anda mungkin pernah mengalami ketika berpergian atau jalan-jalan dan tiba-tiba ingin menggunakan toilet secara mendadak, hal ini biasanya menjadi masalah besar di berbagai negara karena minimnya fasilitas toilet umum atau biasanya akan pergi ke mini market untuk membeli salah satu produknya dan meminjam toiletnya. Tetapi di Jepang hal tersebut tidak akan anda alami, karena fasilitas toilet umum di negeri sakura ini bisa dibilang sangat banyak dan meski begitu anda juga bisa menumpang toilet di restoran atau bar tanpa dikenakan biaya.

Yang lebih unik di Jepang yaitu tidak adanya peraturan hukum yang melarang seseorang untuk kencing di depan umum, sehingga bila anda memang benar-benar sudah tidak tahan untuk buang air kecil dan toilet masih cukup jauh atau lokasinya sedang berada di sekitar alam terbuka maka anda bisa saja menggunakan tempat-tempat tertutup untuk melakukannya, asalkan anda berhati-hati dan melihat lokasi yang tepat untuk melakukannya. Memang terdengar cukup aneh tetapi setidaknya anda mengetahui bila di Jepang tidak ada hukuman resmi bila anda kencing di tempat umum.

%d bloggers like this: