DIY&Craft – Kesenian kertas lipat Jepang atau disebut Origami nampaknya tidak hanya bisa dijadikan sebuah lipatan dengan bentuk yang unik, namun juga bisa menjadi sebuah mainan seru berupa sebuah puzzle yang dapat dibuat dengan mudah. Artforia akan memberikan panduan cara membuat puzzle kertas lipat Jepang dibawah ini.

Alat yang dipersiapkan dalam membuatnya.

  • Sepotong kertas kontruksi yang tebal dan besar
  • Gunting
  • Lem atau selotip
  • 6 macam kertas origami atau bisa juga kertas lainnya yang memiliki berbagai macam motif atau warna
  • Alat pengukur meter

Simak Juga : Membuat Pedang Samurai Dengan Lipatan Kertas

Cara dalam membuatnya.

Mari Membuat Puzzle Kertas Lipat Jepang1. Potong 7×7 inci dari kertas konstruksi. Selanjutnya lipat persegi menjadi dua dan gunting bagian tengahnya 4×4 inci persegi.

Mari Membuat Puzzle Kertas Lipat Jepang2. Anda akan membuat 12 kotak dengan berukuran 2×2 inch untuk ditempelkan pada setiap sisi kertas kontruksi yang telah dipotong tersebut. Lipat kertas sehingga masing-masing membentuk 2×2 persegi, memiliki 2 lipatan dan setiap lipatan dilipat ke depan dan ke belakang.

Mari Membuat Puzzle Kertas Lipat Jepang3. Potong menjadi 4 kotak kecil pada kertas lipat dengan motif yang berbeda-beda tersebut, lalu tempelkan di tempat yang ditunjukkan pada gambar. Lakukan hal yang sama dengan desain selanjutnya. Perhatikan bahwa letak setiap kotak-kotak kecil tersebut harus acak.

Mari Membuat Puzzle Kertas Lipat Jepang4. Setelah mengerjakan semua tahap diatas saatnya mencoba bermain dengan hasil karya anda, cara bermainnya mudah anda hanya perlu mendapatkan keempat kotak yang sama dengan melipat kertas kontruksi yang telah ditempeli oleh beberapa motif kertas lipat menjadi kotak kecil.

Source : Instructables

%d bloggers like this: