0

Wisata Kuliner JepangWagashi (和 菓子) merupakan permen tradisional Jepang yang biasanya disajikan bersama dengan secangkir teh hijau, dengan rasanya yang manis menjadi pembias rasa pahit dari sepat teh, Wagashi yang dibuat dalam berbagai bentuk menarik dan dengan beragam bahan dan metode persiapan.

japantrips.co
Simak Juga : Pembuat Permen Tradisional Jepang “Wagashi” Yang Berusia 100 Tahun Ini, Menciptakan Permen Bertema Pandemi

Anko yang merupakan pasta kacang azuki manis terbuat dari bahan utama banyak permen Jepang, Kacang Azuki yang direbus setelah itu di maniskan dengan gula dan diihaluskan untuk membuat anko halus (Koshian) atau juga chunky anko (Tsubuan), bahan-bahan umumnya untuk membuat wagashi adalah kue beras (Mochi), tepung beras, agar Jepang (Kanten), pasta wijen dan chestnut.

Untuk menikmati Wagashi bisa dimana saja, di kafe, restoran, kuil, dan taman tertentu di mana teh hijau disajikan. Kamu juga bisa memperolehnya di toko-toko khusus makanan manis Jepang, department store, supermarket, dan masih banyak lagi.

Kota Kyoto juga memiliki banyak sekali toko permen yang terkenal, sedangkan di jalan perbelanjaan Nakamise di Asakusa juga menjadi surganya untuk kamu pecinta makanan manis mencicipi manisan tradisional Jepang di Tokyo.

Berikut ini beberapa jenis Wagashi Khas Jepang yang paling umum dan sering kamu temukan di mana saja khususnya di berbagai tempat wisata Jepang.

web-japan.org

1. Monaka (最 中)

Monaka yang merupakan manisan khas Jepang ini terdiri dari kulit wafer yang diisi dengan pasta kacang manis, kulit wafer yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dari kulit bundar sederhana, hingga menjadinya lebih rumit. Variasi modern populer dari monaka diisi dengan isian es krim, kulit wafer yang bisa menjadi basi ketika terkena udara dan harus dimakan sesegera mungkin.

blog.gaijinpot.com

2. Yokan (羊羹)

Yokan merupakan cemilan manis yang keras terlihat seperti jelly yang terbuat dari gula dan kanten agar. biasanya Yokan muncul dengan berbagai rasa seperi kacang azuki, teh hijau atau gula hitam.

Untuk satu porsi dari Yokan biasanya seukuran bungkus kecil yang dibungkus seperti permen karet, untuk yang ukuran lebih besar harus diiris sebelum disajikan, Yokan juga tidak memerlukan pendinginan dan memiliki jangka waktu simpan yang tergolong lama.

commons.wikimedia.org

3. Oshiruko / Zenzai (お し る こ / ぜ ん ざ い)

Oshiruko adalah sejenis sup makanan penutup yang terdiri dari sup kacang manis panas dengan kue beras panggang (mochi) atau kue tepung beras. Sup kacang merah mungkin halus atau chunky. Hidangan serupa adalah zenzai yang datang dengan sup yang lebih kental.

youtube.com

4. Anmitsu (あ ん み つ)

Anmitsu merupakan makanan penutup khas Jepang yang terdiri dari pasta kacang manis, kue tepung beras, buah-buahan dan kanten agar kental, serta ditambah dengan sirup manis gula merah (kuromitsu), dan bisa kamu tambahkan topping satu sendok es krim, yang dalam hal ini disebut sebagai “krim anmitsu”.

 

pinterest

5. Manju (饅頭)

Manju merupakan roti kecil yang dikukus atau dipanggang dan diisi dengan pasta kacang manis atau beberapa isian manis lainnya, roti ini memiliki bentuk yang bulat dengan lapisan luar yang sangat halus, akan tetapi ada yang versi panggang dalam berbagai bentuk juga populer, seperti versi yang dipanggang termasuk momiji-manju dari Hiroshima.

es.favy-jp.com

6. Taiyaki (た い 焼 き)

Taiyaki yang merupakan makanan ringan yang berbentuk ikan terbuat dari adonan mirip seperti adonan pancake dan diisi dengan pasta kacang manis ada juga tambahan menggunakan bahan modern seperti krim custard, cokelat, atau juga keju. Taiyaki paling pas dimakan ketika panas, baru diangkat dari panggangan karena adonannya masih renyah.

wikiwand.com

7. Dorayaki (ど ら 焼 き)

Dorayaki yang memiliki bahan dasar dari pasta kacang manis yang diapit diantara dua roti seperti kue dadar. Yang dikenal juga sebagai makanan manis khas Jepang favoritnya Doraemon. karakter anime yang populer. Variasi dorayaki modern dapat diisi dengan tambahan lainnya, seperti krim kocok, krim custard dan krim rasa teh hijau.

japanesecooking101.com

8. Dango (だ ん ご)

Dango yang lebih mirip seperti pangsit, akan tetapi di kukus dengan bentuk kenyal dan kecil yang terbuat dari tepung beras, mereka biasanya di sajikan dalam tiga atau empat tusuk sate dan diberikan saus tambahan yang manis atau juga bisa dengan saus pasta kacang, Pangsit juga ditambahkan ke makanan penutup lainnya seperti anmitsu dan oshiruko, Dango ini baiknya kamu segera makan selagi segar.

silverchopstix.com

9. Daifuku (大 福)

Daifuku terbuat dari kue beras lunak (mochi) yang dibungkus disekitar putaran kecil pasta kacang halus atau manis atau ada juga tambahan lainnya. Mereka ditutupi dengan sedikit tepung pati kentang untuk membuatnya saling menempel. Variasi daifuku populer termasuk stroberi (ichigo), kacang (mame) dan es krim. Daifuku harus dimakan dengan cepat karena menjadi keras jika dibiarkan terbuka.

loveartlab.me

10. Namagashi (生 菓子)

Namagashi merupakan permen mentah yang menjadi permen tradisional Jepang yang sering dikaitkan dengan wagashi, dibuat dari bahan dasar tepung beras dan isian pasta kacang manis dan lembut. Dibentuknya menggunakan tangan untuk mencerminkan musim, Namagashi disajikan saat upacara minum teh.

 

sumber : japantrips.co


 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

0
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: