Berita Travel Jepang – Jika Anda ke Jepang dan sedang berada di Kyoto, sempatkanlah unuk mengunjungi Fushimi Inari-taisha, sebuah kuil yang sangat terkenal di kota ini. Fushimi Inari merupakan kuil utama dari sekitar 40.000 kuil Inari yang tersebar di seluruh wilayah Jepang. Kompleks kuil yang menakjubkan ini didedikasikan oleh keluarga Hata pada abad ke-8 untuk memuliakan Inari (稲荷) atau Dewa Padi, sehingga kuil ini dipercaya akan memberi berkah bagi panen produk pertanian, kesuksesan dalam bisnis, dan keselamatan dalam bidang transportasi.

Baca Juga : Nikmati Suasana Tradisional Kota Tokyo Dalam Distrik Higashiyama

Bagi masyarakat Jepang, Oinarisan (kuil tempat memuja Inari) adalah tempat untuk berdoa dan memohon untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Oinarisan seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Jepang.

Aula utama kuil Fushimi Inari telah ditetapkan oleh Pemerintah Jepang sebagai warisan budaya. Kuil utama yang ada sekarang dibangun tahun 1499 sebagai hasil rekonstuksi bangunan lama yang terbakar habis saat Perang nin yang terjadi antara tahun 1467 hingga 1477. Meskipun aula utama adalah bagian inti dari Fushimi Inari Taisha, namun bagian yang dianggap paling ikonik dari kuil ini sendiri adalah jalur pendakian Gunung Inari (tempat dimana kuil utama berada) yang terdiri dari 10,000 torii atau gerbang.

Konon, sejak abad ke-17 pengikut Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii. Tradisi membangun torii masih dilakukan hingga saat ini, namun saat ini siapapun bisa turut memberikan donasi untuk pembangunannya. Donasi diberikan pada umumnya oleh perusahaan atau organisasi sebagai bentuk terima kasih atas kemakmuran dan kesejahteraan yang didapatkan, serta sebagai bentuk harapan akan datangnya nasib baik di masa yang akan datang.

Bila anda mengunjungi Kuil Fushimi Inari, anda akan melihat banyak patung rubah atau Kitsune yang tersebar di seluruh penjuru kuil. Menurut legenda, rubah-rubah inilah yang dipercaya sebagai pembawa pesan Inari. Satu lagi hal yang wajib anda lakukan ketika berkunjung ke Fushimi Inari adalah menulis Ema. Ema adalah sejenis papan kayu kecil yang dibuat khusus untuk menuliskan permohonan dan dipercaya oleh penganut Shinto sebagai salah satu cara untuk menyampaikan pesan ke para Dewa.

Setelah ditulis, Ema akan digantung di tempat khusus yang berada di kuil. Ada dua jenis bentuk Ema yang terdapat di Fushimi Inari, yaitu yang berbentuk torii dan wajah rubah. Akses menuju Fushimi Inari Taisha cukup mudah, yaitu hanya 5 menit dari Stasiun JR Kyoto melalui JR Nara Line. Stasiun JR Inari terletak di pemberhentian kedua setelah JR Kyoto, dengan biaya 140 Yen sekali jalan. Untuk memasuki kuil legendaris ini anda tidak dipungut biaya apapun alias gratis!

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Aziz Hakim S

Awalnya tidak mengenal tentang Jepang, karena kebudayaan yang unik, saya jadi mencintainya.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: