Seni Budaya Jepang – Kuil Daikokuji adalah sebuah kuil yang terletak di daerah Sasayama tepatnya area Tanba Shoso, untuk lokasi Tanba sendiri ada di wilayah Hyogo Prefecture dimana Sasayama terletak. Menurut catatan sejarah kuil Daikokuji dibangun oleh pendeta antara tahun 645 dan 650 pada periode masa Asuka digunakan untuk berdoa kedamaian serta keamanan daerah.

Simak Juga : Izu Oshima Pulaunya Sadako Yamamura Jepang

Menurut catatan sejarah aula utama kuil ini telah dibuat pada 700 tahun lalu, dilihat dari desainnya arsitekturnya adalah campuran Jepang dan China. Didalam kuilnya terdapat 5 patung buddha yang cukup terkenal, dengan adanya patung buddha ini tentu kuil ini adalah kuil buddha dan pemerintah Jepang telah menetapkan kuil ini memang sebagai budaya penting yang harus dirawat.

artforia.comartforia.com

artforia.com

Yang membuat kuil ini menarik bukan hanya soal sejarahnya tetapi kuil ini selain terkenal menjadi tempat tujuan para turis-turis yang ingin melihat upacara doa tradisional juga menjadi tempat favorit bagi para cosplayer untuk melakukan pengambilan photo dan semacamnya, pihak penjaga kuil yang juga sebagai kepala pendeta yang bernama Yuen Sakai memang telah lama menginjinkan para cosplayer-cosplayer untuk mengambil photo disekitar kuil yaitu mulai pada tahun 2010, meskipun awalnya Yuen Sakai mengaku cukup bingung apa maksud dari orang-orang cosplayer tersebut tetapi kemudian dia mulai mengerti  dan memang membuat kuil ini semakin lebih dikenal dengan adanya photo-photo dari aktivitas cosplay tersebut.

Bila anda berkunjung kesini terkadang anda akan menemukan beberapa cosplayer yang sedang melakukan pengambilan photo yang biasanya adalah cosplay-cosplay berkonsep jaman dulu seperti tokoh-tokoh historik Jepang Hijikata Toshizo dan Okita Soji  yang ada pada game Samurai Warior.

artforia.comartforia.comSudah tercatat lebih dari 700 cosplayer pernah mengambil photo pada kuil ini yang menurutnya konsep dari kuil ini memang sangat cocok sekali untuk beberapa cosplay seperti salah satunya tokoh yang kita sebut diatas, menurut salah satu professor ternama Jepang yaitu Shinya Hashizume mengatakan ini adalah contoh yang luar biasa dimana kulture tradisional bisa berdampingan dengan kulture modern yang tentunya memberikan untung satu sama lain.

Karena untuk kestabilan serta biaya perawatan kuil untuk memasuki kuil ini memang dibutuhkan tiket masuk yaitu sekitar 800 yen untuk orang tua dan remaja dan 250 yen untuk anak-anak sekolah dasar, serta untuk izin melakukan cosplay dikenakan biaya sekitar 1500 yen untuk siang hari, 2000 yen untuk malam hari dan 3000 yen untuk sepanjang hari. Bagaimana apakah ada sobat Artforia yang suka cosplay untuk berencana mengambil pemotretan photo disini?, dibutuhkan sekitar 70 menit untuk berkendara ke kuil dari Osaka. Anda juga bisa sampai di kuil dengan kendaraan umum yaitu dengan kereta JR Express Konotori ke Stasiun Sasayamaguchi, yang memakan waktu sekitar 50 menit, dan kemudian naik taksi selama 10 menit lagi.

artforia.comartforia.comartforia.comartforia.com

%d bloggers like this: