Cerita Mitos Jepang – Susuhiko Hime merupakan salah satu jenis Tsukumogami yang memiliki wujud Kagurasuzu, sebuah lonceng yang digunakan dalam ritual Shinto. Tsukumogami sendiri merupakan sebutan untuk salah satu jenis Yokai atau hantu Jepang yang berwujud benda. Wujud Susuhiko Hime terlihat seperti seorang wanita muda yang menggunakan sebuah jubah atau gaun seorang putri atau gadis kuil, dan juga memiliki lonceng besar di kepalanya.

Kisah Mitos Suzuhiko Hime, Salah Satu Yokai Berjenis Tsukumogami

image : yokai..com

Simak Juga : TAHUKAH ANDA TENTANG 4 HEWAN LEGENDARIS PENJAGA ARAH DALAM MITOLOGI JEPANG ?

Menurut cerita-cerita rakyat mengenai Suzuhiko Hime, mereka tidak membahayakan manusia, ketika mereka muncul mereka hanya melakukan ritual menari dengan gerakan unik seperti sebuah tarian yang digunakan dalam ritual-ritual suci. Cerita mitos Susuhiko Hime berasal dari penggunaan lonceng yang telah digunakan sejak zaman kuno di Jepang dalam kepercayaan agama Shinto. Dalam ritual Shinto, sebuah lonceng dipercaya dapat menenangkan jiwa manusia dan mengusir roh jahat dan yang paling penting mereka dipercaya dapat menarik perhatian para dewa dan juga sebagai alat pemanggil para dewa.

Kisah Mitos Suzuhiko Hime, Salah Satu Yokai Berjenis Tsukumogami

image : deviantart.com/shotakotake

Dalam kisah-kisah mitosnya mengatakan bila sosok Suzuhiko Hime lahir dari alat-alat lonceng tua yang tidak lagi berfungsi atau digunakan, benda tersebut memiliki keinginan untuk digunakan kembali sehingga berubah menjadi salah satu jenis Yokai. Sosok mitos Suzuhiko Hime merupakan ciptaan Toriyama Sekien yang merupakan seorang seniman kuno abad ke-18. Sekien mendeskripsikan Suzuhiko Hime seperti di dalam kisah mitologi Jepang.

%d bloggers like this: