Cerita Horror Jepang – Obake (お 化 け) dan Bakemono (化 け 物) merupakan sejenis mahkluk Yōkai. Yokai sendiri dipercaya merupakan sosok supernatural atau gaib dalam cerita rakyat Jepang. Secara harfiah, istilah tersebut memiliki arti yaitu sesuatu yang berubah, mengacu pada keadaan transformasi atau perubahan bentuk.

Kisah Mitos Obake Dan Bakemono Yang Terkenal Dikalangan MasyarakatObake merupakan istilah umum dalam bahasa Jepang untuk setiap makhluk yang bisa berubah bentuk menjadi manusia. Mitologi Jepang biasanya memang dekat dengan unsur hewan-hewan gaib yang memiliki kekuatan super serta juga sebuah kecerdasan yang tinggi, kekuatan mereka sebagian besar dipercaya dapat berubah bentuk jadi manusia. Hewan-hewan yang dapat berubah wujud atau kata populernya adalah Shapeshift adalah rubah, anjing rakun, badgers dan kucing. Namun kami, setan dan tumbuhan dianggap bisa menggunakan shapeshift juga. Dalam banyak cerita rakyat menceritakan bila Obake merupakan sebuah iblis yang berubah bentuk menjadi wanita cantik.

Simak Juga : Pengorbanan Manusia Yang Kejam Dalam Sejarah Hitobashira

Kata-kata Obake atau Bakemono sering dikaitkan sebuah hantu, namun lebih tepatnya dianggap sebagai makhluk gaib yang telah melakukan transformasi sementara menjadi seorang mahkluk hidup, dan dipercaya bila bakemono ini berbeda dari roh orang mati. Namun, sebagai penggunaan arti lain yang masih berhubungan dengan dunia mistis, istilah obake bisa menjadi persamaan kata untuk yūrei yang merupakan hantu yang berasal dari manusia yang meninggal.

Kisah Mitos Obake Dan Bakemono Yang Terkenal Dikalangan MasyarakatBentuk bakemono sendiri yang telah dikatakan sebelumnya yaitu berupa beberapa binatang seperti misalnya rubah (kitsune), anjing, rakun (tanuki), badger (mujina), dan seekor kucing (bakeneko). Obake dan Bakemono sendiri merupakan cerita mitologi dari para pemeluk kepercayaan agama Shinto di Jepang. Konsep dari Obake dan Bakemono ini mirip seperti Tsukumogami yang merupakan sebuah benda-benda gaib yang dapat bergerak dan melakukan sesuatu.

Bakemono biasanya menyamar sebagai manusia atau muncul dalam bentuk yang aneh atau mengerikan seperti hitotsume-kozō, ōnyūdō, atau noppera-bo. Dalam penggunaan umum, setiap penampakan aneh dapat disebut sebagai bakemono, serta karena tampil secara misterius bakemono menjadi sering dianggap sebagai istilah yang hampir sama dengan yōkai. Kalau di Indonesia kisah Bakemono atau Obake ini mirip seperti siluman.

Kisah Mitos Obake Dan Bakemono Yang Terkenal Dikalangan MasyarakatUniknya cerita mitologinya ini juga mempengaruhi sejumlah besar populasi warga masyarakat negara Hawaii yang memang sebagian besar merupakan keturunan Jepang. Cerita mitos ini telah diyakini oleh masyarakat setempat. Sampai akhirnya menyatu bersama budaya lokal pulau-pulau hawaii sehingga tercipta beberapa bentuk hantu-hantu baru seperti salah satunya yang terkenal di kalangan masyarkaat Hawaii adalah mujina.

%d bloggers like this: