Cerita Mitos Jepang – Misaki Shichinin adalah kisah mitos sekelompok hantu yang muncul di pulau Shikoku dan Jepang bagian barat, menurut cerita legenda paling sering menampakan diri di genangan air, seperti di sepanjang pantai atau di tepi-tepi sungai. Jumlah mereka selalu tujuh dan dikatakan akan memberikan bencana kepada siapa pun yang bertemu dengan mereka.

Kisah Mitos 7 Roh Terkutuk Yang Mencari Korban Untuk Menggantikan Posisi Mereka

image : rearfront

Menurut kisah legendanya, setiap orang yang bertemu dengan ketujuh hantu ini akan mati tak lama setelah itu, biasanya kematian terjadi dengan penyakit misterius seperti demam tinggi yang tidak dapat diobati. Dalam kisahnya para korban yang meninggal ini nantinya akan bergabung menjadi pasukan Shinchinin Misaki, menggantikan roh yang membunuh mereka. Ada beberapa spekulasi dalam mitos tersebut bila para roh-roh sebelumnya yang digantikan oleh roh baru akan pergi ke Nirvana, dengan demikian jumlah mereka akan tetap selalu tujuh.

Simak Juga : KISAH MITOS SUZUHIKO HIME, SALAH SATU YOKAI BERJENIS TSUKUMOGAMI

Kisah Mitos 7 Roh Terkutuk Yang Mencari Korban Untuk Menggantikan Posisi Mereka

image : yokai.com

Asal mitos ini dapat terlihat dari namanya yaitu Misaki (御 先) yang berarti “Orang Yang Pergi Sebelumnya” dan memiliki sejumlah makna yang berbeda-beda, yang pertama mereka diartikan seperti sosok pengikut atau pelayan yang mengawal sebuah prosesi bangsawan, kedua mereka merujuk seperti sekumpulan binatang mistis seperti gagak, rubah, monyet atau lainnya. Yang terakhir mereka merujuk pada roh penasaran atau disebut “Borei” yang tercipta akibat seseorang yang meninggal secara tidak wajar.

Tetapi banyak juga teori-teori yang menjelaskan asal mula mereka, seperti mengapa mereka sering hadir di dekat air dikatakan bila mereka merupakan korban tenggelam. Ada sebuah teori yang juga mengatakan bila mereka sebagai arwah prajurit Taira yang mati dalam perangkap babi hutan saat melarikan diri dari musuh mereka selama Perang Genpei. Sangat banyak spekulasi-spekulasi teori yang hadir dalam mitos ini dari cerita-cerita rakyat. Namun kisah Shinchinin Misaki yang paling populer berasal dari Provinsi Tosa (selama Zaman Sengoku) yang sekarang telah berubah menjadi Prefektur Kochi. Kisah itu menceritakan Kira Chikazane yang menentang tuannya Motochika dan membuatnya mendapatkan hukuman Seppuku atau dalam arti lain adalah bunuh diri dengan potong perut dalam tradisi kuno Jepang, dan para pengikut setia Kira Chikazane yang beranggotakan 7 orang ikut melakukan Seppuku.

%d bloggers like this: