A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Kisah sejarah negeri Sakura memang sangat banyak dan populer, salah satu yang terkenal dan bahkan sempat diangkat menjadi sebuah film Hollywood adalah kisah balas dendam dari empat puluh tujuh ronin (四 十七 士 Shi-jū-shichi-shi), atau juga dikenal sebagai insiden Akō (赤 穂 事件 Akō jiken) atau Akō Vendetta, sebuah peristiwa besar dalam sejarah Jepang pada abad ke-18 di Jepang di mana sekelompok rōnin (seorang samurai tanpa pemimpin) membalas kematian tuan mereka. Kejadian ini menjadi cerita legendaris yang populer di kalangan masyarakat maupun luar negeri.

Kisah Legenda 47 Ronin Yang Terkenal Dan Menjadi Film Hollywood

image : mediaclassification.org

Simak Juga : Mengenal Keturunan Jomon Dan Yayoi Dalam Masyarakat Jepang

Kisah Legenda 47 Ronin Yang Terkenal Dan Menjadi Film Hollywood

image : variety.com

Kisah ini menceritakan tentang sekelompok samurai yang ditinggalkan tanpa pemimpin menjadi seorang rōnin, setelah daimyō mereka (pemimpin samurai) Asano Naganori dipaksa melakukan seppuku (ritual bunuh diri) karena menyerang seorang pejabat pengadilan bernama Kira Yoshinaka, nama pengadilan tersebut adalah Kōzuke no suke. Setelah hukuman seppuku atau harakiri dilakukan oleh Asano Naganori, para ronin sepakat untuk merencanakan sebuah pembalasan namun tidak dalam waktu cepat, selama setahun mereka menunggu untuk melangsungkan balas dendam kepada Kira.

Setelah waktunya tiba, mereka berkumpul pada sebuah tempat yang telah dijanjikan pada setahun sebelumnya, kemudian melakukan serangan dadakan terhadap kediaman Kira. Sukses melakukan misi balas dendam pemimpin mereka, namun mereka harus menanggung akibatnya dengan terpaksa melakukan seppuku karena melakukan kejahatan pembunuhan. Kisah nyata ini kemudian dipopulerkan dalam budaya Jepang sebagai simbol kesetiaan, pengorbanan, ketekunan, dan kehormatan yang orang Jepang harus lestarikan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kisah Legenda 47 Ronin Yang Terkenal Dan Menjadi Film Hollywood

image : wikipedia.org

Popularitas kisah legenda ini juga tumbuh besar selama era Meiji, di mana Jepang mengalami modernisasi yang cepat, dan legenda menjadi sebuah warisan nasional dan identitas kebudayaan negara. Kisah 47 Ronin juga telah mendapatkan adaptasi film Hollywood yang diperankan oleh aktor terkenal Keanu Reaves pada tahun 2013. Lokasi-lokasi bersejarah legenda ini juga terdapat di Jepang, seperti kuburan dari 47 ronin yang ada di Sengaku-ji, Tokyo.

%d bloggers like this: