Berita Travel Jepang – Kyoto memang menjadi salah satu pusat destinasi wisata di Jepang, menjadi area kedua yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing setelah ibu kota Tokyo. Namun hal ini juga membawa Kyoto dalam beberapa kendala, salah satunya adalah masalah etika publik yang banyak dikeluhkan oleh penduduk lokal atas sikap yang dilakukan oleh wisatawan asing yang datang, seperti salah satu contohnya adalah memotret Geisha dan murid-muridnya Maiko tanpa izin terlebih dahulu.

Kementerian Dan Pemerintah Kyoto Lakukan Langkah Khusus Untuk Memperbaiki Etika Wisatawan Asing
image : eyexplore.com

Hal-hal tersebut memang terlihat sepele, namun itu bukanlah sebuah etika yang baik atau sopan, hal-hal seperti ini juga kerap menggangu penduduk lokal dalam beraktivitas sehari-hari. Akhirnya sebuah proyek uji coba diluncurkan oleh Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang yang bekerja sama dengan pemerintah setempat kota Kyoto, setelah adanya desakan dari penduduk lokal untuk mengingatkan para wisatawan untuk dapat berperilaku lebih sopan atau lebih baik.

Simak Juga : Pemandian Air Panas Dengan Panorama Eksotis Dan Retro Di Ginzan Onsen Prefektur Yamagata

Kementerian Dan Pemerintah Kyoto Lakukan Langkah Khusus Untuk Memperbaiki Etika Wisatawan Asing
image : @Kyodo News

Proyek uji coba ini telah berlangsung di sekitar jalan “Hanamikoji” yang ada di distrik Gion Kyoto, yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan sejarah dan kedai teh. Disini para pengunjung yang telah memasang aplikasi informasi wisata sekitar Kyoto atau Jepang atau membawa perangkat seluler yang disewa akan secara otomatis menerima informasi atau peringatan tentang etika lokal dalam bahasa Inggris dan China.

Dalam informasi tersebut juga diberi tahu secara spesifik tata cara dalam mengunjungi beberapa tempat-tempat pelayanan seperti upacara minum teh dan sebagainya, proyek uji coba ini akan berjalan hingga 8 Desember mendatang dan akan dilihat apakah efektif atau tidak. Pihak kementerian dan kota akan melakukan evaluasi dampak proyek ini melalui kamera-kamera pengawas yang dipasang di jalan-jalan, dan juga memberikan survey-survey kepada penduduk lokal sekitar.

Kementerian Dan Pemerintah Kyoto Lakukan Langkah Khusus Untuk Memperbaiki Etika Wisatawan Asing
image : @Kyodo News

Survey-survey yang diberikan kepada penduduk lokal ini seperti memberikan beberapa pertanyaan tentang perilaku dan masalah yang dialami penduduk lokal atas wisatawan asing, untuk mendukung proyek uji coba ini beberapa personel yang dapat berbicara asing juga berpatroli di daerah tersebut untuk membantu mengingatkan wisatawan dengan etika-etika yang baik, sejumlah poster juga dipersiapkan untuk meningkatkan kesadaran para pengunjung. Jadi bagi kamu-kamu para pembaca Artforia yang ingin berlibur ke Jepang terutama di Kyoto, jangan kaget bila mendapatkan informasi ini.

Source : Kyodo News, Japan Today


Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: