artforia.com

Kuliner Jepang – Setiap negara pasti memiliki kue tradisional yang menjadi favorit rakyatnya, demikian juga Jepang. Kasutera atau yang sering disebut Castella memang berasal dari Spanyol namun bukan bangsa ini lah yang membawa sang kue ke Jepang, melainkan bangsa Portugis yang datang ke Jepang pada abad ke 16. Karena Portugis yang memperkenalkannya maka nama Castella diambil dari kata Pao de Castella yang berarti roti dari tanah Castilla.

Baca Juga : 6 Cemilan Manis Jepang Yang Bisa Anda Nikmati Ketika Diet

Pada saat ini kue Castella menjadi kue yang khas dari Nagasaki. Kasutera atau Castella ini adalah dessert pertama dari Jepang yang mendapat sentuhan dari barat. Dahulu kue ini disukai karena tahan lama, dapat disimpan untuk waktu yang lumayan lama sehingga cocok bagi para pelayar yang mengarungi samudera dalam sebuah periode. Sebenarnya selain Portugis, ada banyak negara yang mengklaim bahwa negara mereka lah yang membawa kasutera atau castella ke Jepang.

Perkembangan Castella di Jepang dimulai dari Kasutera yang dianggap merupakan makanan resmi kerajaan, sampai pada saat sekarang ini dimana semua orang akhirnya bisa memakan kasutera. Banyak orang Jepang yang menyukai kue ini, semua kalangan baik tua maupun muda. Dahulu kue ini tidaklah manis dan cenderung keras, dalam perkembangannya pula dibuatlah resep resep agar dapat menyesuaikan dengan lidah orang jepang hingga mencapai resep kasutera yang seperti sekarang ini. Biasanya orang Jepang menikmati Kasutera yang dipadankan dengan green tea, sebagai penyeimbang rasa kasutera yang manis dan dimakan pada waktu oyatsu.

artforia.com

Orang Jepang jarang membuat Kasutera karena kue ini lebih mudah didapat di festival festival, toko, pinggir jalan sama supermarket besar. Kini, banyak Kasutera yang dijual dengan beragam varian seperti green tea, brown sugar dan madu, varian varian rasa lainnya terus dikembangkan seiring permintaan pasar yang besar.

Kasutera yang dijual di toko toko biasanya dijual dengan kemasan box yang panjang (kira kira 27 cm), teksturnya yang halus dan spongy serta rasa manis yang pas di lidah menjadi favorit cemilan orang Jepang. Seperti halnya masakan Jepang yang lain, proses pembuatan kue ini juga memiliki seninya sendiri namun tidak terlalu sulit jika kalian ingin mencoba membuatnya. Kalian bisa mencari di mesin pencarian google mengenai cara pembuatan kue ini, selamat mencoba ya.

%d bloggers like this: