Berita Lifestyle Jepang – Musim panas memang menjadi musim yang penuh masalah bagi masyarakat Jepang, suhu yang menjadi cukup tinggi membuat kondisi aktivitas menjadi berbeda dari musim-musim lainnya, kendala ini memang sangat mempengaruhi aktivitas para pekerja di Jepang yang rata-rata selalu menggunakan pakaian lengkap dengan lengan panjang ataupun seragam khusus sehingga membuat tubuh tidak nyaman bila tidak adanya sebuah air conditioner (AC), oleh karena itu pihak pemerintahan Jepang belum lama ini dikabarkan meluncurkan sebuah kampanye hemat energi yang bernama Cool Biz untuk akhir musim semi dan sepanjang musim panas.

Kampanye Cool Biz Telah Berlangsung Disejumlah Perusahaan Jepang

image : kyodonews.net

Simak Juga : 5 Kebiasaan Atau Sikap Masyarakat Jepang Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kampanye Cool Biz Telah Berlangsung Disejumlah Perusahaan Jepang

image : kyodonews.net

Kampanye Cool Biz ini akan berlangsung hingga 30 September dimana suhu udara mulai berganti menjadi rendah karena memasuki musim gugur dan salju, dalam kampanye ini pemerintah ingin mendorong para pekerja untuk berpakain yang tidak seperti biasanya yaitu seperti melepas dasi mereka dan membiarkan kerah terbuka sedikit, atau juga menggunakan kemeja berlengan pendek dan berbahan tipis di kantor mereka dan juga kampanye ini mengajak pihak perkantoran ini mengatur AC mereka pada suhu 28 derajat Celcius.

Seperti biasanya memasuki musim panas pada yang menjadi akhir musim semi, suhu di beberapa bagian Jepang telah mencapai 30 derajat. Di Tokyo beberapa pekerja kantoran memang terlihat telah menerapkan kampanye Cool Biz mereka namun beberapa masih ada yang terlihat menggunakan pakaian seperti biasanya. Kampanye Cool Biz sebenarnya telah dimulai sejak 2005 oleh Perdana Menteri Junichiro Koizumi dengan tujuan mengurangi emisi CO2 dan penggunaan listrik, kemudian ini menjadi rutintitas setiap tahun hingga pada tahun 2011 jadwalnya dimundurkan 1 bulan sehingga dimulai dari awal Mei.

Kampanye Cool Biz Telah Berlangsung Disejumlah Perusahaan Jepang

image : japantimes.co.jp

Dan kemudian pada tahun ini, kampanye berjalan satu langkah lebih maju dengan Super Cool Biz, yaitu mempromosikan kaos polo, kaos aloha dan sepatu sneaker sebagai pakaian kantor. Beberapa perusahaan swasta juga telah mengambil bagian dalam kampanye hemat energi ini, Kyodo News juga melaporkan bila sekitar 200 department store telah mengatur suhu yang lebih moderat untuk AC dan mematikan beberapa pencahayaan untuk menghemat daya listrik.

Source : Kyodo News

%d bloggers like this: