Seni Budaya Jepang – Jepang yang mempunyai berbagai macam seni kebudayaan unik dan aneh, ternyata ada lagi salah satu kebudayaan Jepang yang sangat berguna tidak hanya untuk masyarakat Jepang sendiri, bahkan kita bisa mengaplikasikan seni kebudyaan jepang ini kedalam kehidupan kita sehari- hari.

Simak Juga : Kehidupan Masyarakat Tokyo Yang Penuh Privasi

Seni Menabung Jepang Kakebo

Seni Budaya Jepang ini disebut dengan Kakebo seni budaya menabung ala Jepang yang bisa membuat anda cepat kaya, memang jika kita pikir menabung mungkin cara yang sangat mudah untuk kita lakukan, walaupun terkadang bukan hal yang mudah.

Dengan meningkatnya kebutuhan kita sehari-hari dan tidak berimbang dengan penghasilan sehingga sulit bagi seseorang menyisihkan uang untuk dapat kita tabung.

Akan tetapi dengan metode seni menabung ala Jepang ini, dapat membantu anda menjadi kaya, budaya menabung Jepang ini sudah di terapkan sejak seratus tahun lalu, tapi baru diketahui ke seluruh dunia akan dengan Kakebo, Seni menabung ala Jepang tidak lama beberapa tahun ini.

Seni menabung ala Jepang awalnya sudah dikenal di Jepang pada tahun 1904 oleh jurnalis wanita yang bernama Makoto Hani, yang sedang membuat hitungan pengeluaran.

Dengan hasil hitungan dari Jurnalis (Makoto Hani) tersebut yang sukses ia kelola, akhirnya cara perhitungan yang ia pakai di abadikan dan semakin populer dari tahun ke tahun seperti dilansir dari laman Mirror.co.uk

Dan uniknya jika kalian tinggal di Jepang, setiap akhir tahun kalian akan mendapatkan majalah yang biasanya memberikan sebuah Kakebo kepada ibu rumah tangga.

yang tujuannya untuk membantu para wanita dan ibu rumah tangga agar dapat mengelola keuangan rumah tangga atau personal untuk rencana hari tua mereka, di dalam jurnal tersebut ada catatan untuk pengeluaran bulanan, mingguan dan tahunan.

Tapi buat kalian yang tidak tinggal di Jepang, jangan kecewa dahulu, Artforia akan memberikan rumus jurnal Kakebo untuk kamu sendiri, di catat ya sahabat Artforia.

Seni Menabung Jepang Kakebo

Pertama-tama, bagi pengeluaran kalian menjadi empat kategori :

  1. Survival – makanan, sekolah, transportasi, kesehatan
    2. Opsional belanja dan makan di luar
    3. Hiburan – buku, kuota internet, film, majalah, jalan-jalan
    4. Ekstra – kado, perbaikan, dan keperluan tak terduga lainnya

Setelah kalian sudah memenuhi syarat di atas membagi-bagi daa di 4 sektor seperti di atas lalu jawab pertanyaan di bawah ini :

  1. Berapa banyak uang yang kau miliki ?
    2. Berapa yang akan kau tabung ?
    3. Berapa banyak telah kau habiskan
    4. Bagaimana agar kamu bisa menyisihkan sisanya ?

Setiap awal bulan, kalian harus melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Menulis pendapatan dan mengurangi biaya yang pasti dipakai setiap bulan, misalnya sewa kos atau beli keperluan sehari-hari.
    2. Mengurangi pendapatan dan pengeluaran lalu menyimpan sisanya.
    3. Catat pengeluaran denga tujuan hanya menggunakan sisanya, jangan ambil dari uang yang sudah ditabung.
    4. Bandingkan pengeluaranmu dari bulan-bulan sebelumnya, dan pelajari bagaimana supaya tidak menghamburkan uang untuk yang tidak penting.

Yang tertulis di dalam jurnal Kakebo, tehnik ini bisa kalian pakai untuk membuat diri anda sadar akan tujuan menabung, Kakebo juga akan memberikan ruang bagi kalian menulis pengeluaran mingguan dan untuk apa saja uang itu.

Nah sekarang bagaimana menurut kalian para sahabat Artforia ? Bisa kan kalian menabung, hasil dari tabungan kalian bisa di pakai untuk travel ke Jepang, membeli gundam, atau wisata kuliner Jepang, untuk usaha dan lain-lain, yang pastinya gunakan uang kalian dengan hal yang bermanfaat ya guys !

%d bloggers like this: