Berita Lifestyle Jepang – Dikabarkan bila negeri matahari terbit, Jepang pada hari Selasa tanggal 12 Juni 2018 lalu telah meluncurkan sebuah roket H-2A yang membawa satelit radar pemerintah dari Tanegashima Space Center yang terletak di barat daya Jepang.

Jepang Sukses Terbangkan Roket Berisi Satelit Pengintai

image : kyodonews.net

Satelit pengintai ini akan digunakan untuk tujuan meningkatkan keamanan militer Jepang seperti memantau fasilitas militer di Korea Utara dan mengambil gambar dari daerah yang terkena bencana pada saat bencana alam. Roket H-2A F38 ini diluncurkan langsung dari lokasi atas dukungan agensi The Japan Aerospace Exploration dan perusahaan Mitsubishi Heavy Industries.

Simak Juga : Produk Unik Bantal Lobak Dari Perusahaan Felissimo

Ada dua jenis satelit pengintai yang dimiliki oleh Jepang saat ini yaitu satelit radar menangkap gelombang radio yang dipantulkan dari tanah dan satelit optik mengambil foto dataran bumi dengan menggunakan perangkat yang mirip dengan kamera digital. Pemerintah saat ini telah mengoperasikan 4 satelit radar dan 2 satelit optik.

Pemerintah juga mengklasifikasikan bila hasil pantauan dari satelit-satelit ini rahasia khusus negara dan tidak akan mengungkapkannya, terkecuali untuk pantauan bencana alam. Namun pemerintah tidak akan menampilkan gambaran dengan kualitas penuh untuk merahasiakan kemampuan satelit pemantau ini dari publik.

Source : Kyodo News

%d bloggers like this: