Berita Lifestyle Jepang – Setiap negara selalu memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing, dari dua faktor tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi beberapa hal-hal baru yang mungkin akan berdampak baik ataupun buruk pada kehidupan masyarakatnya dan juga dunia, setidaknya kita bisa melihat salah satu contohnya yang dihadirkan oleh negara Jepang.

Jepang Sukses Menghipnotis Dunia Dengan Gaya Hidup Mereka Yang Unik
image : vox.com

Namun Jepang pada beberapa tahun terakhir ini telah menunjukan sebuah fenomena yang viral dari dua faktor tersebut yang sukses hingga mempengaruhi kehidupan dunia, seperti Marie Kondo yang viral hingga di luar Jepang karena mempromosikan metode hidupnya yang disebut “KonMari”, atau sosok misterius dan aneh bernama Momo yang berubah menjadi berita hoax dan berdampak mengerikan.

Simak Juga : 5 Toko Kosmetik Terbaik Yang Ada Di Area Shin Okubo Kota Tokyo !

Keduanya merupakan contoh dari perkembangan kultur Jepang yang dapat kita lihat pada beberapa tahun terakhir ini, keduanya mungkin terlihat sangat berbeda namun sama-sama sukses mempengaruhi kehidupan dunia, Kondo yang hadir dengan metodenya tersebut mencoba mendorong orang-orang untuk merubah gaya hidup mereka, sedangkan sosok Momo muncul di media sosial dan mempengaruhi anak-anak secara visual untuk membahayakan diri mereka sendiri. Mereka adalah salah satu contoh dari banyaknya budaya pop kultur Jepang yang populer pada beberapa tahun terakhir ini, perkembangan dan keduanya berasal dari Jepang.

Jepang Sukses Menghipnotis Dunia Dengan Gaya Hidup Mereka Yang Unik
image : japantimes.co.jp

Terlepas dari perbedaan mereka, keberhasilan Kondo dan Momo dalam mempengaruhi budaya pop global adalah contoh dimana setiap negara memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing, namun fenomena-fenomena yanb viral biasanya hanya berlangsung dalam beberapa hari saja, tetapi Kondo dan Momo ini cukup bertahan lama meskipun dari konten mereka yang terbilang tidak begitu berat. Keunikan ini lah yang membawa Jepang menjadi salah satu negara yang disorot dunia. Dalam kasus Momo, memang bukan keinginan dari sang pembuat untuk memberikan sugesti buruk kepada orang, tetapi oknum tak bertanggung jawab yang menciptakan kisah palsunya sukses menipu banyak orang dengan didukung penampilan Momo yang memang menyeramkan.

Hal ini juga membuktikan jika orang-orang Jepang yang dianggap suka menciptakan hal-hal sepele dan aneh dapat sukses mempengaruhi dunia, mungkin tak ada dari kedua contoh ini yang benar-benar mempengaruhi kehidupan anda, tetapi karena memiliki keunikan tersendiri dan orang-orang suka berdebat tentang sesuatu, yang mereka tidak mengetahui semuanya secara pasti, sehingga membuat hal semacam itu menjadi viral. Sebagai hasilnya, fenomena Kondo dan Momo ini bisa dibilang seperti kehebohan “Game of Thrones” yang selalu banyak dibicarakan orang-orang di berbagai negara. Apakah fenomena ini akan terus berlanjut?, tentunya akan terus ada selama Jepang tetap mempertahankan konsep pemikiran dan gaya hidup mereka yang unik.

Source : Japan Times

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: