Berita Lifestyle Jepang – Berbicara soal umur panjang, tentu negara Jepang merupakan salah satu negara yang masyarakatnya selalu masuk ke dalam daftar orang-orang tertua di dunia, bukan soal karena perekonomian Jepang yang maju tetapi juga karena gaya hidup dan kualitas makanan yang dikonsumsi di Jepang memang sangatlah baik, namun belum lama ini pria tertua di dunia yaitu Masazo Nonaka yang lahir 2 tahun setelah tokoh Wright bersaudara yang dikenal sebagai tokoh pencipta pesawat terbang pertama, beliau dikabarkan meninggal pada hari Minggu tanggal 20 Januari 2019 dalam usianya yang ke-113 tahun.

Jepang Kembali Kehilangan Pria Tertua Di Dunia Pada Usia Ke 113

image : AFP

Simak Juga : Protes Para Biksu Mengenai Prosedur Larangan Berkendara Dengan Jubah Menjadi Viral Di Sosial Media Jepang !

Nonaka lahir pada Juli 1905, menurut Guinnes World Records, tanggal kelahirannya ini hanya beberapa bulan sebelum Albert Einstein menerbitkan teori relativitasnya. Guinness secara resmi mengakui Nonaka sebagai manusia tertua yang hidup setelah kematian pembalap Spanyol Francisco Nunez Olivera tahun lalu.

Jepang Kembali Kehilangan Pria Tertua Di Dunia Pada Usia Ke 113

image : AFP

“Kami merasa kaget dengan kehilangan sosok besar dikeluarga kami ini. Dia seperti biasa saja kemarin dan meninggal tanpa menyebabkan keributan sama sekali dengan keluarga kami,” pernyataan dari cucunya Yuko kepada pihak media Kyodo News.

Nonaka memiliki enam saudara lelaki dan satu saudara perempuan, menikah pada tahun 1931 dan menjadi ayah dari lima anak. Dia mengelola penginapan sumber air panas di kota asalnya dan dalam masa pensiun dirinya menikmati aktivitas santai seperti menonton gulat sumo di TV dan makan manisan. Jepang memang menjadi negara dengan tingkat harapan hidup yang tertinggi di dunia dan merupakan rumah bagi beberapa orang tertua di dunia yang masih hidup.

Jepang Kembali Kehilangan Pria Tertua Di Dunia Pada Usia Ke 113

image : AFP

Sebelum Nonaka tentu terdapat orang tertua di dunia lainnya yang juga berasal dari Jepang yaitu seperti Jiroemon Kimura yang merupakan seorang pria paling lama yang pernah hidup di dunia, meninggal setelah ulang tahunnya yang ke-116 pada tanggal Juni 2013 silam. Untuk orang tertua di dunia masih dipegang oleh Jeanne Louise Calment dari Prancis yang meninggal pada tahun 1997 pada usia 122.

Source : Kyodo News, Japan Today

%d bloggers like this: