Seni Budaya Jepang – Alamnya memang indah, hijau dan udaranya sejuk. Namun tahukan Anda kalau keindahan alam tersebut menyimpan kisah mistik yang membuatnya tak banyak orang yang mau menikmati keindahan alam dan panoramanya. Warga Jepang sudah kadung mencapnya sebagai tempat berbahaya karena berhantu dan sering terjadi kejadian sadis dan diluar nalar. Namanya Pulau Izu Oshima, sebuah pulau di Jepang yang konon sudah ada ribuan orang yang bunuh diri disini dengan cara loncat dari atas gunung.

Masyarakat mengenal pulau ini sebagai pulau berhantu yang pantang dikunjungi. Pulau ini merupakan tempat pembuangan para tahanan politik dan dukun karena dianggap membahayakan masyarakat Jepang pada umumnya dan sang kaisar.Kalau kalian masih bertanya-tanya siapa itu Sadako Yamamura, berarti kalian bukan penggemar film ber-genre horor. Sadako Yamamura, atau lebih populer dengan sebutan Sadako saja, adalah nama tokoh hantu dalam trilogy Ring (1998), Ring 2 (1998), dan Ring 0: Birthday (2000); yang gaungnya masih terasa hingga saat ini. Lupa dengan Sadako? Itu lho, sosok hantu yang populer karena keluar dari televisi.

BACA JUGA : TAKAKONUMA GREENLAND PARK, TAMAN PALING ANGKER DI JEPANG

Izu Oshima, atau biasa disebut sebagai Oshima saja, adalah nama salah satu pulau yang ada di Kepulauan Izu. Tepatnya, Oshima adalah pulau terbesar yang ada di kepulauan tersebut.

Ngomong-ngomong, Kepulauan Izu itu termasuk dalam wilayah Oshima, sub-prefektur dari Tokyo Metropolitan Government. Dengan kata lain, Oshima ini masih masuk dalam wilayah Tokyo, namun memiliki atmosfir yang lebih ke arah pulau tropis dibanding Tokyo (walau iklim di pulau ini tidak sepanas Okinawa). Tak hanya menjadi pulau terbesar di Kepulauan Izu, Oshima juga jaraknya paling dekat dari Tokyo (kira-kira 108 kilometer).

Untuk mencapai pulau ini, kalian hanya memerlukan waktu kira-kira 1 jam 45 menitan saja. Nggak heran kalau Oshima ini menjadi salah satu destinasi side-trip populer dari Tokyo dan Shizuoka, karena pulau ini pun lokasinya cukup dekat dan cukup mudah di akses dari Shizuoka.

Seni Budaya Jepang | Artforia.comSeni Budaya Jepang | Artforia.comSeni Budaya Jepang | Artforia.com

Sudah puluhan tahun image yang terbentuk bila membicarakan pulau ini ialah berhantu dan bunuh diri. Di pulau ini ada sebuah gunung berapi aktif yang menjadi tempat favorit melakukan bunuh diri. Namanya Gunung Mihara, merupakan gunung berapi yang paling aktif di Jepang. Tingginya mencapai 764 meter diatas permukaan laut.

Bagian puncak gunung berbentuk kerucut atau kawah, dimana disitulah merupakan lokasi yang paling sering dijadikan tempat bunuh diri. Sudah banyak kejadian bunuh diri di pulau ini. Pada tahun 1933, ada seorang gadis muda yang bunuh diri di kawah gunung ini dengan cara meloncat ke kawah gunung  meloncat ke kawah gunung. Beritanya sontak menjadi berita nasional. Kemudian ada lagi sepasang muda-mudi yang juga mengakhiri hidupnya di kawah gunung ini dengan cara meloncat ke dalam kawah gunung. Serta yang paling menggegerkan terjadi pada tahun 1936 dimana ada 600 orang yang bunuh diri dengan cara sama: meloncat ke dalam kawah.

%d bloggers like this: