9

Wisata Kuliner Jepang – Ada begitu banyak makanan enak untuk dinikmati di dunia, dan bagi banyak orang, makanan adalah salah satu bagian terbesar dari perjalanan atau salah satu penghibur ketika menjalani hari kerja yang panjang. Mengikuti diet tradisional Jepang tidak selalu mudah, tetapi jika kamu melakukan sedikit riset tentangnya, kamu akan menemukan daftar kuiawase (食い合わせ) atau kombinasi makanan baik dan buruk.

 

Apa yang membuat kombinasi tertentu baik atau buruk mungkin juga tidak berasal dari penelitian medis atau ilmiah. Beberapa hanya buruk karena, secara historis, memakannya bersama-sama dianggap terlalu mewah dan sangat boros, seperti jamur matsutake dengan kepiting mahal dari Hokkaido Alasan lainnya kombinasi makanan bisa jadi buruk berasal dari suhunya.

Simak Juga : “Daigaku Imo Frappuccino” Sirup Starbucks Jepang Yang Menggunakan Manisan Ubi Jalar

Apa itu makanan Panas dan Dingin?

Teori Makanan Cina (Chinese Food Theory) pada dasarnya menyatakan bahwa makanan dan obat-obatan adalah sama, dan kombinasi makanan panas dan dingin dapat mempengaruhi kesehatan kamu. Teori ini dibawa ke Jepang dan dengan cepat membentuk bagaimana orang Jepang memkamung makanan dan kombinasi hidangan. Secara ilmiah, teori ini belum terbukti dengan satu atau lain cara, tetapi ada banyak bukti anekdot yang mendukungnya.

Makanan panas mengacu pada apa pun yang pedas atau pahit, dimasak dengan api besar, berwarna panas (merah, oranye, kuning) atau memiliki jumlah kalori tinggi. Misalnya daging merah, gorengan, alkohol, dan paprika merah. Makanan dingin, sebaliknya, ringan atau asam, dimasak dengan api kecil / tanpa panas, berwarna sejuk (putih, hijau, biru) dan memiliki jumlah kalori yang rendah. Misalnya sayuran hijau, tahu, yogurt, dan sebagainya.

Makanan panas sebaiknya dihindari di musim panas karena terlalu banyak memanaskan tubuh dan itu bisa membuat kamu sakit, sedangkan makanan dingin sebaiknya dihindari di musim dingin karena terlalu mendinginkan tubuh. kamu juga bisa “mengonsumsi” makanan panas untuk menyembuhkan kondisi yang disebabkan atau diperburuk oleh makanan dingin, dan sebaliknya.

Spinach leaves in bowl

Ada banyak aturan yang harus dilalui jika kamu ingin mengikuti teori makanan semacam ini, dan terkadang aturan itu bertentangan satu sama lain, jadi harus diambil dengan sebutir garam. Meskipun demikian, ada bukti ilmiah tentang kombinasi buruk yang dibahas dalam artikel ini, jadi kamu mungkin ingin berpikir dua kali sebelum mencobanya.

Perpaduan Paling Buruk Yang Terkenal

Ini adalah salah satu kombinasi makanan terburuk, dan banyak sekali sekarang yang secara naluriah menghindari perpaduan paling buruk ini.

Tempura dan semangka.

Tempura adalah hidangan berbahan dasar sayuran yang enak dan renyah. Semangka adalah buah yang menyegarkan dan sejuk.

Makan tempura dan semangka dalam makanan yang sama secara harfiah mencoba mencampurkan minyak dan air dalam lingkungan yang asam — hal itu menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, kram perut, dan diare parah pada orang-orang yang sangat tidak beruntung.

Deep fried vegetables and a prawn

kamu akan mendapatkan hasil yang sama jika kamu makan unagi (belut) dan semangka, atau makanan yang digoreng / berminyak dengan sesuatu yang terlalu encer.

Semangka pada umumnya

Semangka sendiri muncul dalam banyak aturan berbeda, meskipun sebagian besar karena alasan serupa yang disebutkan di atas. Seperti yang dikatakan salah satu tetangga lansia saya, “jika kamu ingin makan semangka, jangan makan apa pun yang menyenangkan.”

Aturan makanan yang lebih modern melibatkan semangka dan bir. Sementara kombinasi musim panas klasik, semangka dan bir bersama buruk karena efek diuretik pukulan gkamu mereka. kamu mengonsumsi banyak air, tetapi keduanya membuat kamu pergi ke kamar mandi dua kali lebih banyak, dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Jika kamu ingin menghindari sengatan panas, kamu mungkin ingin memilih salah satunya selama bulan musim panas.

Teh Hijau dan Makanan Lainnya

Teh hijau adalah bagian utama dari masakan dan budaya Jepang. Ada banyak tahapan untuk membuat secangkir teh hijau tradisional yang sempurna, dan beberapa mengonsumsi liter teh hijau dalam seminggu. Banyak yang meminumnya sebagai suplemen diet karena kemampuannya untuk membantu mengatur berat badan dan metabolisme, sementara yang lain meminumnya hanya untuk minuman yang mengandung kafein.

This is a photograph of Japanese green tea

Teh hijau memang memiliki manfaat buruk, Teh hijau mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Anemia adalah masalah kesehatan yang umum di Jepang, dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 19% populasi wanita Jepang mungkin mengidapnya. Banyak wanita asing ketika mereka pertama kali pindah ke Jepang mendapati diri mereka juga berjuang dengan anemia atau kekurangan zat besi karena perubahan pola makan.

Yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa dengan meminum teh hijau selama atau setelah makan, mereka memperburuk anemia. Setelah berbicara dengan beberapa dokter, dapat ditarik kesimpulan bahwa, jika kamu menderita anemia (katakanlah sekitar waktu itu dalam sebulan), kamu harus menghentikan atau secara drastis mengurangi asupan teh hijau.

Terlalu Sering Mencampur Yang Panas dengan Panas

Sake dan shochu dianggap sebagai makanan panas — keduanya memanaskan tubuh dan memperlancar aliran darah, yang dapat bermanfaat jika diminum dalam jumlah sedang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gorengan, makanan pedas, dan makanan berkalori tinggi pada umumnya juga merupakan makanan panas menurut Teori Makanan Cina.

Meskipun tidak satu pun dari hidangan atau minuman ini yang selalu buruk (sekali lagi dalam jumlah sedang), kombinasi keduanya dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi orang dengan kondisi jantung — terutama yang tidak terdiagnosis.

Sake and Grilled eggplant

Mengingat situasi global, banyak orang tinggal di rumah dan minum-minum, atau mengadakan nomikai ((飲み会 pesta minum) dengan teman dan rekan kerja. Selama pesta-pesta ini, beberapa memesan atau membeli makanan favorit mereka secara berlebihan — dan ini dapat menyebabkan masalah jantung yang serius di masa mendatang, belum lagi kenaikan berat badan, asam urat, diabetes, dan penyakit terkait gaya hidup lainnya.

Simak Juga : Kini Ikea Jepang Hadirkan Nasi Kari Dengan Katsu Nabati

Begitu pula dengan makan kacang asin, jajanan rumput laut kombu kering, atau sarden mini kering dengan sake terlalu sering. Ini bukan kesalahan camilan — umumnya, ini sangat baik untuk kamu, tetapi kandungan garamnya yang tinggi dikombinasikan dengan alkohol yang kuat bisa sangat buruk bagi orang dengan masalah jantung, yang didiagnosis atau sebaliknya.

Ketika berbicara tentang diet dan makanan secara umum, ada banyak kombinasi yang dapat dipilih, tetapi jika kita sadari apa yang bisa kita lakukan dengan kombinasi tersebut adalah kuncinya. Berhati-hatilah saat memadukan atau mengkombokan makanan agar kamu dapat menghindari dari ketidaknyamanan yang tidak dibaik untuk tubuh dalam jangka pendek ataupun panjang.

 

Sumber & gambar : savvytokyo.com


 

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

9
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: