5

Berita Travel Jepang – Jalan-jalan ke Jepang tidak hanya mengunjungi toko fashion Jepang atau kedai ramen yang terkenal, akan tetapi banyak kegiatan luar ruangan yang bisa kamu lakukan di negara sakura ini, seperti salah satunya adalah hiking atau naik gunung.

Simak Juga : Starbucks Terbaik Di Tokyo Dengan Konsep dan Desain Keren

Jepang yang merupakan negara dengan lanskap bergunung-gunung ini memiliki beberapa daftar gunung berapi yang wajib untuk kamu kunjungi, dan yang lebih menarik adalah gunung berapi Vulkanik Jepang yang memiliki keindahan akan tetapi juga memiliki sisi ekstrem yang menantang andrenalin. berikut ini 5 Gunung Berapi Vulkanik Jepang yang indah dan juga ekstrem.

commons.wikimedia.org

1. Gunung Ontake (御嶽山)

Gunung Ontake memang tidak populer seperti Gunung Fuji, akan tetapi di sisi lain gunung ini memiliki sisi indah dan juga ekstrem yang bisa kamu dapatkan, Gunung Ontake merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Jepang memiliki ketinggian sekitar 3.067 m, dan memiliki lima danau yang sangat indah seperti Gunung Fuji, dan telah lama dianggap oleh masyarakat Jepang sebagai gunung suci, dalam kepercayaan Shintoisme.

Gunung Ontake diasumsikan sudah tidak aktif dan nyatanya gunung ini mengejutkan banyak orang dengan letusan freatik pada Oktober 1979, dan mengeluarkan sekitar 200 ribu ton abu ke udara, pada September 2014, Gunung Ontake mengulangi kejadian serupa, kali ini kehancuran yang disebabkan gunung ini sungguh dahsyat, terdapat 63 korban tewas, lima mayat sampai hari ini belum berhasil ditemukan.

climbjapan.blogspot.com

2. Gunung Asama (浅間山)

Gunung Asama pernah meletus pada tanggal 4 Agustus 1783 dan menelan korban lebih banyak dari tahun-tahun berikutnya, Abu Piroklastik menyebabkan kehancuran pada lahan pertanian dan memperburuk tragedi kelaparan Tenmei yang saat itu sedang berlangsung, Diperkirakan lebih dari 20 ribu orang meninggal dikarenakan kelaparan.

Memang jika kita lihat saat ini tidak mungkin rasanya melihat gunung ini sebagai penyebab di balik tragedi kelaparan Tenmei, gunung ini masih diangap sebagai gunung berai Jepang paling aktif di Honshu.

env.go.jp

3. Gunung Kirishima (霧島山)

Gunung Kirishima berlokasi di antara Sakurajima dan Gunung Aso Gunung ini tidak memiliki kepopuleran internasional yang jika dibandingkan dengan saudara kandungnya di Kyushu, akan tetapi gunung ini tidak kalah megahnya karena puncak tertinggi menjulang sampai setinggi 1.700 m, Seperti gunung berapi Jepang lainnya di Kyushu, Kirishima juga sering meletus, di tahun 2011 gunung ini meletus sebanyak 2 kali.

Di dalam kepercayaan Shintoisem, Gunung Kirishima merupakan salah satu tempat Ninigi no Mikoto, yang salah satu cucu Dewi Matahari Ameterasu yang turun ke bumi untuk membangun garis keturunan Kaisar Jepang, Keyakinan ini diperkuat dengan adanya lanskap Kirishima yang sering tertutup kabut dan menutupi seluruh area dengan suasana mistis.

voyapon.com

4. Gunung Aso (阿蘇山)

Gunung Aso yang berlokasi di jantung Kyushu ini, merupakan salah satu gunung berapi terbesar di Jepang, dengan keliling Kaldera sekitar 120 km, Gunung Aso termasuk ke dalam gunung berapi terbesar di dunia, Kota Aso yang terletak di dalam kaldera raksasa yang sangat luar biasa.

Gunung ini telah menjadi lokasi wisata alam Jepang yang sangat populer, banyak wisatawan lokal maupun internasional, akan tetapi janganlah kamu terlena dengan keindahan puncak yang berangin dengan dataran rumput yang mempesona, gunung ini masih berstatus aktif dengan kawah pusat yang sering tertutup sebagian atau seluruhnya selama periode aktivitas gunung berapi meningkat.

travel.gaijinpot.com

5. Sakurajima (桜島)

Sakurajima merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, hingga saat ini secara teratur Sakurajima memuntahkan abu dan batu apung, letusan terakhir kalinya terjadi pada tahun 2016.

Akan tetapi dengan status gunung yang masih aktif, tidak dipungkiri banyak masyarakat Jepang yang menetap dan tinggal di dekat gunung berapi ini, Kota Kagoshima yang dijuluki Napolinnya Jepang, warga Kagoshima hidup dalam kekaguman dan ketakutan secara bersamaan terus-menerus terhadap gunung ini.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

5
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: