Berita Travel Jepang – Pergantian tahun 2019 memang sebentar lagi, setiap negara memilikia cara mereka masing-masing dalam menyambut hari pergantian tahun baru tersebut, di Jepang sendiri hari tahun baru menjadi hari yang sangat penting dan sakral jika dilihat dari kepercayaan agama Shinto dan Buddha di Jepang. Toshigami yang merupakan seorang dewa tahun baru, hasil panen dan juga leluhur dipercaya akan turun ke dunia pada saat matahari terbit dihari pertama tahun baru.

Berita Travel Jepang, Travel Jepang, Informasi Travel Jepang, Tips Travel Jepang

image : vitoria-wozon.itch.io

Jika anda berada di luar pada saat matahari terbit dan meminta sebuah permohonan maka dewa Toshigami akan memberkati dan membuat permohonan anda terkabulkan, hal ini disebut “Hatsuhinode” dalam bahasa Jepang dan biasanya akan disertakan dengan tradisi yang disebut “Hatsumode” oleh masyarakat Jepang yaitu berkunjung ke kuil Buddha atau Shinto pada hari pertama Tahun Baru, terdapat juga “Hatsuyume” yang merupakan mimpi pertama di Tahun Baru.

Untuk anda yang memiliki rencana untuk menikmati meriahnya Tahun Baru di Jepang dan melakukan tradisi-tradisi seperti masyarakat Jepang tersebut, maka Artforia akan membagian 5 rekomendasi lokasi untuk menikmati matahari terbit yang indah di Jepang.

Simak Juga : Ingin Bermain Ski Yang Seru Di Jepang ? Kunjungi 5 Lokasi Ini !


Gunung Ryugatake, Prefektur Yamanashi

Ingin Menikmati Matahari Terbit Saat Tahun Baru Di Jepang ? Ini Dia Lokasi Spesial Untuk Lakukan Hatsuhinode !

image : spotlight.it-notes.ru

Jika anda merasa gunung Fuji sudah menjadi hal yang biasa untuk dikunjungi, maka anda bisa mencoba menuju puncak gunung Ryugatake yang letaknya tidak jauh dari gunung Fuji. Ryugatake yang artinya puncak naga ini dapat diakses selama 1 jam atau 2 jam dengan mendaki dari lokasi parkir mobil. Pada puncaknya akan menampilkan panorama indah 360 derajat dari teluk Suruga, semenanjung Izu, gunung Yatsugetake, deretan pegunungan selatan dan yang paling spesial adalah pemandangan berlian puncak gunung Fuji ketika matahari terbit.

Matahari yang terbit tepat diujung puncak Fuji akan menampilkan seolah-olah seperti cincin berlian, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang cukup dan juga pakaian yang cocok dengan cuaca disana.

Akses

Dari Stasiun Kawaguchiko (di Jalur Kyuko Fuji) naik bus menuju Shin-fuji dan turun di Motosu-ko Iriguchi untuk memulai pendakian.

Website


Kuil Yoshiminedera, Prefektur Kyoto

Ingin Menikmati Matahari Terbit Saat Tahun Baru Di Jepang ? Ini Dia Lokasi Spesial Untuk Lakukan Hatsuhinode !

image : travelcaffeine.com

Terletak di bagian barat Kyoto, berdiri di dataran tinggi sehingga dapat melihat kota Kyoto dari ketinggian. Terkenal dengan cerita 5 pagoda dan kehadirannya dalam beberapa film Hollywood. Disini juga menjadi lokasi yang populer oleh masyarakat Jepang untuk menikmati matahari terbit yang muncul dari bagian sebelah kiri kuil. Disini juga menjadi tempat fotografi yang populer, jika anda ingin mendapatkan posisi yang bagus maka anda harus datang lebih awal dan gunakan sepatu hiking yang tepat, karena anak tangga dibukit biasanya sedikit licin karena cuaca dingin.

Akses

Naik bus # 66 dari Stasiun Mukomachi di Jalur JR Kyoto ke halte bus Yoshimine-dera. Hanya 8 menit berjalan kaki dari sana.

Jam Buka : 8AM – 5PM

Biaya Masuk : ¥200 – ¥500 (Disesuaikan umur)

Website


Menara Goryokaku, Prefektur Hokkaido

Ingin Menikmati Matahari Terbit Saat Tahun Baru Di Jepang ? Ini Dia Lokasi Spesial Untuk Lakukan Hatsuhinode !

image : ext.yakei.jp

Sebagai Prefektur Unggulan dalam musim dingin, tentu Hokkaido juga memiliki lokasi terbaik untuk menikmati matahari terbit saat Tahun Baru, salah satunya yang terbaik adalah di menara Goryokaku yang menghadap langsung ke kota pelabuhan Hakodate. Meski area ini populer sebagai tempat untuk melihat bunga sakura pada musim semi, Goryokaku juga sangat indah ketika tertutup salju dan saat matahari terbit.

Perlu anda ketahui bila ruang observasi dari menara ini memiliki batas orang, sehingga sangat disarankan jika anda datang lebih awal untuk menghindari penuhnya ruangan tersebut.

Akses

Naik trem dari Stasiun Hakodate dan turun di halte trem Goryokaku-koen-mae. Hanya 13 menit berjalan kaki dari sana.

Jam Buka : 6AM – 8PM

Biaya Masuk : ¥450 – ¥900 (Disesuaikan umur)

Website


Tokyo Skytree, Tokyo

Ingin Menikmati Matahari Terbit Saat Tahun Baru Di Jepang ? Ini Dia Lokasi Spesial Untuk Lakukan Hatsuhinode !

image : gaijinpot.com

Tidak mungkin tidak menjadi yang terbaik, karena menara tertinggi didunia yang disebut Tokyo Skytree ini adalah lokasi yang terbaik untuk melihat matahari terbit dari ibukota Jepang ini, namun sebelum anda berencana untuk memilih menara ini sebagai tempat anda melihat matahari terbit pada tahun baru di Jepang, anda harus siap-siap untuk datang lebih awal karena terdapat batasan hanya sebanyak 890 pengunjung yang beruntung saja yang dapat naik dan menikmati keindahan matahari terbit dari menara setinggi 350 meter ini.

Loket tiket dibuka pada pukul 4 pagi, dan sangat disarankan untuk sudah tiba dilokasi beberapa jam sebelumnya untuk mengamankan tempat, selain itu gunakan pakaian yang sedikit lebih sopan ataupun formal karena disini biasanya akan terlihat banyak orang-orang yang menggunakan kimono ataupun pakaian tradisional lainnya, jadi menggunakan pakaian santai atau celana pendek mungkin menjadi ide yang buruk. Namun bila anda tidak mendapatkan tiket untuk menara ini, jangan bersedih. Anda masih dapat mengunjungi area-area di dekat Skytree untuk menikmati matahari terbit ini, salah satunya di tepian sungai Sumida.

Akses

Akses langsung melalui Tokyo Skytree Station (Tokyo Skytree Line) atau Oshiage Station (Hanzomon Line)

Jam Buka : 5:30AM – 7:30AM (Jadwal spesial hanya untuk Tahun Baru)

Website


Manazuru Hanto, Prefektur Kanagawa

Ingin Menikmati Matahari Terbit Saat Tahun Baru Di Jepang ? Ini Dia Lokasi Spesial Untuk Lakukan Hatsuhinode !

image : gaijinpot.com

Jika anda ingin melihat matahari terbit dengan panorama pantai maka Manazuru Hanto di Prefektur Kanagawa sangat direkomendasikan. Pantai ini bagian dari taman alam, dari tanjung ini anda dapat menyaksikan matahari terbit yang sempurna di antara Mitsuishi, sebuah batu suci yang diberikan sebuah tanda tali oleh masyarakat Jepang.

Tempat ini akan sangat ramai dengan wisatawan maupun penduduk lokal, dan jangan lupa untuk membawa pakaian cukup tebal seperti jaket karena angin laut yang cukup kencang membuat suhu terasa lebih dingin dan juga periksa ramalan cuaca ketika anda ingin pergi.

Akses

1175, Manatsuru, Manazuru-machi, Ashigarashimo-gun, Kanagawa

Website

%d bloggers like this: