5

Belajar Bahasa Jepang – Budaya pop Jepang saat ini makin terkenal di seluruh dunia, dan membuat banyak orang tertarik dengan Jepang dan bahasanya, Baik untuk kepentingan profesional yang berfokus pada bisnis atau karena mereka ingin dapat membaca manga favorit mereka dalam bahasa aslinya, atau karena alasan lain, semakin banyak siswa bahasa Jepang.

Sebagai orang asing, saya sendiri harus belajar bahasa Jepang dari nol dan saya mendedikasikan beberapa tahun hidup saya untuk itu. Saya masih harus banyak meningkatkan, tetapi hari ini saya ingin dapat membantu dari pengalaman saya yang sederhana untuk semua orang yang ingin mulai belajar bahasa Jepang.

Simak Juga : Mono no Aware, Salah Satu Kata Jepang Yang Tidak Dapat Diartikan Kedalam Bahasa Lain
jw-webmagazine.com

1. Pergi ke Sekolah Bahasa Jepang

Menurut saya, cara terbaik untuk belajar bahasa Jepang adalah dengan guru yang mengajari kamu. Apakah itu les privat atau sekolah bahasa Jepang dikotamu, Mereka dapat membantu kamu dengan pertanyaan atau hal-hal yang tidak kamu pahami, serta memberi kamu lebih banyak konteks dan contoh daripada yang ada di buku.

Meskipun ini adalah pilihan yang paling mahal dan saya mengerti bahwa mungkin untuk biaya tidaklah murah, tidak diragukan lagi cara terbaik untuk belajar bahasa Jepang adalah pergi ke Jepang ke sekolah bahasa Jepang. Akademi di negara lain umumnya memiliki kelas sekali atau dua kali seminggu, dengan jam kelas ada yang sekali atau dua kali seminggu, dua atau empat jam seminggu. Namun, di sekolah bahasa di Jepang kursusnya intensif bisa kamu lakukan selama lima hari dalam seminggu empat jam sehari, dari pengalaman saya tiga atau enam bulan di sekolah bahasa Jepang sama dengan belajar selama satu atau dua tahun di negara kamu, dengan satu setengah tahun di Jepang kamu sudah bisa mendapatkan JLPT2, yang merupakan salah satu persyaratan yang diharuskan memiliki gelar JLPT2 untuk mendapatkan pekerjaan di Jepang. Di negara kamu pasti mendapatkan level tersebut membutuhkan waktu bertahun-thaun, oleh karena itu meskipun lebih mahal akan tetapi itu merupakan investasi untuk menghemat waktu.

Hal lain yang positif bagi saya untuk belajar bahasa Jepang di sekolah bahasa Jepang di Jepang, adalah para guru hanya berbicara bahasa Jepang, oleh karena itu kamu lebih mendalami. Namun, ada beberapa orang yang menjelaskan bahasa Jepang dalam bahasa Jepang mungkin ada sebagian orang yang sedikit kesulitan.

jw-webmagazine.com

2. Belajar Secara Otodidak dengan Buku Jepang

Jika saat ini kamu tidak memiliki uang untuk sekolah bahasa Jepang atau les privat, cara lain untuk belajar bahasa Jepang adalah secara otodidak dengan membeli beberapa buku sendiri. Cara belajar ini memiliki kelemahan yaitu kamu tidak dapat banyak bertanya hal yang tidak kamu mengerti, kamu juga tidak bisa mempraktikan bahasanya secara langsung, tapi ada beberapa orang yang fasih dalam berbahasa Jepang hanya belajar dari membaca buku, Jika kamu akan memilih opsi ini, alangkah baiknya jika kamu dapat berteman dengan orang Jepang yang dapat kamu gunakan untuk berbicara bahasa Jepang, terutama jika tujuan kamu adalah tinggal di Jepang. Ada orang yang memiliki tingkat tata bahasa yang sangat baik, tetapi ketika berbicara dalam percakapan nyata dengan orang Jepang, mereka tidak fasih atau bahkan tidak dapat melakukan percakapan normal. Cara menghindarinya adalah dengan berlatih.

3. Belajar Bahasa Jepang Melalui Channel Youtube

Salah satu penemuan hebat abad ini tidak diragukan lagi adalah YouTube. Platform video, bersama dengan Internet, telah mengubah cara kita mengonsumsi konten. Saat ini cara yang mudah dan gratis untuk belajar bahasa Jepang dari mana saja di dunia adalah dengan beberapa saluran Youtube yang didedikasikan untuk mengajar bahasa Jepang. Youtube adalah platform yang membayar mereka berdasarkan visualisasi, tetapi untuk penggunanya sepenuhnya gratis.

Seperti yang saya katakan, ada banyak saluran yang didedikasikan untuk mengajar bahasa Jepang. Jika kamu ragu mana yang harus kamu lihat atau tidak tahu harus mulai dari mana, rekomendasi pribadi saya adalah Amunisi Jepang dengan Misa. Misa adalah seorang gadis Jepang yang bekerja sebagai guru bahasa Jepang untuk orang asing tetapi dia juga mengunggah video yang sepenuhnya gratis ke YouTube untuk mengajar bahasa Jepang bagi mereka yang tidak dapat pergi ke kelasnya.

Video Misa sangat bagus dan kamu bisa belajar sangat banyak dari ia, Dia menjelaskan bahasa Jepang dengan cara yang sederhana dan jelas namun menyenangkan. Selain itu, Misa memiliki bahasa Inggris sempurna yang sangat mudah dipahami meskipun kamu kurang paham, Tapi yang paling saya sukai secara pribadi tentang Misa adalah dia juga menjelaskan cara berbicara bahasa Jepang seperti orang asli. Biasanya, buku-buku konvensional dan akademi Jepang mengajarkan bahasa Jepang yang, meski tidak salah, terdengar sangat aneh dan terkadang bahkan kasar saat digunakan dalam kehidupan nyata.

jw-webmagazine.com

4. Menggunakan Aplikasi Di Smartphone atau Tablet

Teknologi baru membuat hidup kita lebih mudah. Saat ini banyak orang tidak tahu bagaimana hidup tanpa smartphone. Selain memperbarui jejaring sosial kamu atau selalu terhubung dengan aplikasi perpesanan yang berbeda seperti WhatsApp atau Telegram, smartphonemu juga dapat menjadi teman yang baik dalam belajar bahasa Jepang, Ada banyak aplikasi, baik gratis maupun berbayar, yang dapat membantu kamu mempelajari berbagai bahasa, termasuk bahasa Jepang. Jika kamu ingin memulai tetapi tidak punya banyak waktu karena bekerja atau belajar, aplikasi smartphone adalah cara ideal untuk berhubungan pertama dengan orang Jepang, karena tidak memerlukan banyak waktu dan kamu dapat menggunakannya kapan saja. saat kamu memiliki waktu luang, seperti bepergian dengan kereta api atau istirahat dari kantor!.

Simak Juga : Mengenal Berbagai Macam Dialek Dalam Bahasa Jepang
jw-webmagazine.com

5. Membaca Manga dan / atau Menonton Anime & Drama TV Jepang

Banyak dari mereka yang belajar bahasa Jepang mulai melakukannya karena mereka suka manga dan anime. tetapi ada orang lain yang tidak mengetahuinya, atau yang pernah mendengar untuk membicarakannya tetapi belum melihat atau membaca manga sedikitpun, atua anime. Namun, meskipun kamu tidak tertarik, mereka bisa sangat berguna saat mempelajari atau meningkatkan level bahasa Jepang kamu. Meskipun kamu harus berhati-hati karena beberapa serial menggunakan bahasa Jepang aneh yang tidak terdengar asli. Jika serial kartun tersebut benar-benar tidak menarik perhatian kamu, opsi lainnya adalah drama TV Jepang, yang juga umumnya menggunakan bahasa Jepang yang lebih standart.

sumber : jw-webmagazine.com

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

5
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: