A password will be e-mailed to you.

Berita Lifestyle Jepang – Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat diutamakan oleh semua orang, meski anda sedang berada di luar negeri anda tetap harus mengetahui cara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan apabila anda atau orang terdekat anda membutuhkannya, di Jepang tingkat kesehatan terbilang tinggi karena memang kondisi lingkungan hidup dan standar kualitas disana jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara lainnya di Asia, namun apakah kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak jika sedang berada di Jepang? tentu saja bisa, berikut adalah tata cara untuk mendapatkan asuransi kesehatan di Jepang dan tata cara bertemu dokter di Jepang.

Ingin Dapatkan Asuransi Kesehatan Di Jepang ? Ini Dia Proses Dan Panduannya !

image : japantimes.co.jp

Simak Juga : Bingung Mencari Nama Untuk Bayi Anda ? Intip Nama Bayi Terpopuler Di Jepang Tahun 2018 Disini !


Mendapatkan Asuransi Kesehatan Jepang

Ingin Dapatkan Asuransi Kesehatan Di Jepang ? Ini Dia Proses Dan Panduannya !

image : estellechew.wordpress.com

Untuk mendapatkan biaya lebih murah dalam sebuah layanan kesehatan, tentu anda harus memiliki yang namanya asuransi kesehatan, untuk memilikinya anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Lakukan pendaftaran asuransi kesehatan ini secepatnya ketika anda berada di Jepang untuk jangka waktu yang cukup lama atau memiliki rencana untuk menetap di Jepang, selain itu menurut peraturan hukum yang ada di Jepang, berada di Jepang dalam waktu 3 bulan maka orang tersebut harus mendapatkan asuransi kesehatan.

Jika Kamu Seorang Pekerja

Jika kamu menetap di Jepang karena urusan pekerjaan maka mendapatkan asuransi kesehatan akan jauh lebih mudah, karena biasanya perusahaan tempat anda bekerja akan mengajukan asuransi kesehatan atas nama anda dan biayanya akan dipotong dari gaji bulanan anda. Jenis asuransi kesehatan ini disebut Kenko Hoken (健康 保 険).

Jika perusahaan atau bos anda telah menyelesaikan prosedur yang diperlukan untuk permohonan asuransi kesehatan, maka anda akan mendapatkan kartu kesehatan yang disebut Kenko Hokensho (健康 保 険 証), yang tentunya harus anda simpan dan membawanya setiap saat.

Jika Kamu Bukan Seorang Pekerja

Jika kamu bukan seorang pekerja atau hanya pekerja paruh waktu, maka anda tidak akan mendapatkan asuransi kesehatan dengan metode seperti diatas, salah satu caranya adalah anda harus mendaftarkan diri anda untuk Japan’s National Health Insurance atau yang disebut Kokumin Kenkou Hoken, 国民健康保険 di balai kota setempat pada bagian departemen asuransi kesehatan.

Untuk mendafatar ini tentu anda harus membutuhkan beberapa dokumen yaitu :

  • Paspor
  • ID Jepang yang valid (kartu tempat tinggal dengan alamat pos Anda tertulis di atasnya)
  • Hanko (segel atau stempel Jepang)
  • Kartu My Number, jika anda membutuhkan bukti kependudukan lain untuk dijadikan dokumen, kartu ini akan segera anda dapatkan setelah selesai melakukan pendaftaran resmi menjadi penduduk di Jepang.

Jika telah mendaftarkannya, maka pendaftaran anda biasanya akan langsung diterima dan akan mendapatkan kartu kesehatan pada hari yang sama. Jika kamu memiliki kartu asuransi kesehatan ini maka anda harus membayarnya sendiri setiap bulan, untuk biayanya tergantung dari umur dan pendapatan anda di Jepang, yang nantinya biaya yang anda harus bayarkan tertulis dalam surat tagihan. Untuk membayarnya anda dapat melakukannya di beberapa supermarket ataupun melalui layanan bank online.

Selain itu jika anda tinggal di Jepang dengan visa suami/istri anda dan anda tidak bekerja, maka anda dapat mengajukan permohonan asuransi kesehatan melalui perusahaan tempat pasangan anda bekerja dan jika anda telah memiliki asuransi kesehatan ini jangan lupa untuk memberikan kartu kesehatan ini kalau tidak maka anda harus membayar biaya penuh.

Fungsi Rumah Sakit Dan Klinik Di Jepang

Ingin Dapatkan Asuransi Kesehatan Di Jepang ? Ini Dia Proses Dan Panduannya !

image : wikimedia.org

Hal ini mungkin tidak jauh berbeda seperti di Indonesia, bila anda ingin melakukan pengobatan ringan atau pengecheckan kesehatan biasa maka anda bisa mengunjungi klinik di Jepang yang biasanya tertulis “Kuriniku クリニック“, kebanyakan orang-orang akan pergi ke klinik untuk mendapatkan pengobatan dari Naika (内科) yang artinya doktor umum.

Jika anda memiliki kondisi kesehatan yang lebih buruk, maka langkah anda tetap mengunjungi klinik, nantinya pihak klinik akan memberikan masukan kepada anda untuk mendapatkan perawatan dan konsultasi yang lebih menyeluruh di rumah sakit, sehingga bila anda hanya mengalami gangguan kesehatan ringan disarankan untuk mengunjungi klinik saja, bukan berarti ada larangan untuk anda mengunjungi rumah sakit, namun tentunya jika anda mengambil layanan rumah sakit maka biayanya akan jauh lebih besar dibandingkan klinik.

Bertemu Doktor Di Jepang

Di Klinik
Ingin Dapatkan Asuransi Kesehatan Di Jepang ? Ini Dia Proses Dan Panduannya !

image : japan-zone.com

Ini tergantung dimana klinik yang anda kunjungi, namun biasanya sebagian besar klinik tidak membutuhkan reservasi terlebih dahulu untuk kunjungan pertama kali, anda bisa saja menelpon terlebih dahulu untuk mendaftar layanan kesehatan disana, tetapi jika tidak menelpon anda juga bisa mendaftar langsung dilokasi.

Jika telah berada di klinik dan berada di bagian resepsionis (Uketsuke, 受付) anda segera berikan kartu asuransi kesehatan anda. Jika anda pertama kali berkunjung maka katakan kepada resepsionis 初めてです, Hajimete Desu.

Anda akan diberikan formulir pertanyaan medis yang disebut Monshinhyou (問診票) dan tentunya harus anda isi, formulir ini biasanya akan meminta data diri anda seperti nama, alamat, jenis kelamin, usia, kondisi masa lalu, dan beberapa pertanyaan tentang tujuan anda mengunjungi klinik. Jika anda membutuhkan bantuan bahasa, anda dapat meminta tolong kepada staf resepsionis yang akan memberikan anda bantuan.

Setelah selesai mengisi formulir kesehatan tersebut maka anda berikan kepada staf resepsionis tersebut dan tunggu nama anda dipanggil untuk bertemu dengan dokter. Tentu ketika melakukan pemeriksaan dokter akan memberikan beberapa pertanyaan medis tentang kesehatan anda, berikut adalah beberapa kata sederhana untuk memberikan jawaban kepada dokter tersebut.

  • Saya sakit kepala 頭痛 で す Zutsu desu
  • Saya memiliki batuk yang buruk す ど い 咳 が で ま す Hidoi seki ga demasu
  • Saya demam 熱 が あ り ま す Netsu ga arimasu
  • Saya mengalami diare 下痢 で す Geri desu
  • Saya mengalami konstipasi 便秘 で す Benpi desu
  • Aku merasa mual 吐 き 気 が し ま す Hakike ga shimasu
  • Saya pusing め ま い が し ま す Memai ga shimasu
  • Saya tidak bisa tidur よ く 眠 れ ま せ ん Yoku nemuremasen
  • Saya punya sesuatu di sini こ こ に で き も の が あ り ま す Koko ni dekimono ga arimasu
  • Itu gatal か ゆ い で す Kayui desu
  • Saya memiliki ruam 蕁麻疹 で す Jinmashin desu
  • Rasanya sakit (Jika salah satu bagian tubuh yang sakit maka tunjukan lokasinya dan katakan) こ こ が 痛 い で す Koko ga itai desu

Setelah pemeriksaan selesai, maka dokter akan memberikan langkah selanjutnya untuk menyembuhkan penyakit yang anda alami dan anda akan kembali ke ruang tunggu untuk menunggu tagihan bayaran, jika anda diberi sebuah resep obat maka anda akan dipandu ke apotek terdekat yang biasanya masih satu gedung dengan klinik tersebut.

Setelah sampai di apotek anda akan diminta kembali mengisi sebuah daftar pertanyaan medis tentang segala alergi yang anda miliki, kemudian memberikannya ke apoteker.

Di Rumah Sakit
Ingin Dapatkan Asuransi Kesehatan Di Jepang ? Ini Dia Proses Dan Panduannya !

image : expatsguide.jp

Jika berada dirumah sakit maka anda disana karena masalah kesehatan yang lebih serius atau anda mendapatkan rekomendasi dari klinik yang anda kunjungi sebelumnya, untuk prosesnya mirip seperti di klinik hanya saja sedikit lebih rumit. Tetapi bila anda memiliki surat rujukan atau disebut Shokaijo 紹 介 状 dari klinik yang anda kunjungi sebelumnya maka anda dapat lebih cepat mendapatkan proses menuju pemeriksaan dokter, tentu jangan lupa tunjukan kartu asuransi kesehatan anda ketika memberikan surat klinik tersebut.

Setelah didalam dan bertemu dokter biasanya akan memberikan pertanyaan yang lebih rinci ketimbang di klinik, dan tentunya anda akan menunggu lebih lama, biasanya untuk kunjungan lanjutan kepada rumah sakit tersebut anda akan diberikan kartu rumah sakit tersebut yang biasanya lengkap dengan janji pertemuan anda yang tertulis di belakang kartu tersebut, sehingga jangan sampai lupa untuk membawanya kembali ketika mengunjungi rumah sakit tersebut.

%d bloggers like this: