Berita Lifestyle Jepang – Punya rencana untuk membuka akun bank di Jepang? tentunya hal semacam ini terkadang dibutuhkan oleh orang asing, terutama untuk yang berencana tinggal cukup lama di Jepang atau memiliki sebuah pekerja dan bisnis disini, prosedur untuk membuka sebuah akun bank di Jepang sebenarnya tidak jauh berbeda dari cara yang dilakukan di negara-negara lain, namun ada beberapa hal yang mungkin harus anda ketahui karena cukup berbeda.

Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !

image : japantimes.co.jp

Pertama, tidak jauh berbeda seperti anda melakukan pendaftaran akun bank di Indonesia, yaitu menyiapkan dokumen-dokumen, tetapi dokumennya tentu tidak sama seperti yang anda siapkan di Indonesia.

  • Passport
  • Residence Card : Zairyu Kaado (在留カード)
  • Stempel Pribadi : Inkan (印鑑) kadang-kadang juga disebut Hanko

Meski pada saat ini sudah banyak bank di Jepang yang dapat menerima tanda tangan saja tanpa adanya stempel pribadi, namun untuk jaga-jaga sebaiknya anda menyiapkan ini.

Jam Buka Bank Jepang

9 pagi sampai 3 sore (beberapa bank sampai jam 5 sore)

Jika Anda sudah bekerja, Anda mungkin perlu meminta ijin satu atau dua jam kerja untuk menyelesaikan pembuatan ini. Namun waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan dan membuka akun bank baru bervariasi tergantung pada bank yang Anda pilih dan seberapa sibuk kantor cabang yang anda kunjungi.

Simak Juga : Punya Bakat Untuk Membuat Manga Atau Animasi ? Kamu Punya Kesempatan Untuk Jadi Warga Negara Jepang Dalam Waktu Singkat !


Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !

image : asia.nikkei.com

Proses Membuat

Ketika anda memasuki kantor cabang, anda akan diberikan beberapa formulir yang harus diisi dengan data pribadi, seperti nama, alamat, situasi pekerjaan dan sebagainya tergantung kebijakan bank tersebut, anda harus mengisinya dalam bahasa Jepang sehingga sangat disarankan untuk membawa seseorang yang dapat berbicara atau mengerti bahasa Jepang bila anda tidak menguasai atau menulis bahasa Jepang.

Seperti kebijakan bank pada umumnya, anda juga harus memberikan setoran awal yang jumlahnya tidak besar, biasanya adalah beberapa ratus yen dan diserahkan bersama dengan formulir yang telah anda isi.

Tentu setiap akun bank akan memiliki keamanan pribadi untuk si pengguna, anda akan diminta untuk membuat kode PIN 4 digit yang dapat anda tentukan sendiri angkanya, dan setelah itu anda harus menunggu sebentar biasanya kurang lebih 10 hingga 15 menit dan anda dapat menerima buku bank anda, yang disebut 通 帳 (Tsuucho).

Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !

image : timeout.com

Buku bank atau buku tabungan adalah cara klasik untuk mengecheck aktivitas bank anda sehari-hari, tetapi sekarang biasanya para pengguna memeriksanya melalui sistem online, salah satu kegunaan lain dari buku tabungan adalah bila anda kehilangan kartu ATM anda dan buku tabungan ini akan sebagai bukti bila anda adalah pemegang akun tersebut.

Sama seperti bank di Indonesia, bila setelah selesai membuat akun bank anda tidak lantas bisa menggunakan kartu ATM anda untuk pembayaran apapun, sebagai tindakan pencegahan tambahan terhadap tindakan penipuan. Jika di Indonesia kartu ATM sudah dapat langsung diterima namun harus menunggu sehari atau 3 hari baru bisa digunakan, kalau di Jepang kartu ATM anda akan dikirim ke alamat yang tertulis dan biasanya dalam 5 hingga 10 hari kerja. Dalam kartu ATM tersebut akan menampilkan nama anda, kode cabang bank tempa anda mendaftar dan nomor akun bank anda.

Perlu anda ingat juga bila beberapa bank menawarkan manfaat tambahan dalam kartu ATM yang anda gunakan, seperti misalnya fasilitas debit atau kartu kredit pra-bayar, ada juga beberapa bank yang menawarkan layanan perbankan online dan dukungan pelanggan dalam bahasa Inggris (salah satu yang direkomendasikan bila pengguna tidak menguasai bahasa Jepang). Jika anda berpindah ke alamat baru, pastikan juga anda memperbarui data bank anda sehingga anda dapat menerima informasi dari mereka.


Daftar Bank Dengan Fasilitas Yang Diberikan

Mitsubishi UFJ

  • Layanan debit Visa terdapat dalam kartu ATM reguler
  • Perbankan online hanya dalam bahasa Jepang
  • Tidak ada dukungan pelanggan dalam bahasa Inggris

Mizuho Bank

  • Kartu debit JCB (bekerja dengan cara yang sama seperti debit visa, tetapi tidak diterima secara luas secara internasional)
  • Layanan perbankan online hanya dalam bahasa Jepang
  • Helpline layanan pelanggan dalam bahasa Inggris

Resona Bank

  • Tidak ada kartu debit
  • Perbankan online hanya dalam bahasa Jepang
  • Tidak ada dukungan pelanggan bahasa Inggris

Shinsei Bank

  • Kartu debit Visa pra-bayar (dapat diisi langsung dari akun Anda)
  • Perbankan online dalam bahasa Inggris
  • Dukungan layanan pelanggan penuh bahasa Inggris

SMBC

  • Layanan debit Visa terdapat dalam kartu ATM
  • Perbankan online hanya dalam bahasa Jepang
  • Tidak ada dukungan pelanggan bahasa Inggris

Bank Pos Jepang

  • Kartu ATM tunai
  • Perbankan online hanya dalam bahasa Jepang
  • Tidak ada dukungan pelanggan bahasa Inggris

Suruga Bank

  • Layanan debit Visa terdapat dalam kartu ATM
  • Perbankan online hanya dalam bahasa Jepang
  • Tidak ada dukungan pelanggan bahasa Inggris

Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !

image : tripsavvy.com

Cara Menggunakan Mesin ATM

Saat ini, kebanyakan ATM di Jepang, terutama yang Anda lihat di toserba atau pusat perbelanjaan besar lainnya, memiliki opsi bahasa Inggris, dan terkadang juga tersedia beberapa bahasa asing lain juga.

Namun, masih ada beberapa mesin dengan sistem yang lama, terutama pada bank-bank regional yang lebih kecil atau di daerah-daerah luar kota, yang biasanya mesin ATM akan secara eksklusif hanya dalam bahasa Jepang.

Panduan Menarik Uang Anda
Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !

Pilihan Menu Pada ATM

引 き 出 し = Hikidashi = menarik

Tekan tombol dengan tulisan ini jika Anda ingin menarik uang anda. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memasukkan jumlahnya.

お 預 入 れ = Oazukeire = deposit

Jendela kas akan terbuka. Masukkan uang tunai yang ingin Anda simpan (tentu hanya menerima uang kertas bukan koin). Setelah uang dimasukan dan diproses, layar akan muncul meminta konfirmasi setoran Anda. Tekan は い (ya) untuk mengkonfirmasi atau い い え (tidak) untuk membatalkan proses dan mengembalikan uang tunai Anda.

残 高 照会 = Zandaka Shoukai = cek saldo

Tekan tombol ini untuk melihat saldo Anda yang tersedia.

Anda juga dapat melakukan transfer saldo melalui ATM, tetapi ini adalah proses rumit yang, jika Anda tidak dapat membaca bahasa Jepang, mungkin lebih baik dilakukan secara langsung di bank atau secara online yang tersedia dengan bahasa Inggris atau juga dengan bantuan google translate. Untuk jaga-jaga, tombol untuk transfer adalah:

振 込 atau お 振 込 = Furikomi = transfer bank

Ingin Buat Akun Bank Di Jepang ? Simak Panduannya Disini !Itulah panduan yang dapat diberikan semoga dapat membantu anda untuk memiliki sebuah akun bank di Jepang.

Source : Gaijinpot

%d bloggers like this: