Belajar Bahasa Jepang – Mempelajari bahasa Jepang memang bukan hal mudah, diperlukan dedikasi dan juga usaha yang lebih untuk dapat menguasai bahasa Jepang dengan cepat dan sempurna. Jika anda memang telah siap untuk mempelajari bahasa ini, anda harus siap dengan beberapa kendala yang anda akan temukan dalam membaca maupun menulis tulisan Hiragana dan Katakana yang ada dalam bahasa Jepang. Artforia akan membagikan pengenalan dasar dalam mempelajari bahasa Jepang.

Ingin Belajar Bahasa Jepang ? Sebaiknya Kenali Dulu Perbedaan Dasar Hiragana Dan Katakana !

image : takelessons

Simak Juga : Yuk, Tingkatkan Penguasaan Kosakata Jepang Anda Dengan Metode Ini !

Hal pertama yang benar-benar harus diketahui oleh para pelajar bahasa Jepang adalah, bahasa ini menggunakan tiga huruf utama yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji.

Ingin Belajar Bahasa Jepang ? Sebaiknya Kenali Dulu Perbedaan Dasar Hiragana Dan Katakana !

image : redbubble

Kanji (漢字) berasal dari karakter huruf China yang diadopsi dan digunakan dalam penulisan Jepang modern. Sebagian besar kata-kata Jepang (kata benda, kata sifat dan kata kerja) ditulis dalam huruf kanji. Tidak ada spasi dalam penulisan bahasa di Jepang, jadi kanji membantu membedakan ketika kata baru dimulai. Karakter kanji adalah simbol yang mewakili kata-kata. Sebagai contoh misalnya simbol ♥ sebagai karakter kanji yang mewakili “cinta”. Apakah Anda akan mengerti bila penulisan “I♥you”?, atau “Kamu★”?. Simbol-simbol ini bertindak seperti halnya huruf kanji dalam sebuah kalimat Jepang. Semakin banyak kanji yang Anda pelajari, akan semakin mudah membaca bahasa Jepang. Namun mempelajari bahasa Jepang tanpa Kanji bukan lah hal yang mustahil.

Terfokus pada Hiragana dan Katakana, Hiragana dan Katakana masing-masing terdiri dari kurang dari 50 karakter huruf. Semua karakter hiragana dan katakana membuat suara fonetis, seperti alfabet dalam bahasa Inggris. Misalnya huruf こ membuat bunyi “ko”, ん membuat bunyi “n”, に membuat bunyi “ni”, ち adalah “chi”, dan “は” dalam situasi ini diucapkan sebagai “wa”. Bersama-sama, こ ん に ち は dibaca sebagai “konnichiwa”! Mudah kan? Anda juga dapat menggunakan hiragana untuk membaca suara karakter kanji. Hiragana dan Katakana menggunakan suara yang sama, tetapi dengan penulisan huruf yang berbeda.

Hiragana

Ingin Belajar Bahasa Jepang ? Sebaiknya Kenali Dulu Perbedaan Dasar Hiragana Dan Katakana !

image : tofugu

Hiragana (ひ ら が な) digunakan terutama untuk tujuan tata bahasa. Ingat simbol ♥? Jika Anda menulis “♥ing” kata ini akan dibaca sebagai “Loving”. Dalam bahasa Jepang akhiran “-ing” akan ditulis dalam hiragana. Sehingga kata-kata yang sulit untuk diekspresikan atau disimbolkan dalam kata-kata kanji maka akan ditulis dalam Hiragana. Karakter Hiragana mudah diidentifikasi karena biasanya sedikit melengkung dan terlihat lebih sederhana daripada karakter kanji.

前 前 優 也 で す
寿司 べ ま す
英語 し い

Selain itu terkadang beberapa kata-kata Jepang lebih sering menggunakan hiragana daripada kanji, seperti misalnya か わ い い (kawaii) atau さ よ う な ら (sayonara).

Katakana

Ingin Belajar Bahasa Jepang ? Sebaiknya Kenali Dulu Perbedaan Dasar Hiragana Dan Katakana !

image : tofugu

Katakana (カ タ カ ナ) akan menghadirkan sebuah pengucapan yang sama dengan hiragana, namun biasanya Katakana lebih digunakan untuk mewakili kata-kata asing. Nama-nama orang asing juga biasa diwakili dalam katakana. Selain itu omongan-omongan Onomatopoeia Jepang yang lucu dan unik juga muncul dari huruf-huruf katakana dan hiragana. Karakter Katakana terlihat lebih kotak daripada karakter hiragana, dan tampil lebih sederhana daripada kanji. Setiap huruf katakana memiliki pasangan hiragana sehingga ini yang menyebabkan bila huruf katakana dan hiragana memiliki pengucapan yang sama.

レ デ ィ ー . ガ ガ (Lady Gaga)
ボ ン . ジ ョ ヴ ィ (Bon Jovi)
ジ ョ ン . ス ミ ス (John Smith)

Sebuah titik kecil di antara huruf tersebut merupakan untuk pembatas antara nama depan dan nama belakang, sehingga para pembaca dalam bahasa Jepang dapat mengetahui nama depan dan belakang.

ビ ー ル を 飲 ん で み み ま ょ ょ! (Mari kita minum bir!)
私はアメリカンフットボールが好きです ! (Saya suka sepak bola Amerika)
マ ク ド ナ ル ド で 食 べ る。 (Makan di McDonald.)


Jika anda telah mengenali perbedaan dasar antara huruf Hiragana dan Katakana, maka proses belajar anda akan lebih mudah dan dapat memahaminya dengan cepat.

%d bloggers like this: