A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Bahasa Jepang mungkin memang bukan sebuah bahasa yang digunakan banyak orang, tetapi bahasa Jepang memiliki beberapa keunikan yang mungkin belum kamu ketahui. Selain itu bahasa Jepang juga merupakan salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari oleh seseorang. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang bahasa Jepang yang harus kamu ketahui.

Ingin Belajar Bahasa Jepang ? Intip 6 Fakta Menarik Tentang Bahasa Jepang Disini !

image : global.hokudai.ac.jp

Simak Juga : Suka Dengan J-Pop ? Ini Dia 8 Fakta Menarik Tentang Industri Musik Di Jepang !


Bahasa Jepang Tidak Memiliki Ikatan Dengan Bahasa Utama Lain

Tidak seperti bahasa Inggris yang masih terikat atau berhubungan dengan bahasa Roman (misalnya, Prancis & Spanyol) atau Jerman, bahasa Jepang tidak terhubung erat dengan bahasa negara lain. Bahkan dikategorikan sebagai bahasa tersembunyi yang benar-benar unik di antara berbagai bahasa yang ada di dunia saat ini. Belum lama ini, seorang ahli bahasa menemukan salah satu bahasa lain yang terikat dengan bahasa Jepang adalah Ryukyu yang merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di kepulauan Ryukyu, Jepang.

Bahasa Jepang Adalah Salah Satu Bahasa Yang Tercepat Diucapkan

Sebuah penelitian baru-baru ini membandingkan kecepatan (dalam suku kata per detik) yang dikeluarkan oleh setiap masyarakat-masyarakat dari berbagai negara ketika mengucapkan bahasa mereka. Bahasa Jepang menduduki puncak daftar dengan catatan 7,84 suku kata per detik, sedangkan untuk bahasa Inggris yaitu 6,19 suku kata per detik.

Orang Jepang Menyebut Negaranya Dengan Sebutan Lain

Kata atau sebutan negara Jepang adalah untuk masyarakat asing, sedangkan para masyarakatnya sendiri menyebut negara mereka dengan sebutan にほん (Nihon) atau にっぽん (Nippon), yang secara kasar dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi “Land of the Rising Sun”.

Bahasa Jepang Miliki Banyak Kata Pinjaman Dari Negara Lain

Bahasa Jepang mengandung sejumlah besar 外来語 (“gairaigo”, kata-kata pinjaman dari bahasa lain). Namun, tidak hanya berasal dari bahasa Inggris saja. Beberapa kata seperti テレビ (“terebi”) berasal dari bahasa Inggris, パン (“pan”, roti) berasal dari bahasa Portugis yaitu pao, dan アルバイト (“arubaito”, pekerja paruh waktu) berasal dari kata Jerman yaitu Arbeit (kerja).

Bahasa Yang Populer Di Internet

Meski bukan bahasa yang populer seperti Inggris dan China, bahasa Jepang adalah bahasa ke-9 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, tetapi bahasa ini adalah bahasa ketiga terbesar di Internet, mereka menjadi urutan ketiga terbesar penggunaannya di internet setelah bahasa Inggris dan Spanyol. Melihat populasi Jepang yang hanya kurang dari 2% populasi dunia, namun berhasil membentuk hampir 10% dari pengguna internet.

Kata Kerja Dalam Bahasa Jepang Tidak Menggunakan Konjugasi Untuk Beberapa Hal

Yang ini adalah fakta yang melegakan bagi para pelajar bahasa Jepang, pasalnya kata kerja tidak terkonjugasikan untuk orang atau nomor dalam bahasa Jepang, jadi setelah anda mempelajari kata kerja dasar, anda tidak harus menghafal banyak kata turunan yang tentunya menjengkelkan. Namun anda akan menemukan kesulitan lain dalam mempelajari bahasa Jepang , yaitu pada sistem penulisan bahasa Jepang yang sangat sulit.

Ingin Belajar Bahasa Jepang ? Intip 6 Fakta Menarik Tentang Bahasa Jepang Disini !

image : gaijinpot.com

%d bloggers like this: