Belajar Bahasa Jepang – Anda merasa sedikit bosan dengan bahasa Jepang yang terlalu formal, atau memiliki kendala berbicara dengan teman-teman Jepang anda karena bahasa Jepang anda yang terlalu formal dan kaku? tentu hal ini tidak hanya dialami oleh anda, karena cukup banyak orang-orang terutama kalangan para pelajar dan remaja yang berada di Jepang untuk menjalani kursus bahasa maupun menjalani pendidikan lanjut, tentunya seperti dalam bahasa sehari-hari di Indonesia, kata-kata formal tidak selalu digunakan oleh karena itu anda juga perlu mempelajari sebuah kata-kata santai atau sehari-hari dalam arti lain adalah bahasa gaul masyarakat Jepang.

Ingin Bahasa Jepang Kamu Lebih Gaul? Ikuti Kata-Kata Slang Jepang Berikut Ini !
image : Japan Times

Tentu anda tidak mungkin berbicara dengan teman-teman anda di jalanan Tokyo dengan nada yang formal ataupun kata-kata yang kaku, jika anda telah memahami dan belajar cara menyimpulkan sebuah kalimat subjek, maka sekaranglah saatnya anda untuk meningkatkan keterampilan berbicara santai anda dengan beberapa kata gaul berikut ini.

Simak Juga : Memahami Dan Mempelajari Huruf Kanji Memang Cukup Sulit, Tetapi Dengan Metode Ini Kamu Bisa Mempermudahnya !

1. おっす! (What’s up?)

Ingin mengejutkan teman-teman Jepang Anda? Katakan saja お っ す kepada mereka jika bertemu. Lakukan pose atau sesuatu saat anda mengatakannya. (Mungkin kata-kata ini lebih cocok untuk pria)

お っ す dulunya adalah salam militer dan dianggap sangat formal di Jepang. Namun kata ini juga masih umum digunakan di kalangan seniman bela diri dengan cara formal. Sekarang ini artinya adalah “Whats Up?” dikalangan anak-anak muda Jepang. Tetapi bukan berarti semua remaja atau orang Jepang selalu mengatakan ini ketika bertemu teman, sehingga jangan terkejut bila teman Jepang anda ada yang merasa aneh ketika anda mengatakan ini.

Untuk pendekatan yang lebih konservatif, cobalah こ ん ち は ー, bentuk singkat dari こ ん に ち は, yang berarti hari baik atau halo.

2. よー! (Hey!)

Yang satu ini memiliki banyak variasi dalam mengatakannya.

よ ー! adalah cara yang biasa untuk mengatakan “hei!” Sebagai salam ramah kepada kerabat. お い! terdengar seperti “Oi!”. Jangan pernah gunakan ini dengan orang yang lebih tua atau bertemu dalam urusan formal karena kesannya agak tidak sopan.

Jika Anda mengatakan “hai” kepada beberapa teman dekat dan anda ingin lebih terlihat gaul, maka gunakan よ ー 、 お 前 ら! (よ ー 、 お ま ま え!) yang artinya “Hey, teman-teman!. Ini adalah sebagian ucapan, salam santai dan juga terdengar gaul. Ini sangat cocok dikatakan dengan teman-teman yang anda telah kenal cukup dekat.

Sebagai catatan tambahan, kata ganti pribadi untuk お 前 (お ま え) secara konvensional digunakan untuk musuh. Sangat tidak sopan terkecuali untuk teman dekat yang tentunya sudah mengerti maksud salam ini dari anda.

3. 調子どう? (ちょうしどう?) Bagaimana Kabarmu!

調子 ど う? bisa dikatakan mirip seperti kata gaul dalam bahasa Inggris yang mengatakan “How are you?” diubah menjadi “How’s it hanging?”. Sangat cocok digunakan ketika berada di pertemuan dengan teman-teman dekat anda setelah beberapa saat tidak bertemu. Dalam mengucapkan ini anda mungkin mendapatkan beberapa reaksi yang menarik dari teman bicara anda, dan hasilnya dapat bervariasi.

Anda juga dapat menggunakan お げ ん こ?, yang merupakan versi singkat dari お 元 気 で す か? (お げ ん き き で す か), bahasa Jepang untuk “apa kabar?”

4. 相 変 わ ら ず だ よ (あ い か わ ら ず だ よ) Sama seperti biasanya, sobat!

Tentu anda tidak akan selalu bertanya kepada teman anda, melainkan harus menjawab pertanyaan kabar dari teman anda secara santai dan gaul. Namun biasanya masyarakat Tokyo cenderung mengatakan ま あ ま あ だ よ ketimbang kata 相 変 わ ら ず だ よ.

5. ごめんちゃい/ごめんくさい/めんごめんご (Meminta Maaf Dengan Santai)

Meminta maaf kepada teman atau sahabat Jepang anda karena sebuah kesalahan kecil tentunya tidak diperlukan kata-kata formal yang membuat canggung, kata ini adalah bentuk gaulnya dari kata ご め ん な さ い (Maaf). Namun tentu jika anda benar-benar ingin meminta maaf atau karena sebuah masalah besar maka menggunakan kata ご め ん な さ い sangat diperlukan, tetapi jika yang anda lakukan tidak seserius itu maka pengucapan ごめんちゃい/ごめんくさい/めんごめんご kepada teman anda sudahlah cukup.

Selain itu ada juga cara meminta maaf yang keren lainnya, Katakan saja わ り い ー ね, yang berarti “Salahku” atau dalam bahasa Inggris biasanya “My Bad.”

6. またねー! (Nanti!)

Ada pertemuan pasti ada juga perpisahan, jika anda ingin menyudahi percakapan atau pertemuan anda dengan teman Jepang anda pada hari tersebut maka sebuah kata-kata penutup atau perpisahan sementara perlu dikatakan, namun tidak perlu panjang-panjang.

Ada beberapa pilihan disini, yaitu ま た ね ー dan じ ゃ ー ね adalah cara paling umum untuk mengatakan “sampai jumpa.” Tetapi anda bisa juga mempersingkatnya atau membuatnya terdengar lebih keren dengan mengatakan あ ば よ yang artinya “Nanti!” atau dalam bahasa Inggris adalah “Later!”.

Ingin Bahasa Jepang Kamu Lebih Gaul? Ikuti Kata-Kata Slang Jepang Berikut Ini !
image : japo.vn

Itulah beberapa kata gaul yang biasa digunakan oleh masyarakat Jepang sehari-hari jika bertemu kerabat atau teman mereka, meski begitu masih cukup banyak kata-kata slang Jepang yang dapat kamu pelajari selain daftar diatas. Ikuti terus panduan belajar bahasa Jepang bersama Artforia.

Source : Fluentu

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: