6
3 shares, 6 points

Wisata Kuliner Jepang – Wilayah Chubu atau region Chubu adalah wilayah yang berada di tengah-tengah dataran Jepang, berada pulau utama Jepang yaitu Honshu. Salah satu prefektur yang terkenal dari wilayah ini adalah Prefektur Aichi yang memiliki kota utama bernama Nagoya. Kota Nagoya menjadi pusat produksi berbagai barang-barang buatan Jepang dan juga menjadi kota pengiriman di pulau Honshu, kota ini juga merupakan rumah bagi beberapa museum dan tempat bermain Pachinko (mesin judi khas Jepang), namun selain itu kota Nagoya juga menyimpan sejarah kuliner yang menakjubkan.

Nagoya dapat diakses selama satu jam dari Osaka dengan kereta Shinkansen, atau selama dua jam dari Tokyo dengan kereta yang sama. Salah satu hidangan yang paling khas dari kota ini adalah Hitsumabushi, sebuah paket hidangan yang lezat. Hitsumabushi sekilas terlihat seperti hidangan belut bakar Jepang atau yang disebut Unagi, tetapi ini jelas berbeda. Hitsumabushi disajikan dalam Ohitsu kayu (wadah yang terbuat dari kayu cedar dan cemara yang biasanya digunakan untuk menyimpan beras) dan Kabayaki, hidangan ini menghadirkan beberapa potongan filet dari belut yang lezat di atas nasi yang memiliki tiga lapisan bumbu. Inilah yang membuat Hitsumabushi menjadi salah satu hidangan kuliner yang paling terkenal di Nagoya.

Simak Juga : 5 Oleh-Oleh Hokkaido Terbaik Yang Dapat Kamu Bawa Pulang

Ada beberapa rekomendasi restoran untuk dapat menikmati hidangan khas ini di Nagoya, berikut adalah beberapa restoran yang Artforia rekomendasikan.

Atsuta Horaiken

Hidangan Kuliner Spesial Khas Kota Nagoya Yang Dinamai Hitsumabushi
image : houraiken.com

Keistimewaan Atsuta Horaiken adalah dari saus rahasia mereka. Saus dan restoran ini memiliki sejarah yang panjang, kembali ke tahun 1873, resepnya telah dipertahankan selama 140 tahun dan benar-benar menghadirkan cita rasa Hitsumabushi yang tidak pernah berubah sejak dahulu menjadi yang terbaik. Restoran ini menyediakan berbagai porsi untuk hidangan ini, mulai porsi standar dengan harga 3,600 Yen dan porsi extra dengan harga 5,100 Yen.

Eksterior dari restoran ini memancarkan suasana tradisional Jepang yang elegan. Tidak hanya Hitsumabushi saja yang menjadi menu andalan mereka, tetapi mereka juga menyediakan hidangan seperti Kaiseki Ryori yang memiliki penampilan yang elegan, ini adalah restoran yang sempurna untuk mendapatkan pengalaman wisata kuliner yang mewah di Jepang, atau untuk acara-acara pertemuan khusus. Jangan lewatkan menu spesial dari resep 140 tahun ini jika kamu berlibur ke Nagoya.

Informasi Restoran

Jam Buka : 11:30AM-2:00PM, 16:30PM-8:30PM (Tutup hari Rabu, hari kamis kedua dan keempat setiap bulannya)
Alamat : 503 Godocho, Atsuta-ku, Nagoya, Aichi Prefecture
Website

Lokasi


Hitsumabushi Uya

Hidangan Kuliner Spesial Khas Kota Nagoya Yang Dinamai Hitsumabushi
image : hitsumabushiuya.com

Hitsumabushi Uya mengkhususkan diri sebagai restoran yang menghadirkan hidangan ini dari belut yang dibudidayakan dari dalam negeri. Seperti yang kita ketahui, Jepang hingga saat ini memang selalu melakukan permintaan ekspor untuk belut, termasuk dari Indonesia. Oleh karena itu belut lokal yang dibesarkan disini tentunya juga berkualitas sangat baik, restoran Uya hanya memilih belut-belut dengna berat tertentu dan gemuk, sehingga menghasilkan porsi yang besar dan memuaskan.

Untuk nasinya mereka juga menggunakan merek domestik atau lokal terbaik, dipilih karena rasanya, kemilau, dan kelembutannya. Rekomendasi menunya adalah Hitsumabushi-Kanyaki-iri, dibuat dari hati belut raksasa yang dihargai 4,490 Yen. Ukuran porsi dari restoran ini tidak akan pernah mengecewakan kamu, selain menu Hitsumabushi ini mereka juga menawarkan banyak hidangan lain berbasis belut, seperti Umaki Roll (sushi gulung telur dengan belut) seharga 1,300 Yen untuk satu porsinya.

Informasi Restoran

Jam Buka : 11:00AM-2:30PM, 5:00PM-9:00PM
Alamat : Yatomichō, Sakuragaoka-6, Mizuho-ku, Nagoya, Aichi
Website

Lokasi


Hitsumabushi Bincho, Dai Nagoya Building

Hidangan Kuliner Spesial Khas Kota Nagoya Yang Dinamai Hitsumabushi
image : hitsumabushi.co.jp

Seperti yang dapat dilihat dari namanya, restoran ini memasak belutnya di atas panggangan yang menggunakan arang Bincho (jenis arang berkualitas tinggi di Jepang). Hasilnya tentu memberikan perbedaan, salah satunya tidak ada bau ikan atau bau amis sama sekali dari unagi yang diolah, namun juga membuat daging belut tersebut matang secara merata. Sausnya juga terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan pilihan, termasuk kecap tamari dan mirin serta gula yang digunakan. Bau khas dari arang berkualitas tinggi itu akan menjadikan hidangan Hitsumabushi dari restoran ini sangat ciri khas dan membuat kamu tidak akan pernah menyesal telah mencicipinya, pengunjung dapat memilih dari mulai hidangan standar seharga 3,100 Yen (belum termasuk pajak), dengan tambahan nasi yang dinamai “Tokujo Hitsumabushi” seharga 5,500 Yen (belum termasuk pajak), dan berbagai pilihan hidangan lainnya.

Lokasi restoran ini terletak di jantung kota Nagoya, Hitsumabushi Bincho merupakan restoran yang sangat populer di Tokyo, Osaka, atau Hakata. Mereka bahkan menyediakan makanan Dashi-zuke Hitsumabushi yang dapat dibawa pulang atau take away dengan harga 3,100 Yen, mereka memiliki cabang dan salah satunya yang jarang diketahui wisatawan asing adalah yang berada di kompleks perbelanjaan bawah tanah di bawah Stasiun Nagoya.

Informasi Restoran

Jam Buka : 11:00AM-3:30PM, 5:00PM-11:00PM (*11:00AM-6:00PM malam Tahun Baru, 11:00AM-8:00 PM khusus untuk 2 Januari)
Alamat : Dai Nagoya Building 3F, Kakueki 3-28-12, Nakamura-ku, Nagoya, Aichi
Website

Lokasi


Itulah penjelasan mengenai istimewahnya hidangan Hitsumabushi dari Nagoya, semoga dapat memberikan kamu informasi wisata kuliner Jepang yang terbaik dan bermanfaat. Tentunya masih banyak beberapa restoran dengan kualitas bagus untuk menikmati hidangan ini di Nagoya, namun itulah hasil pilihan Artforia.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

6
3 shares, 6 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: